Kulit & Perawatan Tubuh

Ini Lho 7 Cara Mudah untuk Merawat Rambut Keringmu!

March 2, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ketika kulit kepala tidak menghasilkan cukup minyak maka kondisi rambut akan menjadi kering. Saat kondisi ini terjadi, tentunya kamu perlu mengetahui cara merawat rambut kering untuk mempertahankan kesehatan rambut. 

Rambut kering dapat menyebabkan rambut rapuh, kusut, serta terlihat kusam. Lantas, apa saja penyebabnya dan bagaimana cara merawat rambut kering? Berikut penjelasan selengkapnya. 

Penyebab rambut kering

Ada berbagai macam penyebab sehingga rambut menjadi kering, misalkan kondisi fisik, cara merawat rambut, hingga kondisi lingkungan sekitar. 

Berikut beberapa kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan rambut kering:

  • Tinggal di iklim yang kering dan panas
  • Berkegiatan di luar ruang dalam waktu lama, sehingga rambut terpapar sinar matahari
  • Sering berenang di kolam yang menggunakan klorin atau di laut

Sementara, kebiasaan merawat rambut yang dapat menyebabkan rambut kering, adalah:

  • Terlalu sering mencuci rambut
  • Menggunakan produk yang keras, seperti sampo, kondisioner atau produk penata rambut lainnya
  • Seringkali menggunakan produk kimiawi untuk merawat rambut
  • Rutin menggunakan pengering rambut
  • Menggunakan peralatan tata rambut seperti alat pengeriting dan pelurus rambut

Kondisi kesehatan terkadang juga bisa memengaruhi kondisi kelembapan rambut.

Beberapa masalah kesehatan mendasar yang dapat memengaruhi kelembapan rambut, antara lain:

  • Anorexia nervosa. Yaitu gangguan makan yang menyebabkan malnutrisi. Ini dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh, serta dapat menimbulkan komplikasi lebih serius. 
  • Hipoparatiroidisme. Ini adalah kondisi saat kelenjar paratiroid menghasilkan hormon paratiroid yang terlalu sedikit. Sehingga berdampak pada kondisi rambut, tulang, gigi dan jaringan lain.
  • Hipotiroidisme. Kondisi ini terjadi saat kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang terlalu sedikit. Rambut kering dan rapuh adalah salah satu gejala awal hipotiroidisme.
  • Sindrom menkes. Ini adalah kondisi genetik langka, di mana sel tubuh tidak menyerap kandungan tembaga yang cukup, sehingga memengaruhi kondisi kesehatan termasuk menyebabkan rambut menjadi kering.

Bagaimana cara merawat rambut kering? 

Dari berbagai kondisi yang dapat menyebabkan rambut kering, untungnya, kamu masih bisa memperbaiki kondisi tersebut. Kamu bisa melakukan beberapa perawatan rumahan sebagai cara merawat rambut kering tersebut. 

Berikut beberapa cara merawat rambut kering yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. 

1. Mengurangi frekuensi mencuci rambut

Walaupun sampo membantu membersihkan rambut dan kulit kepala, tetapi terlalu sering keramas justru dapat menghilangkan kelembapan rambut. 

Jika sebelumnya kamu rutin keramas setiap hari, coba untuk menguranginya. Misalnya menjadi dua hari sekali. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menggunakan shampo yang diformulasikan untuk rambut kering, yang dapat membersihkan rambut tanpa menghilangkan minyak alami rambut sepenuhnya.

2. Kurangi menggunakan alat penata rambut

Alat penata rambut seperti pengering, pelurus atau alat untuk membuat rambut keriting biasanya menggunakan panas, dan itu yang dapat membuat rambut menjadi kering. Jika kamu rutin menggunakan alat-alat tersebut, tak heran jika kemudian rambut terlihat lebih kering dan juga rapuh.

Salah satu cara merawat rambut kering yang bisa dilakukan, dalam hal ini tentunya dengan mengurangi pemakaian peralatan tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan jika ingin menggunakan alat pengering rambut, gunakanlah setidaknya dengan jarak 6 inci dari batang rambut, untuk hasil terbaik. 

3. Menggunakan minyak esensial

Minyak argan Maroko adalah salah satu minyak esensial yang banyak dipakai untuk merawat rambut kering. Selain itu, minyak peppermint dan lavender juga bisa digunakan karena dapat membantu mencegah kerusakan dan kerontokan rambut. 

4. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal sebagai salah satu pelembap alami dan dapat membantu menghaluskan rambut. Apalagi, menurut penelitian, minyak kelapa sangat baik untuk menembus serat rambut. 

Cobalah gunakan minyak kelapa sebagai pelembap setidaknya sekali dalam seminggu. Cara merawat rambut kering dengan minyak kelapa juga relatif mudah dilakukan. 

Kamu hanya membutuhkan beberapa sedikit minyak kelapa, gosokkan di telapak tangan dan oleskan ke rambut, terutama di bagian ujung rambut dan akar rambut. Setelah itu biarkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. 

5. Keramas dengan air dingin

Air yang lebih dingin direkomendasikan untuk membuat kondisi rambut lebih segar. Di samping itu, dilansir dari Healthline, keramas dengan air dingin dan membuarkan rambut terkena air dingin selama satu hingga dua menit dapat membantu merevitalisasi helai rambut. 

6. Minum vitamin

Vitamin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. Vitamin A, C, H (atau biotin) dan zat besi adalah kandungan yang dibutuhkan untuk membuat rambut lebih sehat.

Minum vitamin dengan kandungan-kandungan tersebut mungkin dapat membantu mengatasi masalah rambut keringmu. 

7. Makan makanan dengan kandungan omega-3 dan antioksidan

Kandungan omega-3 dan antioksidan bisa kamu dapatkan dari berbagai macam jenis makanan. Salah satunya makanan laut yang kaya omega-3, seperti:

  • Ikan salmon
  • Tiram
  • Ikan kembung
  • Tuna 
  • Sarden

Sementara untuk makanan yang tinggi kandungan antioksidannya bisa didapat dari:

  • Kenari
  • Kacang merah
  • Blueberry
  • Brokoli
  • Dan tomat

Cara sederhana lain seperti memakai topi untuk menghindari sinar matahari langsung atau memotong rambut untuk membuang ujung rambut yang kering dan bercabang juga bisa menjadi cara merawat rambut kering agar terlihat lebih sehat. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline, diakses 25 Februari 2021
Home remedies for dry hair
Healthline, diakses 25 Februari 2021
Why Do I Have Dry Hair?
WebMd, diakses 25 Februari 2021
Dry Hair: Symptoms, Causes, and Treatments

    register-docotr