Kehamilan

Penting! Ini Tips Cepat Hamil setelah Keguguran yang Bisa Moms Jalani!

May 1, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Reaksi setelah menderita keguguran beragam. Ada yang memilih untuk memulihkan psikologis, namun tidak jarang beberapa ibu hamil langsung mencari tips cepat hamil setelah keguguran.

Oleh karena itu, jika Moms termasuk baru saja keguguran, ada baiknya untuk berdiam terlebih dahulu dan memulihkan kondisi. Namun, jangan terlalu berlarut, karena masih ada kemungkinan untuk memiliki kehamilan yang sehat.

Baca juga: Keguguran Tanpa Disadari: Penyebab dan Gejala yang Perlu Diketahui

Kapan bisa segera hamil?

Keguguran merupakan pengalaman yang berat. Tidak heran jika timbul perasaan kehilangan yang kuat. Moms dan pasangan mungkin akan merasakan kesedihan, resah atau perasaan bersalah.

Secara psikologis, perasaan yang timbul itu tentu akan menghantui. Karena itu jangan terburu-buru untuk mengenyahkan perasaan yang timbul tersebut bersama pasangan.

Secara medis, Moms tidak direkomendasikan untuk melakukan hubungan seksual selama 2 minggu setelah keguguran. Hal ini untuk mencegah infeksi yang timbul. Nah, setelah 2 minggu Moms sudah berovulasi dan bisa mulai program hamil.

Tips untuk cepat hamil setelah keguguran

Jika Moms sudah merasa siap secara fisik dan psikologis untuk kembali hamil, maka cobalah ikuti tips cepat hamil setelah keguguran berikut ini:

Olahraga dan aktif kegiatan fisik

Menerapkan gaya hidup yang sehat dapat membantu Moms memiliki masa kehamilan yang sehat. Untuk itu, salah satu tips untuk cepat hamil setelah keguguran adalah berolahraga dan aktif melakukan kegiatan fisik.

Berolahragalah dengan intensitas yang sedang paling tidak 150 menit setiap minggu. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan berjalan, jogging, berenang, yoga dan pilates.

Hindari gaya hidup tidak sehat

Moms harus menghentikan gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi alkohol, merokok dan obat-obatan. Hal ini demi terhindar dari masalah infertilitas setelah keguguran.

Kurangi juga konsumsi kafein, Minum kopi memang tidak masalah, tapi cobalah batasi hanya 200 miligram asupan kafein per hari. Karena konsumsi kafein yang berlebihan bisa memengaruhi peluang pembuahan. 

Sebaliknya, minumlah banyak air dan makan makanan dengan gizi yang seimbang. Karena untuk menopang kehamilan di trimester kedua, setidaknya Moms perlu meminum 10 gelas air dan makan 300 kalori tambahan setiap harinya.

Selain itu, mengonsumsi asam folat setiap hari juga bisa jadi satu hal yang baik di masa kehamilan. Karena multivitamin ini akan menjaga cadangan nutrisi yang Moms butuhkan.

Hindari dan kurangi stres

Keguguran memberikan pengalaman yang luar biasa. Maka dari itu, sangat penting untuk Moms mempersiapkan diri secara emosional sebelum membuka peluang hamil lagi.

Salah satu hal yang harus dilakukan dalam menghindari dan mengurangi hal-hal yang bisa membuat Moms stres. Karena stres bisa memengaruhi kemampuan dan fungsi hormon dan ovulasi.

Level stres yang tinggi dan tidak terkontrol bisa menyebabkan tertundanya ovulasi atau bahkan tidak terjadi ovulasi sama sekali dalam periode menstruasi yang Moms miliki.

Konsultasikan kehamilan dengan dokter

Mengunjungi dokter dan konsultasikan rencana kehamilan bisa jadi satu tips yang bisa Moms jalani. Dokter dapat memberikan langkah yang tepat agar Moms cepat hamil setelah keguguran dan pencegahan apa yang perlu dilakukan supaya keguguran tidak berulang.

Jangan takut untuk menunda kehamilan

Moms tidak perlu cemas untuk menunda kehamilan setelah keguguran. Selain langkah ini bisa memberikan waktu untuk kesembuhan secara mental, menunda kehamilan pun jadi satu langkah untuk memperhatikan masalah kesehatan seperti:

  • Hamil anggur: Saat fertilisasi, masalah pada embrio bisa menyebabkan tumor nonkanker tumbuh. Hal ini bisa memicu keguguran karena pertumbuhan tumor ini menghasilkan janin yang tidak sehat
  • Keguguran di trimester kedua: Beberapa dokter akan menyarankan Moms untuk menunggu tiga bulan jika keguguran yang dialami terjadi pada trimester kedua. Hal ini karena tes untuk menentukan penyebab keguguran memakan waktu cukup lama
  • Komplikasi prosedur dilatasi dan kuretase (D&C): Moms mungkin membutuhkan prosedur ini setelah keguguran. Memberikan waktu sedikit lebih lama untuk kesembuhan setelah prosedur bertujuan untuk menghindari kemungkinan komplikasi

Demikianlah berbagai tips cepat hamil yang bisa Moms jalani setelah keguguran. Selalu jaga kesehatan agar reproduksi dapat berjalan lancar, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Mayoclinic, diakses 27 April 2021. Pregnancy after miscarriage: What you need to know
  2. Healthline, diakses 27 April 2021. Pregnancy After Miscarriage: From Risks to Rainbow Babies
  3. Verywellfamily, diakses 27 April 2021. Can You Get Pregnant Right Away After a Miscarriage?
  4. Firstcry Parenting, diakses 27 April 2021. 10 Effective Ways to Boost Fertility after Miscarriage
    register-docotr