Diet dan Nutrisi

Serba-serbi Kolagen dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

May 29, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Jika kamu suka menggunakan produk perawatan kulit, pasti sudah tidak asing dengan kolagen. Kolagen adalah salah satu bahan dalam produk perawatan kulit yang diklaim dapat membuat kulit lebih sehat dan awet muda.

Namun demikian, belum banyak yang benar-benar tahu apa sebenarnya kolagen dan dari mana kolagen bisa diperoleh.

Agar kamu lebih memahami tentang kolagen, simak ulasan artikel berikut ini, ya.

Apa itu kolagen?

Kolagen sering dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. (Foto: Shutterstock)

Kolagen adalah bagian dari tubuh manusia dan merupakan protein tidak larut dan berserat yang melimpah. Kolagen bisa ditemukan di tulang, otot, kulit dan tendon.

Kolagen bisa dikatakan sebagai zat yang menyatukan sel-sel tubuh. Zat ini menciptakan kekuatan sel-sel tubuh, termasuk pada kulit. Oleh sebab itu, namanya diambil dari kata ‘kólla’, yang dalam bahasa Yunani berarti lem.

Hal lain yang perlu kamu tahu tentang kolagen adalah zat ini dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Tapi seiring bertambahnya usia, produksi alami kolagen semakin berkurang.

Salah satu tanda yang bisa dilihat secara langsung adalah perubahan pada kulit. Kulit tak lagi sekencang saat di usia muda, kekenyalannya pun akan berkurang. Inilah yang pada akhirnya menimbulkan keriput.

Tak cuma pada kulit, berkurangnya produksi kolagen karena faktor usia juga dapat dirasakan langsung pada bagian lain. Misalnya tulang rawan terasa lebih lemah.

Manfaat kolagen bagi kesehatan tubuh

Kolagen dapat menjaga elastisitas kulit dan memperbaiki sel-sel kulit. (Foto: Shutterstock)

Menjaga tekstur kulit

Kulit mulai berkurang elastisitasnya, mulai ada keriput dan mengendur? Tandanya kamu membutuhkan tambahan kolagen pada kulit.

Dengan meningkatkan kadar kolagen dapat membuat kulit lebih kencang, membuat kulit halus serta memperbaiki sel-sel kulit agar kembali normal.

Mengurangi nyeri sendi

Kaki terasa sakit saat bergerak? Bisa jadi karena pengaruh berkurangnya kolagen dalam tubuh. Kolagen pada dasarnya membantu tendon dan ligamen bergerak lebih mudah.

Berkurangnya kolagen seiring bertambahnya usia dapat menyebabkan nyeri, kaku, atau bengkak.

Nah, kolagen pun dipercaya dapat digunakan sebagai obat mengatasi osteoarthritis, nyeri dan gangguan sendi lainnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Medical Sciences, mengungkapkan bahwa responden yang mengalami nyeri sendi yang diobati dengan kolagen tipe tertentu menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Responden tersebut merasa lebih baik dalam kegiatan sehari-hari. Termasuk saat berjalan, menaiki anak tangga, dan melakukan aktivitas lainnya.

Mengatasi masalah pada sistem pencernaan

Salah satu masalah yang bisa diatasi kolagen adalah sindrom usus bocor. Sindrom usus bocor atau permeabilitas usus adalah rusaknya dinding usus dan membuat makanan yang belum tercerna atau zat lain yang ada di usus memasuki saluran pembuluh darah.

Adanya kolagen dapat membantu menyembuhkan dinding sel yang rusak. Kolagen juga akan membantu membentuk jaringan ikat dan itu akan menutup kerusakan dan melindungi saluran pencernaan agar lebih kuat.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Menjaga kadar kolagen dalam tubuh akan berpengaruh pada metabolisme. Zat ini mampu menjaga metabolisme tubuh dengan baik dan mempertahankan massa otot.

Menjaga massa otot penting seiring bertambahnya usia, karena berpengaruh pada postur tubuh dan kesehatan tulang.

Menjaga kekuatan kuku, rambut dan gigi

Kolagen adalah salah satu unsur pembentuk kuku, rambut dan gigi. Menambahkan kolagen dalam tubuh akan membantu memperbaiki masalah yang kamu alami dengan kuku, rambut atau gigi.

Salah satu contoh masalah yang umum dialami misalnya kerontokan rambut. Kolagen dapat menjadi terapi potensial untuk rambut rontok dan masalah kulit lainnya.

Menjaga kesehatan hati dan jantung

Kolagen adalah salah satu yang ikut berperan untuk menjaga kesehatan hati. Ini karena kolagen dapat membantu hati untuk mendetoksifikasi zat berbahaya dari tubuh.

Selain itu kolagen juga berfungsi menjaga kekuatan struktur pembuluh darah. Pembuluh darah yang baik akan membantu mengalirkan darah ke jantung atau dari jantung dengan lancar, serta menjaga kesehatan jantung.

Sumber alami untuk mendapatkan kolagen

Kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan yang membantu pembentukan kolagen dalam tubuh. Sebab kolagen dibentuk di dalam tubuh dengan mengolah asupan protein dan vitamin yang berasal dari makanan.

Makanan yang dipercaya bisa membantu pembentukan kolagen adalah makanan sumber protein, serta makanan yang mengandung berbagai jenis vitamin, terutama vitamin C. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Kaldu tulang
  • Ayam
  • Ikan
  • Putih telur
  • Bawang
  • Kacang-kacangan
  • Jeruk
  • Buah beri
  • Sayuran hijau
  • Tomat

Selain makanan di atas kamu bisa mengonsumsi makanan lainnya yang kaya akan protein atau vitamin C, karena dua bahan ini yang berperan penting dalam terbentuknya kolagen dalam tubuh.

Selain dari sumber makanan, saat ini juga sudah banyak suplemen kolagen yang bisa didapatkan dan dipercaya dapat diserap oleh tubuh. Hanya saja, untuk suplemen lebih baik tentukan dosis dengan dokter dulu, ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
register-docotr