Kulit & Perawatan Tubuh

Bisa Atasi Kerontokan Rambut, Apa Itu PRP Treatment? Yuk Cari Tahu

April 20, 2020 | Santi Andriani | dr. Andrew Lienata
feature image

Ditulis oleh: dr. Andrew Lienata

Kerontokan rambut pada usia lanjut mungkin hal normal. Tapi bagaimana kalau proses penuaan itu dini terjadi? Tentu ini bukan idaman semua orang. Disebut bisa atasi kerontokan rambut, lalu apa itu PRP Treatment? Yuk cari tahu dalam artikel ini.

Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Stres agar Pikiran Lebih Damai

Kerontokan rambut, normalkah?

Rambut rontok adalah momok menakutkan bagi semua orang. Atasi kerontokan rambut dengan PRP Treatment. Foto:https://www.arabiaweddings.com/

Kerontokan rambut pada lelaki atau perempuan merupakan suatu hal yang tidak jarang terjadi. Pada kasus tertentu kerontokan bisa termasuk dalam kategori normal , yakni 50 – 100 helai per hari.

Tetapi, jika rontok yang berlebihan, lebih dari 100 helai per hari bisa mengakibatkan kebotakan atau dalam istilah medis disebut telogen effluvium.

Maka dari itu, kita harus mengantisipasi kebotakan sejak dini karena tidak dapat dipungkiri bahwa rambut adalah mahkota bagi setiap orang, tentunya pada kaum hawa.

Faktor penyebab kerontokan rambut

Terdapat banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan kerontokan bagi setiap orang, berikut penyebabnya .

Stres

Stres bisa picu kerontokan rambut, ini bisa diatasi dengan PRP treatment. Foto: https://www.shutterstock.com/

Apabila dalam situasi yang penuh dengan tekanan seperti menjelang ujian, kehilangan pekerjaan, masalah keluarga, dan sebagainya.

Stres fisik yang intensif

Seperti aktivitas olahraga yang berlebihan, melahirkan, dan lain – lain.

Efek samping obat – obatan

Sejumlah efek samping obat-obatan juga bisa memicu kerontokan rambut. Foto: https://www.everydayhealth.com/

Seperti vitamin A dosis tinggi, antidepresan, obat hormonal, ataupun pemakaian pil KB.

Kekurangan gizi

menambah berat badan
Kekurangan gizi memicu kerontokan rambut. Atasi kerontokan rambut dengan PRP Treatment. Foto:https://www.shutterstock.com/

Terutama protein dan zat besi sering menjadi salah satu penyebab kerontokan seperti penderita anemia, atau anak – anak dengan gizi buruk.

Menderita penyakit tertentu

Seperti infeksi dengan kasus berat, penyakit alopecia areata, penyakit pada kelenjar tiroid, dan penyakit autoimun.

Perubahan hormonal pada wanita hamil

Perubahan hormonal pada ibu hamil bisa memicu kerontokan rambut. Foto:https://www.motherandbaby.co.id/

Sedang dalam perawatan tertentu

Mereka yang tengah menjalani proses perawatan tertentu berisiko mengalami kerontokan rambut. Foto:https://www.medicalnewstoday.com/

Seperti kemoterapi atau terapi radiasi

Dampak dari penggunaan produk rambut

Seperti pewarna rambut, penata rambut, hingga kebiasaan alat pemanas rambut.

Baca Juga: 10 Fakta dan Mitos Seputar Diabetes Melitus

Disebut bisa atasi kerontokan rambut, apa itu PRP Treatment?

PRP treatment untuk mengatasi kerontokan rambut. Foto: https://www.flawlesslasercenter.com/

Metode perawatan PRP (Platelet Rich Plasma) ternyata bisa menjadi salah satu alternatif untuk menumbuhkan rambut yang sudah rontok, terutama pada kasus androgenic alopecia yang disebabkan oleh masalah hormonal.

Tentunya pemberian obat oral finasteride, atau obat topikal monixidil yang lebih familier juga patut untuk dipertimbangkan karena memiliki fungsi yang berbeda. Juga kandungan biotin yang terdapat dalam telur, susu, dan pisang merupakan salah satu komposisi yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Menurut hasil penelitian dari International’s Journal of Women Dermatology, pasien menunjukkan hasil pertumbuhan rambut baru yang signifikan setelah menjalani perawatan 6 – 12 bulan, di mana setiap sesi akan disuntikan plasma darah yang dari tubuh pasien sendiri sebanyak 2 -12 cc di bagian yang rontok setiap 2 minggu sekali.

Maka dari itu PRP Treatment menjadi salah satu perawatan rambut yang sedang banyak diminati di dunia karena kandungan plasma darah yang kaya dengan trombosit ini ternyata juga mengandung hormon pertumbuhan yang berguna untuk proses regenerasi sel rambut baru. 

Yuk, konsultasikan masalah kerontokan rambut di Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan memberikan informasi terkait kondisi kepala dan kesehatan rambut.

register-docotr