Kehamilan

Tips Mengatasi Mulut Pahit saat Hamil yang Aman Dilakukan

December 22, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Selama kehamilan, perubahan hormon memicu berbagai perubahan pada kerja tubuh. Hormon-hormon ini juga dapat menimbulkan gejala yang tidak diinginkan, terutama pada trimester pertama.

Meski mual dan kelelahan merupakan gejala paling umum, beberapa wanita juga mengalami perubahan rasa pada lidah berupa pahit atau rasa logam.

Nah, untuk mengetahui tips mengatasi mulut pahit ketika hamil yuk simak penjelasan lebih lengkap berikut.

Baca juga: Pilihan Terapi untuk Mengatasi Saraf Kejepit, Apa Saja?

Apa penyebab mulut pahit saat hamil?

Dilansir Parenting First Cry, beberapa wanita mungkin mengalami rasa logam yang aneh dan tidak menyenangkan di mulut selama kehamilan. Kondisi yang disebut juga dengan dysgeusia, kondisi ini tidak berbahaya namun secara tak terduga bisa mengkhawatirkan.

Rasa logam di mulut saat hamil adalah gejala kehamilan yang umum terjadi di trimester pertama. Selama kehamilan, kadar estrogen dan progesteron meningkat untuk membantu tubuh mempertahankan pertumbuhan bayi.

Dysgeusia mengacu pada perubahan rasa yang secara khusus dapat membuat mulut terasa asin, terbakar, tengik, busuk, pahit, atau logam. Penyebab pasti dysgeusia belum diketahui, namun para ahli percaya bahwa masuknya hormon selama kehamilan membawa perubahan selera. 

Selain itu, indra perasa dan penciuman sangat erat hubungannya sehingga perubahan terkait kehamilan juga bisa menyebabkan rasa logam. Jadi, jika ada sesuatu yang berbau tidak sedap maka kemungkinan bisa juga memicu rasa tidak enak di mulut.

Peningkatan retensi air oleh tubuh selama kehamilan juga dapat memengaruhi indera perasa sehingga mengakibatkan dysgeusia. Oleh karena itu, ketika kehamilan berlanjut dan hormon lebih tenang, maka rasa logam akan menghilang dengan sendirinya.

Tips mengatasi mulut pahit selama kehamilan

Cara mengobati rasa pahit di mulut biasanya melibatkan pengobatan terhadap penyebab yang mendasari. Dokter seringkali dapat mendiagnosis masalah dengan menanyakan tentang gejala dan obat lain yang mungkin menjadi penyebab.

Secara medis, tidak ada pengobatan yang dapat menghilangkan rasa logam pada wanita hamil. Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meminimalkan efek pahit pada mulut selama kehamilan.

Penanganan untuk mengatasi mulut pahit saat hamil yang perlu diikuti, yakni sebagai berikut:

Perubahan pola makan

Untuk meminimalkan efek dysgeusia, wanita hamil perlu mengubah pola makan. Perubahan pola makan yang dapat dilakukan meliputi makan permen mint bebas gula, biskuit asin untuk menghilangkan rasa logam, serta mengonsumsi makanan atau minuman asam.

Beberapa makanan atau minuman ini dapat membantu mengatasi rasa pahit serta logam pada mulut. Pilihlah juga alat makan plastik daripada yang terbuat dari logam. Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan asupan cairan yang cukup untuk membantu mencegah mulut kering.

Jaga kebersihan mulut

Rasa aneh dan tidak enak pada mulut kemungkinan dapat terjadi akibat tidak menjaga kebersihan dengan baik. Kebersihan gigi dan gusi yang tidak terjaga juga bisa mengakibatkan kerusakan di dalam rongga mulut.

Selain menyikat dan membersihkan gigi dengan benang, kamu juga bisa membersihkan lidah dengan lembut. Hal ini bertujuan untuk membantu menghilangkan rasa logam yang tertinggal di dalam mulut.

Gunakan obat kumur

Rasa logam dalam mulut memang menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga dapat juga memengaruhi nafsu makan. Wanita hamil perlu menangani masalah ini dengan segera, salah satunya dengan menggunakan obat kumur.

Pilihlah obat kumur yang lembut dengan bahan aman untuk menghindari masalah kesehatan lebih serius. Selain itu, wanita hamil juga bisa menggunakan obat kumur alami dengan air garam untuk membantu mengatasi masalah.

Pilih suplemen yang tepat

Membicarakan masalah dengan praktisi atau dokter ahli bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi mulut pahit selama kehamilan. Biasanya, praktisi akan mengubah vitamin prenatal yang akan dikonsumsi.

Pastikan untuk memilih vitamin atau suplemen yang aman untuk menghindari masalah kesehatan pada bayi dalam kandungan. Usahakan juga selalu mengonsultasikan kondisi kesehatan bersama dokter secara rutin.

Baca juga: Mendidik Anak untuk Belajar Tanpa Memaksa? Yuk Simak Tips Praktisnya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2018), diakses 21 Desember 2020. The Metallic Taste in Your Mouth During Pregnancy
  2. Firstcry.co (2019), diakses 21 Desember 2020. Metallic Taste in Mouth During Pregnancy
  3. Medical News Today (2020), diakses 21 Desember 2020. Why do I have a bitter taste in my mouth?
  4. Whattoexpect.com (2020), diakses 21 Desember 2020. Metallic Taste During Pregnancy (Dysgeusia)
    Berita Terkait
    register-docotr