Info Sehat

Cek 5 Cara Pakai Tas Selempang dan Ransel Berikut agar Tak Sakit Punggung

June 18, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sebagian besar dari kita, terutama yang bekerja di kantor, sudah terbiasa membawa banyak barang ke manapun kita pergi. Mulai dari ponsel, charger, baterai, laptop, headphone, dan berbagai benda lainnya.

Inilah yang membuat tas kecil dirasa tak lagi sesuai untuk dibawa, dan kamu pun mulai berpindah ke tas selempang ataupun ransel.

Sayangnya masih banyak yang belum tahu cara memakai kedua jenis tas tersebut dengan tepat sehingga menimbulkan sakit punggung. Agar itu tak terjadi padamu, cek cara pakai tas yang benar di bawah ini.

Baca juga: 3 Efek Langsung Merokok setelah Cabut Gigi, Seberapa Berbahaya?

Pengaruh gaya membawa tas pada kesehatan

Menurut American Chiropractic Association, sekitar 80 persen populasi warga Amerika Serikat akan mengalami sakit punggung di beberapa titik dalam hidup mereka. Penyebab umumnya adalah kebiasaan membawa tas yang tidak sehat.

Dilansir dari Healthline, membawa tas yang berat sepanjang hari ternyata memang lebih berbahaya bagi kesehatan daripada yang mungkin kita sadari. Ini bisa mengakibatkan nyeri bahu, punggung, bokong, lengan atau kesemutan di tangan.

Seiring waktu, jumlah ketegangan pada tubuh karena cara memakai tas yang tidak tepat bahkan dapat menyebabkan beberapa rasa sakit yang cukup serius seperti kejang otot atau saraf terjepit.

Cara memakai tas selempang dan ransel yang benar

Kamu dapat menghindari cedera serius pada tulang belakang karena salah membawa tas dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini.

1. Hindari beban terlalu berat

Isi tas yang terlalu berat dapat memberikan tekanan tanpa akhir pada pinggul dan bahu. Tak hanya itu, ini juga bisa membuat gaya berjalan kamu menjadi tidak seimbang.

Meringankan beban tas adalah cara terbaik untuk memastikan otot dan bahu tetap sehat. Parameternya adalah kurangi isi tas sampai kamu berada di titik tidak merasakan ketegangan yang nyata saat membawanya.

Upayakan untuk membawa kurang dari 10 persen dari berat badan. Letakkan tas di timbangan dan lihat berapa beratnya. Jika terlalu berat, lihat apakah ada yang bisa kamu lakukan untuk menguranginya.

2. Cari desain tas tangan yang mendukung

Ada banyak orang mengeluhkan sakit di bahu, leher, atau di tengah punggung. Sebagian besar dari mereka ternyata terbiasa membawa tas tangan berukuran besar dengan desain yang kurang sesuai.

Menggunakan ransel dapat menjadi solusi untuk meredakan ketegangan. Karena ini bisa mendistribusikan berat dengan benar saat dikenakan dengan tepat.

Tapi jika kamu tidak menyukai ide menggunakan ransel, pilih tas tangan dengan pegangan yang baik dan kuat serta memiliki bantalan tambahan untuk membantu mengurangi ketegangan pada otot.

Juga pastikan untuk menghindari tas jinjing dengan rantai atau tali tipis yang akan menusuk bahu.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Inilah Penyebab Sakit Punggung yang Bisa Jadi Masalah Kesehatan Serius

3. Usahakan untuk tidak berat sebelah

Ketika kamu memakai tas yang berat di bahu yang sama untuk waktu lama. Itu akan menyebabkan bahu mulai berguling ke depan dan ke bawah yang meregangkan otot-otot di punggung atas dan leher.

Ini pada akhirnya akan menyebabkan otot lemah dan masalah yang lebih parah seperti thoracic outlet syndrome. Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu memakai tas selempang maupun ransel pada sisi bergantian sepanjang hari.

Jika tas yang kamu pakai adalah tas tangan, pindahkan tas secara teratur dari tangan kiri ke tangan kanan. Jika itu adalah tas dengan tali bahu, coba ubah pemakaiannya dari bahu kiri ke bahu kanan.

4. Tarik tas di atas roda

Saat bepergian ke luar kota atau ke luar negeri menggunakan pesawat, usahakan untuk menggunakan tas troli atau koper di atas roda. Ini bisa membantu kamu terhindar dari gejala sakit punggung.

5. Berusahalah untuk minimalis

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan punggung saat memakai tas selempang maupun ransel adalah dengan menjadi minimalis.

Jangan membawa barang yang tidak perlu, tetapi ketika kamu perlu membawa tas, pilih yang tepat dan kenakan dengan cara yang tepat untuk menghilangkan penyebab sakit punggung.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Healthline diakses pada 17 Juni 2021

Everyday Health diakses pada 17 Juni 2021

Gadgets NDTV diakses pada 17 Juni 2021

    register-docotr