Kulit & Perawatan Tubuh

8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut: Cegah Kerontokan hingga Basmi Kutu

October 24, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Memiliki rambut sehat dan indah adalah impian banyak orang. Alih-alih menggunakan produk perawatan yang mahal, kamu bisa memanfaatkan bahan alami seperti minyak kelapa. Ya, ada banyak manfaat minyak kelapa untuk rambut bila kamu rutin menggunakannya.

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak apa saja khasiat minyak kelapa untuk rambut berikut ini!

Beragam manfaat minyak kelapa untuk rambut

Manfaat minyak kelapa tak terbatas pada rambut saja, tapi juga kulit kepala. Ini penting, karena di bawah kulit kepala terdapat folikel, kantong kecil tempat akar rambut berada. Berikut delapan khasiat minyak kelapa untuk rambut dan kulit kepala:

1. Melembapkan rambut dan kulit kepala

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang pertama adalah mampu melembapkan kulit kepala dan rambut kering. Menurut sebuah riset pada 2015, minyak kelapa bisa meresap lebih dalam ke batang rambut, menciptakan sensasi lebih lembut dan halus.

Hal tersebut akan membuat rambut kering terlihat lebih sehat. Rambut yang sehat dan terjaga kelembapannya dapat mengurangi potensi kerusakan yang disebabkan oleh produk tertentu, misalnya sampo.

Begitu juga dengan kulit kepala kering, kelembapannya bisa terjaga jika kamu menggunakan minyak kelapa secara rutin. Perlu diketahui, minyak kelapa juga memiliki efek hidrofobik, bisa menjaga kelembapan kulit kepala dari paparan air berlebih.

2. Mencegah rambut menjadi kusut

Pernahkah kamu mengalami rambut kusut setelah keramas? Jika pernah, penyebabnya adalah terlalu banyak air yang terserap ke dalam rambut. Minyak kelapa bisa membantu mengatasi masalah ini dengan cara mencegah rambut agar tidak terlalu banyak menyerap air.

Coba gunakan satu atau dua tetes minyak kelapa untuk mengeringkan rambut setelah keramas, termasuk ketika sebelum pergi ketika cuaca sedang lembap.

Baca juga: Punya Masalah Rambut Bercabang? Ini Cara dan Tips Mengatasinya

3. Mencegah kerusakan rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut berikutnya adalah mampu mencegah kerusakan akibat paparan bahan kimia. Ada beberapa kondisi yang membuat rambut terpapar zat atau senyawa kimia, seperti berada di area penuh polusi dan berenang di kolam penuh klorin.

Lambat laut, paparan zat kimia tersebut akan merusak dan memengaruhi kekuatan rambut. Kamu bisa mengatasinya dengan rutin menggunakan minyak kelapa. Minyak ini dapat menembus ke dalam batang rambut, dan mencegah potensi kerusakan akibat zat berbahaya.

4. Mengatasi ketombe

Ketombe adalah tanda bahwa kulit kepala sedang terjadi pengelupasan. Sayangnya, banyaknya ketombe bisa mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri, terutama ketika bertemu dengan orang.

Tak perlu bingung, kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi masalah ini. Minyak kelapa mengandung vitamin K dan E serta asam lemak yang bisa membantu menjaga kebersihan kulit kepala.

Minyak ini juga bersifat antijamur, sehingga proses pengelupasan bisa diminimalkan. Jamur adalah salah satu faktor pemicu pengelupasan kulit kepala.

5. Mengoptimalkan pertumbuhan rambut

Manfaat minyak kelapa lainnya adalah mampu mengoptimalkan proses pertumbuhan rambut. Adanya vitamin dan asam lemak esensial melimpah bisa merangsang folikel dan membersihkan penumpukan kotoran di sekitarnya yang dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Tak hanya mengoptimalkan pertumbuhan, minyak kelapa juga bisa menjaga kekuatan rambut.

6. Mengatasi benjolan di kepala

Pernahkah kamu merasakan gatal atau bahkan kesakitan akibat adanya benjolan kecil seperti jerawat di kepala? Benjolan itu bisa muncul karena banyak hal, yang paling sering adalah faktor penggunaan produk sampo dan paparan sinar matahari berlebih.

Tenang, kamu tak perlu menggaruknya hingga terasa perih, cukup gunakan minyak kelapa secara rutin. Bukan tanpa alasan, minyak ini bisa membantu meremajakan kulit dan menghilangkan benjolan kecil itu secara perlahan. Bersihkan rambut dan pijat kepala dengan minyak kelapa secara lembut.

7. Membasmi kutu rambut

Fungsi minyak kelapa untuk rambut yang jarang diketahui adalah kemampuannya dalam membasmi kutu.

Kutu rambut adalah hama yang bisa menyebabkan gatal dan rasa sakit di kepala tiada henti. Akar rambut juga bisa terganggu, yang pada akhirnya akan merusak kulit kepala itu sendiri.

Minyak kelapa bersifat antibakteri, bisa melawan kutu dan meredakan efek gigitannya. Bahkan, nutrisi yang ada pada minyak kelapa juga dapat melindungi kulit kepala dari infeksi yang ditimbulkan. Hebatnya lagi, minyak kelapa bisa mencegah menempelnya telur kutu pada helai rambut.

Baca juga: Tersiksa karena Gatal? Coba Cara Menghilangkan Kutu Rambut Ini, Yuk!

8. Mencegah kerontokan

minyak kelapa untuk rambut
Proses kerontokan rambut dari folikel. Sumber foto: www.limmerhtc.com

Khasiat minyak kelapa untuk rambut yang terakhir adalah mencegah dan mengatasi kerontokan. Kerontokan ditandai dengan lepasnya rambut dari akar di folikel saat disisir.

Kekurangan protein adalah penyebab utama kondisi ini. Minyak kelapa dapat mengisi kembali nutrisi di rambut, sehingga bisa dijadikan sebagai produk pencegah kerontokan.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga dapat meminimalkan terjadinya rambut bercabang, yang jika dibiarkan bisa menyebabkan kerontokan.

Nah, itulah delapan manfaat minyak kelapa untuk rambut yang perlu kamu tahu. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan minyak kelapa secara rutin, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Medical News Today, diakses 12 Oktober 2020, How to use coconut oil for hair.
  2. Healthline, diakses 12 Oktober 2020, Coconut Oil for Your Hair: Benefits, Uses and Tips.
  3. Verywell Health, diakses 12 Oktober 2020, Using Coconut Oil for Your Hair.
  4. Stylecraze, diakses 12 Oktober 2020, The Amazing Benefits Of Coconut Oil For Hair.
  5. National Center for Biotechnology Information (13 Oktober 2020), Hair Cosmetics: An Overview.

    Berita Terkait
    register-docotr