Kehamilan

Jangan Asal Pilih, Yuk Ketahui Tips Memilih Dokter Kandungan Berikut Ini

January 16, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Memilih dokter kandungan selama masa kehamilan perlu dilakukan, terutama jika memiliki masalah dengan sistem pencernaan, perdarahan, atau kram hebat.

Seorang dokter kandungan kerap disebut sebagai dokter spesialis obstetri dan ginekologi (Obgyn). Nah, untuk mengetahui lebih lanjut cara memilih dokter kandungan yang tepat yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Bolehkah Anak Mengonsumsi Makanan Pedas dan Asam? Simak Dulu Faktanya!

Bagaimana cara memiliki dokter kandungan yang tepat?

Dilansir dari Momjunction.com, dokter kandungan atau ginekolog memainkan peran penting dalam kehidupan seorang wanita, terutama saat sedang hamil. Namun, banyak wanita kesulitan untuk menemukan ginekolog yang tepat.

Perlu diketahui, American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan agar wanita muda menemui ginekolog untuk pertama kalinya di usia antara 13 dan 15 tahun. Hal ini dikarenakan, ginekolog akan bertanggung jawab atas perawatan reproduksi.

Mendiskusikan masalah kesehatan reproduksi wanita merupakan hal intim sehingga harus menemui dokter berpengalaman dan dapat dipercaya. Untuk itu, berikut beberapa tips memilih dokter kandungan yang perlu kamu ketahui:

Mencari banyak referensi

Cara memilih dokter kandungan yang tepat salah satunya adalah dengan mencari referensi sebanyak mungkin. Untuk memulainya, tanyakan kepada dokter perawatan primer agar mendapatkan daftar rujukan.

Selain itu, keluarga, teman, dan penyedia layanan kesehatan lainnya juga bisa menjadi sumber untuk mendapatkan rekomendasi. Carilah dokter yang memiliki reputasi baik dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti pengalaman, keterampilan, dan sikap. 

Cari tahu pengalaman dokter

Ketika kamu menghadapi kehamilan berisiko tinggi atau masalah ginekologi yang kompleks, mencari dokter berpengalaman sangatlah penting. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki oleh seorang dokter, maka semakin baik kemungkinan hasil kesembuhan. 

Sebelum memilih, kamu juga bisa menanyakan berapa banyak pasien yang sudah dirawat oleh dokter. Jika kamu memerlukan prosedur tertentu, maka tanyakan berapa banyak prosedur yang telah dilakukan dan cari tahu tentang tingkat risiko komplikasi.

Pertimbangkan gender

Cara memilih dokter kandungan yang tepat adalah dengan mempertimbangkan gender. Hal ini diperlukan karena kamu harus merasa nyaman ketika mendiskusikan informasi pribadi secara terbuka dengan dokter.

Pikirkan apakah memilih dokter kandungan sesuai gender penting bagi kamu sebelum pemeriksaan dimulai. Jika masih canggung dan ragu, ada baiknya untuk memilih dokter dengan gender yang sama. 

Memiliki sikap yang baik

Seorang dokter dengan sikap singkat dan meremehkan mungkin akan membuat kamu kehilangan kepercayaan diri. Karena itu, mungkin kamu harus mencari dokter yang akan mendengarkan dan menghormati perkataan atau keputusan.

Dokter kandungan profesional tidak akan memerintah atau mengabaikan pasiennya. Jika pasien dan dokter terlibat dalam komunikasi dua arah yang terbuka maka proses pemeriksaan akan berjalan dengan nyaman.

Menerima asuransi

Biaya merupakan pertimbangan penting saat memilih dokter mana pun. Jika dokter kandungan berada di luar jaringan, maka kamu harus membayar sendiri untuk segala perawatan.

Karena itu, pastikan untuk memeriksa apakah dokter kandungan dapat menerima asuransi atau tidak. Dokter yang menerima asuransi akan membantu kamu dalam menekan biaya selama perawatan.

Berafiliasi dengan rumah sakit

Rumah sakit ginekolog merupakan tempat yang akan kamu kunjungi untuk tes atau perawatan apapun terkait dengan kesehatan reproduksi atau proses persalinan. Karena itu, pastikan mencari rumah sakit yang berafiliasi dengan dokter untuk mempertahankan standar kualitas.

The Agency for Healthcare and Quality merekomendasikan bahwa saat mengevaluasi rumah sakit maka beberapa hal harus diperiksa, seperti persentase pasien yang mengalami komplikasi, angka kematian, dan ulasan pasien.

Pertimbangkan juga lokasi rumah sakit ketika memilih dokter kandungan. Jika kamu memiliki kondisi kronis, maka mungkin harus mengunjunginya secara teratur. Perjalanan yang panjang dapat mengganggu dalam mendapatkan perawatan dan tindak lanjut yang dibutuhkan.

Baca juga: Perubahan pada Warna Lidah, Yuk Ketahui Penyebab dan Penanganannya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Beingtheparent.com, diakses 6 Januari 2021. Who Is Your Dr. Right: 12 Tips to Choose the Right Gynecologist
  2. Healthline (2020), diakses 6 Januari 2021. 8 Things to Look for When Searching for a Gynecologist
  3. Momjunction.com (2019), diakses 6 Januari 2021. 7 Tips To Help You Choose The Right Gynecologist
    register-docotr