Kesehatan Mental

12 Cara Menghilangkan Stres agar Pikiran Lebih Damai

April 18, 2020 | Zai Alam | dr Iqbal Adi Anugra
feature image

Stres adalah hal yang normal dan bisa dialami oleh siapa saja. Namun demikian jika tidak dikelola dengan baik, stres bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih parah. Ada berbagai cara untuk menghilangkan stres agar jiwa tetap menjadi sehat.

Baca Juga: Mudah dan Alami, Begini 8 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Ada stres baik dan stres jahat

Stres terbagi atas dua jenis, eustress yang termasuk baik dan stres jahat atau distress.

Stres baik adalah stres yang dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan daya ingat, fokus, dan motivasi. Sebaliknya, stres jahat membuat kamu merasa cemas, depresi, bahkan menderita berbagai masalah kesehatan tertentu.

Nah, untuk mengatasi dampak kesehatan dari stres jahat yang kamu alami, berikut 13 cara menghilangkan stres pikiran yang bisa kamu lakukan.

Cara menghilangkan stres cukup di rumah

1. Dengarkan musik

Ketika kamu merasa stres, cobalah untuk mendengarkan musik. Musik diketahui bisa mengurangi kadar hormon stres (kortisol) di dalam tubuh dan membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, mendengarkan genre musik klasik, juga dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih kalem dan tenang.

2. Tertawa

Tertawa cara ampuh untuk menghilangnkan stres. Foto: https://www.shutterstock.com/

Tertawa dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik sehingga mengurangi stres. Selain itu, tertawa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam jangka panjang.

3. Olahraga

olahraga cara untuk menghilangkan stres yang sehat. Foto:https://www.shutterstock.com/

Ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang sangat berguna untuk mengurangi stres, meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh, dan menambah nafsu makan. 

4. Meditasi

Meditasi bisa dilakukan saat stres sudah mulai menjangkiti kamu. Foto:https://www.shutterstock.com/

Meditasi akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Meditasi melatih kamu untuk memfokuskan seluruh perhatian pada pernapasan sambil mengabaikan segala pikiran yang muncul di kepala. Melakukan meditasi setiap hari bahkan terbukti mampu membuat menjadi lebih tahan terhadap stres.

5. Tarik napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam lalu menghembuskannya secara perlahan dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks. Selain itu, melakukan teknik pernapasan ini juga akan menurunkan irama detak jantung sehingga efektif untuk meredam stres dan amarah.

6. Tidur siang

Tidur siang dapat mengurangi hormon stres kortisol secara signifikan. Foto:https://www.shutterstock.com/

Menurut Bill Anthony, seorang psikolog Amerika Serikat dan Direktur Pusat Rehabilitasi Psikiatri Universitas Harvard, tidur siang dapat mengurangi hormon stres kortisol secara signifikan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

7. Gunakan aromaterapi

gejala virus corona hilangnya indra penciuman
Gunakan aroma terapi untuk hati lebih tenang. Foto:https://www.healthline.com/

Menurut penelitian, aromaterapi memiliki berbagai manfaat kesehatan. Beberapa diantaranya ialah dapat mengurangi stres, rasa cemas, dan depresi.

8. Terapi Pijat

Pijatan yang menenangkan cara menghilangkan stres. Foto:https://www.healthline.com/

Selain untuk merelakskan otot-otot tubuh yang tegang, melakukan terapi pijat juga efektif untuk relaksasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan detak jantung, laju pernapasan, tekanan darah, dan mengurangi efek fisik akibat stres.

9. Bermain dengan hewan peliharaan

Menurut sebuah penelitian, menghabiskan waktu 10 menit saja untuk berinteraksi dengan anjing dan kucing terbukti dapat mengurangi kadar hormon kortisol penyebab stres dalam tubuh seseorang secara signifikan.

10. Minum teh hijau tanpa kafein

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2017,  mengonsumsi teh hijau yang tidak mengandung kafein terbukti dapat mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Baca Juga: 10 Fakta dan Mitos Seputar Diabetes Melitus

11. Jalan kaki

Jalan kaki cara mudah menghilangkan stres. Foto:https://www.healthline.com/

Sama seperti ketika berolahraga, jalan kaki ringan juga dapat memicu pelepasan hormon endorfin di dalam tubuh dan mengurangi hormon stres.

12. Lakukan Hubungan Intim

Melakukan hubungan intim merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan stres. Melakukan hubungan seks dapat memicu pelepasan hormon endorfin dan sejenisnya yang bisa menimbulkan perasaan senang dan bahagia.

Tanyakan masalah seputar kesehatan kepada dokter profesional di Good Doctor, yuk langsung tanya sekarang!

Reference

Lifeline diakses 9 Oktober 2019. How do you tell the difference between good stress and bad?

Mayo Clinic diakses 9 Oktober 2019. Stress Management

The Healthy diakses 9 Oktober 2019. 10 wondrous things that happen to your body when you listen to classical music

Healthline diakses 8 Oktober 2019. 16 simple ways to relieve stress and anxiety

NCBI (2019) diakses 8 Oktober 2019. The Immediate and Sustained Positive Effects of Meditation on Resilience Are Mediated by Changes in the Resting Brain

Aleteia (2018) diakses 8 Oktober 2019. The secret to taking successful naps

WebMD (2018) diakses 9 Oktober 2019. What is Aromatherapy?

University of Minnesota diakses 9 Oktober 2019. How can massage help my health and wellbeing?

Science Daily (2019) diakses 9 Oktober 2019. Stress reduction benefits from petting dogs, cats 

NCBI (2017) diakses 9 Oktober 2019. Reduced stress and improved sleep quality caused by green tea are associated with a reduced caffeine content

    register-docotr