Kulit & Perawatan Tubuh

5 Do’s and Don’ts Pemakaian Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui

January 10, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Menggunakan sunscreen tentu saja tidak boleh asal-asalan. Sebab, jika kamu menggunakan sunscreen dengan cara yang tidak benar, kulit tidak dapat terlindungi dari sinar matahari dengan baik. Lantas, bagaimana pemakaian sunscreen yang benar dan salah?

Baca juga: Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen, Apa Perbedaannya?

Pemakaian sunscreen yang benar

Sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini atau bahkan kanker kulit. Namun, sunscreen tidak bisa bekerja secara efektif jika digunakan dengan cara yang salah.

Nah, agar kamu lebih memahami bagaimana pemakaian sunscreen yang benar, berikut adalah penjelasannya.

1. Sebelum menuangkan sunscreen, kocok botol terlebih dahulu

Mengocok botol sebelum mengoleskan sunscreen pada kulit dapat membantu untuk mencampurkan partikel yang mungkin saja menggumpal pada wadah, sehingga partikel dapat terdistibusi secara merata.

2. Gunakan sunscreen sesuai kebutuhan

Pastikan untuk mengoleskan sunscreen dengan cukup. Kebanyakan orang dewasa, membutuhkan sekitar satu ons (segenggam) sunscreen untuk dioleskan ke seluruh tubuh.

3. Oleskan sunscreen sebelum terpapar sinar matahari

Waktu yang paling baik untuk mengoleskan sunscreen adalah sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan. Perlu kamu tahu bahwa diperlukan waktu sekitar 20 hingga 30 menit agar kulit bisa benar-benar menyerap sunscreen dengan sempurna.

Jika kamu menunggu hingga berada di bawah sinar matahari untuk menggunakan sunscreen, kulit tidak dapat terlindungi yang mana dapat menyebabkan kulit terbakar sinar matahari.

Perlindungan kulit terhadap sinar matahari bukan hanya melibatkan penggunaan sunscreen saja. Sebaiknya agar kulit terlindungi dengan baik, kenakanlah pakaian pelindung matahari, topi, atau kacamata hitam.

Paparan sinar UV adalah penyebab utama dari penuaan dini serta kanker kulit. Maka dari itu, melindungi kulit merupakan hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Sunscreen Agar Kulit Sehat?

4. Pemakaian sunscreen dengan mengoleskan secara merata

Pemakaian sunscreen yang benar adalah dengan cara mengoleskan sunscreen secara merata pada bagian kulit yang terpapar sinar matahari. Ini termasuk leher, telinga, punggung, belakang lutut, serta kaki.

Oleskan secara menyeluruh dan hati-hatilah saat mengoleskan sunscreen di sekitar mata.

Melindungi kulit memang hal yang penting, akan tetapi melindungi bibir juga tidak boleh dilewatkan. Agar bibir terlindungi dari paparan sinar matahari, kamu dapat mengoleskan lipbalm yang mengandung minimal SPF 15.

5. Oleskan sunscreen kembali dalam beberapa jam

Untuk tetap terlindung dari sinar UV, Oleskan sunscreen kembali setelah 2 jam atau segera setelah berenang atau berkeringat.

Pemakaian sunscreen yang salah

Perlu kamu tahu bahwa terdapat beberapa kesalahan umum dalam pemakaian sunscreen. Berikut ini adalah cara menggunakan sunscreen yang sebaiknya kamu hindari.

1. Menggunakan sunscreen terlalu sedikit

Kesalahan pertama yang seringkali dilakukan adalah menggunakan sunscreen terlalu sedikit. Kebanyakan orang hanya mengoleskan sekitar 25-50 persen dari jumlah yang disarankan.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa, orang dewasa setidaknya membutuhkan sekitar satu ons sunscreen untuk dioleskan pada tubuh.

2. Tidak memerhatikan kandungan SPF

Di pasaran, terdapat beberapa jenis sunscreen yang memiliki kandungan SPF berbeda.

Agar sunscreen dapat melindungi kulit dengan efektif, American Academy of Dermatology Association (AAD) merekomendasikan untuk menggunakan sunscreen berspektrum luas (broad-spectrum), tahan air, dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.

3. Menggunakan sunscreen hanya ketika cuaca terik

Perlu kamu tahu bahwa matahari memancarkan sinar UV yang berbahaya sepanjang tahun. Pada cuaca mendung atau berawan, sinar UV dapat menembus kulit hingga 80 persen.

Untuk melindungi kulit dan mengurangi risiko kanker kulit, sebaiknya gunakanlah sunscreen setiap kali saat kamu berada di luar, baik saat cuaca sedang terik maupun mendung.

4. Hanya mengandalkan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV

Pemakain sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV memang penting, tetapi bukan berarti kamu hanya boleh mengandalkan penggunaan sunscreen saja.

Namun, kamu juga perlu untuk mencari tempat teduh serta menggunakan pakaian pelindung dari sinar matahari, seperti, celana panjang, baju lengan panjang, topi yang memiliki tepi lebar, atau kacamata hitam. Sebab, tidak ada sunscreen yang bisa menghalangi 100 persen sinar UV dari matahari.

5. Melewatkan pemakaian sunscreen pada beberapa area tubuh

Wajah adalah area tubuh yang menjadi fokus utama ketika kita ingin mengoleskan sunscreen. Padahal pada kenyataannya, penting untuk mengoleskan sunscreen pada beberapa area tubuh yang seringkali terlewati, seperti seperti telinga, atau bagian belakang leher.

Nah, itulah beberapa pemakaian sunscreen yang benar dan salah. Ingat, ketika menggunakan sunscreen jangan lupa selalu memerhatikan kandungannya juga, ya.

Punya pertanyaan seputar kesehatan kulit? Silakan chat kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 29 Desember 2020. 5 COMMON SUNSCREEN MISTAKES — AND HOW TO AVOID THEM 

American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 29 Desember 2020. HOW TO APPLY SUNSCREEN 

Webmd. Diakses pada 29 Desember 2020. Sunscreen: How to Select, Apply, and Use It Correctly 

Very Well Health (2020). Diakses pada 29 Desember 2020. The Proper Way to Apply Sunscreen 

 

    register-docotr