Kulit & Perawatan Tubuh

Ragam Manfaat Minuman Kolagen, Benarkah Dapat Mencegah Penuaan?

March 30, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Popularitas minuman kolagen kini semakin meningkat. Minuman ini diklaim memiliki banyak manfaat, salah satunya mencegah penuaan.

Benarkah demikian? Adakah efek samping mengonsumsi minuman kolagen? Agar kamu lebih paham, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 5 Do’s and Don’ts Pemakaian Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah protein khusus yang mengandung banyak asam amino penting. Kolagen merupakan bahan pembangun yang menjaga jaringan dan tulang tetap bersama. Ini dapat membantu memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit, serta menstimulasi produksi asam hialuronat.

Sering bertambahnya usia, produksi kolagen menurun. Terdapat beberapa faktor yang bisa memengaruhi produksi kolagen.

Termasuk di antaranya pertambahan usia, merokok, terlalu banyak mengonsumsi gula, hingga paparan sinar ultraviolet (UV).

Penurunan produksi kolagen tersebut dapat menyebabkan kulit tampak mengendur dan muncul garis halus.

Apa manfaat minuman kolagen untuk tubuh?

Ada banyak sekali produk minuman kolagen yang mengklaim dapat menghambat penuaan, membuat kulit tampak awet muda, serta mengurangi radikal bebas.

Dikutip dari Healthline, beberapa penelitian memang menemukan bahwa suplemen kolagen dapat memperbaiki kondisi kulit, tetapi penelitian ini hanya terbatas pada hewan.

Di sisi lain, beberapa penelitian juga seringkali menggunakan kombinasi bahan lain. Artinya, hal tersebut tidak dapat memastikan bahwa manfaat yang ditimbulkan apakah benar berasal hanya dari kolagen atau dari bahan lainnya. 

Minuman kolagen memang tampak menjanjikan, namun masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai efektivitasnya.

Apa kata ahli?

Konsultan dermatologi Dr Anjali Mahto mengatakan bahwa kolagen dipecah di usus selama proses pencernaan menjadi molekul yang lebih kecil. Sama seperti halnya peptida dan asam amino.

Masih sedikit bukti bahwa menelan kolagen akan bertahan dalam proses pencernaan.Termasuk juga jika kolagen dapat mengalir dalam aliran darah ke kulit dalam jumlah yang cukup tinggi untuk membuat perubahan signifikan pada struktur atau fungsinya.

Lalu, apa manfaat dari minuman kolagen?

Pada dasarnya, memang masih banyak diperlukan lebih banyak bukti mengenai manfaat kolagen untuk kulit. Namun sebagai sumber protein, kolagen adalah sumber yang sangat baik.

Terdapat bukti bahwa suplemen minuman kolagen dapat meningkatkan komposisi tubuh, kesehatan sendi, dan berperan dalam proses penyembuhan.

Dilansir laman Web MD, dilakukan sebuah studi terhadap 53 pria lanjut usia dengan sarkopenia (penurunan massa otot akibat pertambahan usia).

Ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 15 gram kolagen per hari dibarengi dengan latihan mengangkat beban, dapat membentuk lebih banyak otot secara signifikan.

Kolagen juga telah terbukti dapat berperan dalam proses penyembuhan luka hingga mampu menghentikan perdarahan.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 89 pasien dengan pressure ulcer menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen kolagen tiga kali sehari selama 8 pekan mengalami penyembuhan luka yang lebih cepat.

Di sisi lain, dari sekitar 8 pasien yang menjalani biopsi bedah kulit menemukan bahwa kolagen dalam bentuk topikal berperan dalam proses penyembuhan luka.

Baca juga: Serba-serbi Kolagen dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Adakah dampak dari mengonsumi kolagen berlebihan bagi tubuh?

Jika suplemen minuman kolagen dikonsumsi sesuai dengan petunjuk atau instruksi yang diberikan oleh dokter, umumnya masih aman untuk dikonsumsi.

Namun dokter kulit Dr. Lindsey Zubritsky mengatakan bahwa jika seseorang memiliki riwayat batu ginjal, sebaiknya hindari konsumsi minuman kolagen.

Sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum kamu mengonsumsi suplemen baru atau meningkatkan penggunaan suplemen yang sudah kamu konsumsi sebelumnya.

Melansir Medical News Today, efek samping suplemen kolagen biasanya bersifat ringan. Adapun beberapa efek samping yang perlu diperhatikan adalah diare, perasaan berat pada perut, serta timbulnya ruam.

Cara lain untuk meningkatkan produksi kolagen

Terdapat beberapa metode lain yang telah terbukti secara klinis untuk meningkatkan produksi kolagen atau memperlambat hilangnya kolagen, di antaranya adalah:

  • Menggunakan sunscreen
  • Mengonsumsi makanan sumber antioksidan yang mengandung vitamin E, C dan zinc, seperti ikan, buah beri, serta sayuran berdaun hijau
  • Menjalani gaya hidup sehat

Demikianlah informasi mengenai manfaat minuman kolagen. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar minuman kolagen, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan kulit? Silakan chat mitra dokter kami melalui Aplikasi Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Byrdie (2020). Diakses pada 29 Maret 2021. Here’s What Three Dermatologists Think About Collagen Supplements 

Elle (2020). Diakses pada 29 Maret 2021. What Dermatologists Really Think About The Collagen Drinks Flooding Your Instagram Feed 

Healthline (2017). Diakses pada 29 Maret 2021. Is Drinking Collagen the Key to Making Your Skin Forever Young? 

Medical News Today (2019). Diakses pada 29 Maret 2021. What to know about collagen supplements 

Webmd (2019). Diakses pada 29 Maret 2021. Collagen: ‘Fountain of Youth’ or Edible Hoax? 

    register-docotr