Kehamilan

Perkembangan Menggemaskan Si Kecil Selama Hamil Trimester 3

December 22, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Perkembangan janin berlanjut selama hamil trimester 3. Bayi akan membuka matanya, menambah berat badan, dan bersiap untuk melahirkan.

Perkembangan hamil trimester 3

Pada saat kehamilan memasuki trimester 3 itu artinya bahwa kamu akan semakin dekat dengan proses persalinan dan akan segera bertemu si kecil.

Melansir penjelasan dari laman Mayo Clinic berikut ini beberapa perkembangan kehamilan di trimester 3:

Minggu 28: mata bayi terbuka sebagian

Dua puluh delapan minggu setelah kehamilan, atau 26 minggu setelah pembuahan, kelopak mata bayi bisa terbuka sebagian dan bulu mata telah terbentuk. Sistem saraf pusat dapat mengarahkan gerakan pernapasan ritmis dan mengontrol suhu tubuh.

Pada minggu ini bayi mungkin memiliki panjang hampir 10 inci (250 milimeter) dari puncak kepala hingga bokong dan beratnya hampir 2 1/4 pon (1.000 gram).

Minggu 29: bayi menendang dan meregangkan tubuh

Dua puluh sembilan minggu setelah kehamilan, atau 27 minggu setelah pembuahan, bayi dapat menendang, meregangkan, dan melakukan gerakan menggenggam.

Minggu 30: rambut bayi tumbuh

Tiga puluh minggu setelah kehamilan, atau 28 minggu setelah pembuahan, mata bayi bisa terbuka lebar. Bayi mungkin memiliki rambut yang bagus minggu ini dan sel darah merah mulai terbentuk di sumsum tulang bayi.

Pada minggu ini, bayi mungkin memiliki panjang lebih dari 10 1/2 inci (270 milimeter) dari puncak kepala hingga bokong dan beratnya hampir 3 pon (1.300 gram).

Minggu 31: pertambahan berat badan bayi yang cepat dimulai

Tiga puluh satu minggu setelah kehamilan, atau 29 minggu setelah pembuahan, bayi telah menyelesaikan sebagian besar perkembangan utamanya. Sekarang saatnya menambah berat badan dengan cepat.

Minggu 32: bayi berlatih bernapas

Tiga puluh dua minggu setelah kehamilan, atau 30 minggu setelah pembuahan, kuku kaki bayi akan terlihat. Lapisan rambut halus berbulu halus yang menutupi kulit bayi selama beberapa bulan terakhir (lanugo) mulai rontok minggu ini.

Pada minggu ini bayi memiliki panjang 11 inci (280 milimeter) dari puncak kepala hingga bokong dan beratnya 3 3/4 pon (1.700 gram).

Minggu 33: bayi mendeteksi cahaya

Tiga puluh tiga minggu setelah kehamilan, atau 31 minggu setelah pembuahan, ukuran pupil bayi dapat berubah sebagai respons terhadap rangsangan yang disebabkan oleh cahaya. Tulangnya mengeras. Namun, tengkoraknya tetap lembut dan fleksibel.

Minggu 34: kuku bayi tumbuh

Tiga puluh empat minggu setelah kehamilan, atau 32 minggu setelah pembuahan, kuku jari bayi telah mencapai ujung jarinya. Pada minggu ini bayi mungkin memiliki panjang hampir 12 inci (300 milimeter) dari puncak kepala hingga bokong dan beratnya lebih dari 4 1/2 pon (2.100 gram).

Minggu 35: kulit bayi mulus

Tiga puluh lima minggu setelah kehamilan, atau 33 minggu setelah pembuahan, kulit bayi menjadi halus dan anggota tubuhnya terlihat gemuk.

Minggu 36: bayi menempati sebagian besar kantung ketuban

Tiga puluh enam minggu setelah kehamilan, atau 34 minggu setelah pembuahan, kondisi yang padat di dalam rahim mungkin membuat bayi lebih sulit untuk memberi pukulan. Namun, kamu mungkin masih merasakan banyak regangan, gulungan, dan goyangan.

Minggu 37: bayi menunduk

Tiga puluh tujuh minggu setelah kehamilan, atau 35 minggu setelah pembuahan, bayi memiliki pemahaman yang kuat. Untuk mempersiapkan kelahiran, kepala bayi mungkin mulai turun ke panggul.

Jika bayi tidak tertunduk, penyedia layanan kesehatan akan berbicara denganmu tentang cara-cara untuk menangani masalah ini.

Minggu 38: kuku kaki bayi tumbuh

Tiga puluh delapan minggu setelah kehamilan, atau 36 minggu setelah pembuahan, lingkar kepala dan perut bayi hampir sama. Kuku kaki bayi telah mencapai ujung jari kakinya.

Sebagian besar bayi telah melepaskan semua lanugonya. Saat ini berat bayi mungkin sekitar 6 1/2 pon (2.900 gram).

Minggu 39: dada bayi menonjol

Tiga puluh sembilan minggu setelah kehamilan, atau 37 minggu setelah pembuahan, dada bayi menjadi lebih menonjol. Untuk anak laki-laki, testis terus turun ke dalam skrotum. Lemak ditambahkan ke seluruh tubuh bayi untuk menjaganya tetap hangat setelah lahir.

Baca: Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Testpack?

Minggu 40: tanggal kelahiran telah tiba

Empat puluh minggu setelah kehamilan, atau 38 minggu setelah pembuahan, bayi mungkin memiliki panjang sekitar 14 inci (360 milimeter) dan berat 7 1/2 pound (3.400 gram).

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic.org (2020) diakses pada 9 Desember 2020. Fetal development: The 3rd trimester
  2. Webmd.com (2019) diakses pada 9 Desember 2020. Your Baby’s Growth and Development In the Third Trimester of Pregnancy 
    register-docotr