Info Sehat

6 Pemutih Alami untuk Hilangkan Noda Kuning di Gigi, Yuk Dicoba!

January 4, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Gigi yang menguning sering kali membuat orang kehilangan rasa percaya diri, apalagi jika pekerjaan mengharuskan banyak berkomunikasi. Tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan pemutih gigi alami.

Apa saja bahan-bahan alami yang dapat dipakai untuk memutihkan gigi? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Masalah Kesehatan Ini akan Mengintamu jika Masih Malas Menyikat Gigi

Daftar bahan pemutih gigi alami

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengembalikan warna putih gigi. Mulai dari buah-buahan seperti nanas dan stroberi hingga komponen pembuat makanan berupa soda kue dan cuka apel.

Berikut pemutih gigi alami yang bisa kamu manfaatkan:

1. Minyak kelapa

Tak banyak yang tahu bahwa minyak kelapa bisa menjadi pemutih gigi alami. Minyak kelapa dapat membantu menjaga kebersihan mulut, termasuk menghilangkan bakteri yang bisa memicu pembentukan plak di gigi. Plak merupakan salah satu biang utama dari gigi yang menguning.

Menurut sebuah studi, minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat yang tinggi, bisa mengurangi aktivitas peradangan dan membunuh bakteri Streptococcus mutans.

Satu penelitian mengungkapkan, berkumur dengan minyak kelapa setiap hari selama satu minggu bisa membantu mengurangi keberadaan bakteri pemicu plak tersebut secara signifikan.

2. Soda kue

Soda kue atau yang lebih dikenal dengan baking soda juga bisa digunakan sebagai pemutih gigi alami. Kandungan natrium bikarbonat yang dimiliki dapat membantu menghilangkan noda di lapisan luar gigi.

Tak hanya itu, soda kue juga bisa meningkatkan tingkat kebasaan di dalam mulut, yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Cobalah untuk menggunakannya saat kamu menggosok gigi setiap pagi. Lihat perubahannya setelah beberapa minggu.

Sebuah riset menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue memiliki efek memutihkan yang signifikan.

3. Cuka apel

Pemutih gigi alami berikutnya adalah cuka apel. Mengutip Healthline, cuka apel dapat digunakan dalam jumlah terbatas untuk memutihkan gigi. Kamu bisa mencampurkan dua sendok cuka apel dengan 170 ml air, kemudian gunakan untuk berkumur. Setelah itu, sikat gigi seperti biasa.

Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Meski punya efek memutihkan, penggunaan cuka apel tak boleh sembarangan. Sebab, kadar yang terlalu tinggi justru dapat memicu kerusakan pada struktur dan kekuatan gigi.

4. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah zat atau senyawa pemutih alami yang dapat berfungsi ganda sebagai pembunuh bakteri. Banyak produk pemutih menggunakannya dalam konsentrasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Sebuah publikasi di National Library of Medicine menyebutkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue dan satu persen hidrogen peroksida cukup efektif untuk membuat gigi tampak lebih putih.  

Studi lain juga mengungkapkan, pasta gigi dengan kandungan hidrogen peroksida yang digunakan dua kali sehari selama enam minggu bisa memberi efek memutihkan hingga 62 persen.

Meski begitu, kadar penggunaannya tetap perlu diperhatikan. Konsentrasi yang kuat justru bisa memicu masalah lain seperti iritasi gusi dan gigi menjadi sensitif. Cari produk yang mengandung hidrogen peroksida dengan kadar di bawah tiga persen untuk meminimalkan efek samping.

5. Stroberi sebagai pemutih gigi alami

Siapa sangka, stroberi ternyata bisa menjadi pemutih gigi alami, lho. Ini tak lepas dari kandungan asam malat (malic acid) yang dimiliki. Senyawa tersebut dapat membantu menghilangkan noda kekuningan dan mengembalikan warna alami gigi.

Jika digunakan bersama soda kue, hasil yang diberikan mungkin akan lebih maksimal. Sama seperti beberapa bahan alami di atas, penggunaannya bersama soda kue juga perlu diperhatikan. Konsentrasi yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

6. Nanas

Pemutih gigi alami terakhir yang jarang diketahui banyak orang adalah nanas. Khasiat tersebut tak lepas dari kandungan yang dimiliki.

Sebuah penelitian pada 2012 menyebutkan, pasta gigi dengan kandungan bromelain, enzim yang bisa ditemukan pada nanas, secara signifikan lebih efektif dalam menghilangkan noda yang dapat memicu perubahan warna menjadi kekuningan.

Cara lain untuk memutihkan gigi

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, ada beberapa cara lain untuk memutihkan gigi yang bisa dicoba, yaitu dengan mengubah kebiasaan berikut:

  • Batasi konsumsi kafein dan soda
  • Hindari mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula
  • Selalu sikat gigi secara rutin
  • Perbanyak asupan kalsium

Nah, itulah daftar pemutih alami gigi yang perlu kamu tahu. Jika tak kunjung kembali berwarna putih alami, tak perlu ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi atau dental care, ya!

Bicarakan masalah kesehatan kamu dan keluarga bersama dokter terpercaya melalui Good Doctor. Akses layanannya 24/7 dengan download aplikasinya di sini. Kini, semua informasi kesehatan ada di genggamanmu!

Reference

Healthline, diakses 21 Desember 2020, How to Get Rid of Yellow Teeth.

Healthline, diakses 21 Desember 2020, 6 Simple Ways to Naturally Whiten Your Teeth at Home.

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 21 Desember 2020, Effect of coconut oil in plaque related gingivitis — A preliminary report.

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 21 Desember 2020, Effect of oil pulling on Streptococcus mutans count in plaque and saliva using Dentocult SM Strip mutans test: a randomized, controlled, triple-blind study.

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 21 Desember 2020, Laboratory assessment of tooth whitening by sodium bicarbonate dentifrices.

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 21 Desember 2020, In vitro tooth whitening by a sodium bicarbonate/peroxide dentifrice.

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 21 Desember 2020, Effectiveness of a new dentifrice with baking soda and peroxide in removing extrinsic stain and whitening teeth.

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 21 Desember 2020, Efficacy of Extrinsic Stain Removal by Novel Dentifrice Containing Papain and Bromelain Extracts.

    register-docotr