Kesehatan Mental

Ini Lho Dampak Nonton Film Horor pada Kesehatan Mental

December 22, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pada sebagian orang menonton film horor adalah kegiatan yang menyeramkan dan bahkan bisa sebabkan mimpi buruk.

Namun, ada juga tipe orang yang sangat menikmati film horor karena efek menegangkan yang ditimbulkan saat menontonnya.

Lalu, apakah menonton film horor berbahaya atau justru bermanfaat untuk kesehatan mental kita? Berikut ulasannya!

Efek menonton film horor

Respons orang yang khas terhadap film horor adalah ketakutan dan kecemasan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan film horor dapat menyebabkan stres abnormal atau reaksi distres yang memerlukan intervensi psikologis.

Film horor mengandung trik psikologis yang menciptakan ilusi ketegangan dan bahaya melalui manipulasi gambar, suara, dan cerita. Meskipun otak menyadari bahwa ancaman itu tidak nyata, namun tubuh secara bersamaan mencatatnya seolah ancaman itu nyata.

Saat menonton film horor, jantung memompa lebih cepat dan adrenalin mengalir, perhatian kamu menyempit, bahkan saat kamu tahu bahwa kamu sedang berada di rumah atau di bioskop yang sebenarnya tidak ada bahaya nyata.

Efek ini mirip saat kamu naik wahana di taman hiburan, di mana kamu bisa merasa ketakutan sekaligus mengetahui bahwa kamu sebenarnya aman.

Film horor dirancang untuk membangkitkan emosi tertentu seperti ketegangan, ketakutan, stres, dan syok. Ini dapat menyebabkan pelepasan hormon dalam tubuh seperti norepinefrin, kortisol, dan adrenalin dari sistem saraf otonom .

Pelepasan hormon ini mungkin dapat menyebabkan respons fisiologis berupa pelebaran pupil, peningkatan detak jantung, dan ketegangan otot.

Dampak positif menonton film horor

Melansir Healthline, Sally Winston, psikolog dari Anxiety and Stress Disorders Institute of Maryland menyebut film horor juga bisa memberikan efek positif terutama untuk kamu yang memiliki gangguan kesehatan mental.  

Bagi orang dengan gangguan kecemasan atau OCD, nonton film horor dapat memberikan kesempatan untuk menghadapi ketakutan dan mengembangkan kepercayaan diri.

Namun, penting untuk berbicara dengan dokter pribadi atau psikolog tentang apakah metode ini akan berhasil atau tidak.

Dampak negatif menonton film horor

Menjaga kesehatan mental kita itu penting, jadi ada baiknya kamu mengetahui batasan dan cara menonton dengan cara sehat.

Berikut beberapa dampak negatif yang mungkin kamu dapat dari menonton film horor:

  • Gangguan tidur: Pada sebagian orang menonton film horor menyebabkan sulit tidur. Film horor dan efek ketegangan dapat membuat seseorang lebih sulit tidur.
  • Kegelisahan: Orang yang menderita kecemasan (anxiety) lebih cenderung berisiko terkena dampak negatif film horor. Kecemasan kronis meningkatkan kepekaan terhadap rangsangan yang mengejutkan, sehingga membuat orang yang sudah stres dan cemas lebih cenderung merespons secara negatif.

Tips sehat nonton film horor

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memastikan pesta nonton film horor membuat kamu tetap tenang, bukannya terjaga di malam hari. 

1. Pantau mimpi buruk kamu

Terkadang, alam bawah sadar akan mengirimkan tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang mengganggu, bahkan jika kamu tidak menyadarinya selama kamu terjaga.

Jika berulang-ulang, gambar pennywise, pocong, atau karakter horor lain terus mengganggu dan tampak berkedip di depan mata saat kamu mencoba tidur, anggap itu sebagai tanda bahwa kamu mungkin harus mengevaluasi ulang kebiasaan menonton kamu.

2. Jangan nonton sampai larut malam

Semua ketegangan yang kamu dapat saat nonton film horor bisa meningkatkan gairah fisiologis dalam tubuh dan membuat kamu justru susah tidur.

Ada baiknya kamu tidak menonton film horor mendekati jam tidur apalagi sampai larut malam ya. Selain berdampak pada siklus tidur, ini juga bisa menambah masalah yakni susah tidur.

3. Pahami batas diri kamu

Hanya dirimu yang tahu apa yang membuat kamu nyaman saat menonton. Hal terpenting yang harus diperhatikan saat menonton film horor adalah kenyamanan diri kamu sendiri.

Penting untuk menilai emosi saat ini dan bagaimana kamu akan terpengaruh oleh apa yang ada di layar, terutama jika kamu cenderung takut atau cemas.

4. Temukan subgenre yang cocok dengan kamu

Masih soal kenyamanan, film horor sendiri memiliki banyak subgenre-nya dan kamu bisa pilih yang sesuai dengan selera serta toleransi ketakutanmu.

Ada horor yang dipenuhi dengan adegan penuh darah (gore), ada juga film horor yang hanya berisi adegan menegangkan (thriller).

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr