Kesehatan Wanita

Pilih yang Pas, Ini 5 Tanda Bra Terlalu Ketat dan Membahayakan Kesehatan

January 9, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Terasa mengikat punggung, menekan dada, dan membuat sesak, hanyalah beberapa tanda dari pemilihan bra yang tidak pas. Jika dibiarkan, bukan hanya akan membuat tidak nyaman, tapi juga bisa sampai membahayakan kesehatan.

Lalu bagaimana mengetahui apakah bra yang kita pakai sudah pas atau belum? Kamu bisa menemukan jawabannya lewat ulasan di bawah ini.

Baca juga: Payudara Besar Ganggu Aktivitas Kamu? Berikut Cara Mengecilkannya

Tanda-tanda bra terlalu ketat

Mengenakan bra yang sempit bisa berdampak negatif bagi pemakainya dalam banyak hal.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda bra terlalu ketat di bawah ini, agar kamu bisa memilih bra yang sesuai untuk dipakai:

1. Kulit mengalami lecet dan iritasi

Bra yang ketat akan memberikan tekanan fisik yang cukup kuat pada permukaan kulit. Jika berlangsung terlalu lama, ini bisa menyebabkan ruam panas karena saluran keringat jadi tersumbat.

Lebih jauh lagi, hal ini bisa berkembang menjadi gatal-gatal dan sejumlah masalah kulit lain, termasuk folikulitis, dan dermatitis.

Heather Downes, MD, ahli kulit bersertifikat, dilansir dari Healthline, mengatakan bahwa saat pakaian yang terlalu ketat bergesekan dengan kulit, itu dapat menyebabkan peradangan pada folikel rambut.

Kondisi tersebut dalam jangka panjang akan membuat bakteri dan / atau jamur menjadi lebih mudah menembus permukaan kulit sehingga menyebabkan infeksi.

2. Kamu terus menyesuaikannya

Disadari atau tidak, bra yang terlalu ketat akan terus membuatmu memperbaiki posisinya. Entah karena tali strap-nya kerap bergeser, atau cup yang membuat sesak.

Pada kondisi yang ekstrem, bahkan ada beberapa jenis bra yang bisa membuat kamu mengalami refluks asam. Misalnya bra dengan model dan ukuran yang ketat, untuk memberikan efek payudara bahkan perut yang terlihat rata dan kencang.

Saat dipakai, model bra seperti ini akan menekan perut sehingga membuat seseorang mengalami refluks asam. Ini adalah kondisi di mana asam dari dalam perut didoring ke esofagus bagian bawah.

3. Payudara tidak terwadahi dengan sempurna

Kadang-kadang bra tampak pas di ruang ganti, tetapi saat kamu bergerak sepanjang hari, kamu mulai merasa bahwa payudaramu sering terlepas dari sisi cup bra bagian depan maupun samping.

Hal ini umum terjadi akibat pemilihan cup yang terlalu kecil. Selain bisa menyakitkan saat dipakai, memaksakan diri memakai bra seperti ini juga bisa menyebabkan luka dan lecet pada kulit.

4. Tubuh bagian atas terasa sakit

Masalah paling umum tentang ukuran bra adalah cup yang terlalu kecil dan tali yang terlalu longgar. Ini akan menghasilkan bra yang tidak nyaman, dan menyebabkan masalah kesehatan seperti nyeri bahu atau punggung.

Tali bra yang terlalu ketat juga akan menggesek kulit jinak seperti keratosis seboroik dan tahi lalat yang menyebabkan nyeri, bengkak, bahkan luka berdarah.

Baca juga: Kanker Payudara

Tips memilih bra yang sesuai

Bagian-bagian bra. Sumber foto: Venusianglow

Agar terasa nyaman saat dipakai dan tidak menimbulkan masalah kesehatan, kamu bisa mengintip beberapa tips memilih bra yang sesuai berikut ini.

Cek tali bra

Tali harus rata seluruhnya, kokoh dan aman tetapi tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Gore, atau bagian di tengah antara cup pada bra berkawat, harus menempel rata di tulang dada tanpa terasa menekan secara berlebihan.

Pilih cup yang pas

Pastikan cup telah benar-benar membungkus dan mengangkat jaringan payudara.

Tanda jika kriteria ini telah terpenuhi adalah tidak ada tumpahan payudara di bagian atas ataupun di samping bra. Apabila kamu memilih bra berkawat, maka kawat juga harus mengikuti garis bentuk payudara.

Berikan ‘sentuhan akhir’

Tearkhir, condongkan tubuh ke depan, letakkan tangan yang berlawanan di dalam cup ke arah samping dan belakang, dan dengan lembut tarik payudara ke atas dan ke depan.

Trik ini akan membantu kamu memastikan bahwa cup yang kamu pilih telah benar-benar pas.

Meski memilih ukuran bra yang tepat bisa menjadi tugas yang memakan waktu, tetapi ini akan sangat bermanfaat untuk kenyamanan dan kesehatan tubuhmu.

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

5 Signs Your Bra Is Definitely Too Tight – and How to Find Your Perfect Size, https://www.healthline.com/health/tight-bra#takeaway diakses pada 8 Januari 2021

How to Find the Best Bra Type for Your Bust, https://www.healthline.com/health/types-of-bra, diakses pada 9 Januari 2021

Is your bra harming your health?, https://patient.info/news-and-features/is-your-bra-harming-your-health, diakses pada 9 Januari 2021

    register-docotr