Info Sehat

Telapak Tangan Sering Berkeringat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

January 10, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Telapak tangan sering berkeringat atau dalam istilah medis disebut hiperhidrosis palmaris merupakan kondisi yang terkadang mengganggu. Meskipun demikian, kondisi ini bukan merupakan satu masalah kesehatan yang serius.

Keringat berlebih ini sebenarnya tidak hanya dialami di tangan saja. Beberapa kelenjar keringat lain pun bisa aktif dan menyebabkan keringat berlebih, yaitu di kaki, ketiak dan pangkal paha. Kondisi keringat berlebih di satu titik tertentu ini juga disebut dengan istilah hiperhidrosis fokal.

Apa penyebab telapak tangan sering berkeringat?

Seperti hiperhidrosis lainnya, telapak tangan sering berkeringat dipicu oleh terlalu aktifnya kelenjar keringat. Aktifnya kelenjar keringat ini tidak dipengaruhi oleh keberadaan kamu di dalam atau di luar ruangan, atau tingkat aktivitas fisik yang kamu lakukan.

Jadi, tidak peduli suhu atau cuaca sedang nyaman atau bahkan kamu tidak bergerak sama sekali, kelenjar keringat akan tetap aktif dan membuat telapak tangan menjadi basah.

Very Well Health menyebut adanya kemungkinan telapak tangan sering berkeringat ini dipengaruhi oleh gen yang diturunkan dalam keluarga. Beberapa kondisi kesehatan berikut ini juga menjadi salah satu pemicu basahnya telapak tangan:

  • Gelisah
  • Beberapa jenis kanker
  • Penyalahgunaan obat dan zat terlarang
  • Penyakit jantung
  • Hipertiroid
  • Penyakit paru-paru
  • Menopause
  • Penyakit Parkinson
  • Kelainan glukosa
  • Tuberkulosis
  • Stroke

Gejala hiperhidrosis palmaris

Telapak tangan yang sering berkeringat adalah gejala utama dari kondisi ini. Keringat bisa muncul secara cepat dan tidak peduli kamu ada di musim apa, karena baik musim kemarau atau hujan, kecenderungan telapak tangan untuk berkeringat selalu ada.

Telapak tangan akan terasa basah karena keringat, membuat kamu tidak nyaman ketika berjabat tangan dengan seseorang, memegang kertas ketika sedang bekerja, atau ketika kamu mengetik di komputer.

Kalau kamu memiliki stres atau kegelisahan, maka gejala ini akan meningkat dan menjadi buruk. Gejala biasanya timbul ketika kamu memasuki masa pubertas, dan akan menurun di usia 40 tahun hingga 50 tahun, asalkan tidak ada penyakit lain yang menyebabkan kondisi ini.

Apakah telapak tangan sering berkeringat ini berbahaya?

Pada dasarnya, hiperhidrosis palmaris bukan satu masalah kesehatan yang serius. Tapi jangan salah, ada juga beberapa komplikasi yang bisa terjadi kalau kondisi ini tidak ditangani yaitu:

  • Infeksi kuku
  • Kutil
  • Infeksi bakteri biasanya di sekitar folikel rambut
  • Dampak psikologis seperti kepercayaan diri, masalah di pekerjaan atau hubungan dengan pasangan
  • Beberapa orang bisa merasa resah, stres, menarik diri secara sosial dan depresi

Bagaimana cara mengatasi telapak tangan sering berkeringat?

Ada beberapa trik dan pengobatan rumahan yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi telapak tangan sering berkeringat ini, di antaranya adalah:

Antiperspirant

Meskipun lazimnya digunakan di ketiak, tapi kamu pun bisa memakai antiperspirant di telapak tangan. Dengan memakainya, maka keringat berlebih di telapak tangan bisa dikurangi.

Gunakan antiperspirant dengan kekuatan yang normal dulu, jika tidak mempan barulah kamu ganti dengan yang lebih kuat. Cara terbaik memakai antiperspirant adalah pada saat malam hari. Dengan demikian kamu memberikan kesempatan pada tangan untuk menyerapnya.

Baking soda

Bisa dibilang kalau baking soda adalah cara terbaik dan tidak mahal untuk mengurangi keringat berlebih di tangan. Bahan kue ini juga berperan sebagai antiperspirant dan deodoran.

Baking soda adalah alkaline, itu sebabnya keringat dapat dikurangi dan keringat yang keluar pun dapat menguap dengan cepat.

Campurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air untuk membuat adonan pasta. Oleskan pasta tersebut ke tangan dan diamkan selama lima menit, setelah itu barulah kamu cuci tangan.

Cuka sari apel

Telapak tangan kamu yang sering berkeringat bisa diatasi dengan cuka sari apel. Hal ini dikarenakan cuka sari apel dapat menyeimbangkan kadar pH di tubuh. 

Kamu bisa menyeka telapak tangan dengan cuka sari apel, lalu diamkan semalaman untuk mendapatkan hasilnya yang efektif.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang keringat berlebih di tangan yang kadang merepotkan dan bikin grogi. Selalu kenali gejalanya dan lakukan penanganan yang tepat, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 03 Januari 2021. How to Handle Sweaty Hands
  2. Verywellhelath, diakses 03 Januari 2021. Sweaty Palms (Palmar Hyperhidrosis): Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Coping
  3. Sweathelp.org, diakses 03 Januari 2021. Sweaty Hands
  4. MedicalNewsToday, diakses 03 Januari 2021. Hyperhidrosis: Symptoms, causes, diagnosis, and treatment
    register-docotr