Diet dan Nutrisi

Bisa Bikin Pikun, Hindari 5 Makanan Ini untuk Cegah Demensia

April 20, 2020 | Ajeng Annastasia
no-image

Ditulis oleh: Arini 

Ditinjau oleh: dr. Andrew Lienata

Good Doctor – Penurunan daya ingat (pikun) alias demensia memang sulit dihindari di usia lanjut. Tapi bukan berarti demensia tidak bisa dicegah. Kondisi ini bisa dicegah dengan menghindari makanan yang bikin pikun.

Perlu diingat bahwa dalam hal ini bukan jenis tertentu makanan yang bikin pikun, melainkan kandungan yang terdapat di dalamnya, ya.

Beberapa jenis kandungan yang perlu dihindari untuk mencegah pikun di antaranya yang terlalu banyak gula.

Mengapa? Konsumsi gula berlebihan tidak baik bagi kesehatan otak, terutama pada usia lanjut.

Selain itu, makanan yang bikin pikun lain di antaranya seperti makanan berminyak dan terlalu asin.

Jenis makanan ini dapat meningkatkan risiko gangguan kardiovaskuler yang berpotensi menimbulkan demensia.

Apa itu demensia?

Sering lupa dan tidak bisa konsentrasi? Waspada gejala demensia (Foto: Shutterstock)

Demensia merupakan istilah kolektif yang digunakan untuk menggambarkan berbagai gejala penurunan kognitif, seperti pikun. Ini adalah gejala dari beberapa penyakit gangguan otak.

Demensia bukanlah penyakit tunggal, tetapi istilah umum untuk menggambarkan gejala gangguan dalam memori, komunikasi, dan berpikir.

Perhatikan kemungkinan seseorang mengalami demensia jika ada gejala seperti kehilangan memori jangka pendek, sulit konsentrasi, tak bisa berkomunikasi dengan baik, serta disorientasi arah.

Baca juga: Mulai Suka Lupa? Konsumsi 10 Makanan untuk Mencegah Demensia

Makanan yang bikin pikun dan sebaiknya dihindari

Waspadai jenis makanan-makanan yang bikin pikun ini, ya! (Foto: Shutterstock)

1. Keju yang sudah diproses

Keju memang menjadi sumber kalsium yang baik. Namun keju yang sudah melalui pemrosesan secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan otak.

Protein yang ada dalam jenis keju yang sudah diproses ini diindikasikan dapat meningkatkan risiko Alzheimer dan demensia.

2. Daging yang sudah diproses

Daging olahan atau daging yang sudah diproses (Foto: Shutterstock)

Kornet, sosis, ham, dan jenis daging yang sudah diproses lainnya terkenal dengan kandungan sodium yang tinggi. Selain itu jenis daging ini jika dikonsumsi berlebihan juga dapat liver memproduksi lemak tidak baik untuk otak.

3. Bir

Bir dan bergula tinggi juga sebaiknya dihindari demi kesehatan otak (Foto: Shutterstock)

Minum bir juga bisa meningkatkan risiko demensia ataupun Alzheimer. Kandungan nitrit yang tinggi pada bir sering disebut sebagai penyebab pikun.

4. Makanan putih

Makanan putih yang dimaksud di sini adalah nasi putih, roti tawar, pasta, tepung terigu, dan gula putih. Makanan jenis ini memproduksi insulin yang lebih tinggi. Konsumsi yang berlebihan pun bisa membuat tubuh memproduksi insulin terlalu banyak dan mengirimkan racun ke otak.

5. Popcorn

Hindari juga kebiasaan makan popcorn berlebihan (Foto: Shutterstock)

Sering mengonsumsi camilan yang satu ini? Sudah saatnya kamu menguranginya, ya. Popcorn yang diolah dengan menggunakan microwave bisa menyebabkan demensia.

Popcorn ini mengandung diacetyl, bahan kimia yang bisa meningkatkan plak amiloid di otak. Penumpukan plak amiloid inilah yang bisa menyebabkan Alzheimer.

Kamu punya pertanyaan seputar penyakit ini? Langsung tanyakan sekarang, dokter terpercaya kami di Good Doctor akan menjawab semua pertanyaan seputar kesehatan.

Reference

WebMD (2018) diakses 24 September 2019. Brain Foods That May Help Prevent Dementia.

ALZ.org (2019) diakses 24 September 2019. Daily Care: Food and Eating

 

    Berita Terkait
    register-docotr