Kehamilan

Hasil Testpack Samar, Apakah Menandakan Hamil?

February 14, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Hasil testpack samar sering kali terjadi dan membingungkan beberapa wanita. Banyak wanita mengulangi tes kehamilan di rumah lebih dari sekali dan kemudian menjadi khawatir jika hasilnya berubah menjadi positif lemah.

Beberapa tes kehamilan bisa lebih sensitif daripada yang lain, tetapi terkadang hanya muncul dengan samar. Nah, untuk mengetahui arti dari hasil testpack samar, yuk, simak penjelasan lebih lanjut berikut.

Baca juga: Keguguran Tanpa Disadari: Penyebab dan Gejala yang Perlu Diketahui

Apa maksud dari hasil testpack samar?

Dilansir Healthline, tidak mengalami menstruasi adalah salah satu pertanda bahwa kamu mungkin hamil. Pada beberapa tes kehamilan di rumah, satu baris berarti negatif dan dua garis berarti positif. Namun, bagaimana jika garis positif samar muncul? Berikut beberapa penjelasannya.

Hasil testpack samar menandakan hamil

Jika kamu melakukan tes kehamilan di rumah dan hasil testpack samar, maka ada kemungkinan hamil. Beberapa wanita melihat garis positif yang dapat dibedakan dengan jelas setelah melakukan tes di rumah. Namun, dalam kasus lain, garis positif tampak memudar.

Dalam kasus ini, hasil positif samar dapat disebabkan oleh rendahnya kadar hormon kehamilan human chorionic gonadotropin atau hCG. Segera setelah hamil, tubuh akan mulai memproduksi hCG. Tingkat hormon meningkat seiring perkembangan kehamilan.

Tes kehamilan di rumah dirancang untuk mendeteksi hormon jenis ini. Jika hCG ada di dalam urine, maka akan mendapatkan hasil tes yang positif. Penting untuk diperhatikan bahwa semakin banyak hCG di sistem, maka akan semakin mudah melihat dan membaca hasil testpack.

Meskipun hCG ada dalam urine, tingkat hormon yang lebih rendah bisa menghasilkan tes kehamilan positif dengan garis samar. Wanita-wanita ini sedang hamil, tetapi usia kehamilan tidak terlalu lama.

Hasil testpack samar menandakan tidak hamil 

Melakukan tes kehamilan di rumah dan mendapatkan hasil positif samar tidak selalu berarti hamil. Terkadang, yang tampak sebagai garis positif sebenarnya adalah garis penguapan. Garis yang menyesatkan ini dapat muncul di jendela hasil saat urine menguap dari alat test pack.

Jika garis penguapan samar muncul pada tes kehamilan di rumah, kamu mungkin salah mengira bahwa itu merupakan tanda kehamilan. Sulit untuk menentukan apakah garis samar adalah hasil positif atau garis penguapan.

Perbedaaan utamanya adalah garis penguapan muncul di jendela pengujian beberapa menit setelah waktu yang disarankan untuk memeriksa hasil testpack. Karena itu, apabila melakukan tes kehamilan di rumah maka penting untuk membaca dan mengikuti petunjuknya dengan cermat.

Saat kamu merasa kebingungan tentang apakah garis samar adalah garis positif atau garis penguapan, ulangi pengujian. Hal lain yang juga dapat membantu untuk melakukan tes kehamilan di rumah adalah lakukan di pagi hari. 

Keguguran dini

Sayangnya, hasil testpack samar juga bisa menjadi tanda keguguran yang sangat dini. Terkadang, kondisi ini disebut dengan kehamilan kimiawi yang terjadi dalam 12 minggu pertama atau seringkali jauh lebih awal.

Ketika kamu melakukan tes kehamilan di rumah setelah keguguran, hasil testpack samar mungkin akan didapatkan. Hal ini disebabkan tubuh mungkin memiliki sisa hormon kehamilan dalam sistemnya.

Wanita yang keguguran dini mungkin mengalami perdarahan yang menyerupai siklus menstruasi dan kram ringan. Perdarahan dapat terjadi sekitar waktu kamu mengharapkan menstruasi berikutnya sehingga tak jarang banyak yang tidak mengetahui tentang keguguran dini. 

Keguguran dini tidak jarang terjadi dan dialami pada sekitar 50 hingga 75 persen dari semua keguguran. Keguguran ini sering terjadi karena kelainan pada sel telur yang telah dibuahi.

Kabar baiknya, wanita yang mengalami keguguran sangat dini belum tentu mengalami masalah hamil di kemudian hari.

Kapan harus mengunjungi dokter?

Seseorang harus selalu menghubungi dokter untuk bertanya tentang tes kehamilan positif samar atau jika khawatir mengenai kemungkinan keguguran. Tes urine atau darah selalu dapat dilakukan di ruang praktik dokter.

Jika sedang mengonsumsi obat yang mengandung hCG sebagai bahan aktifnya, akan lebih baik jika melakukan tes kehamilan di dokter daripada di rumah. Terkadang, orang bisa mengalami perdarahan vagina setelah mendapatkan hasil testpack samar. 

Perdarahan yang ringan atau mirip menstruasi harus menghubungi dokter. Apabila perdarahan sangat berat, biasanya kamu akan disarankan pergi ke ruang gawat darurat agar dokter dapat melakukan evaluasi.

Baca juga: Olahraga untuk Ibu Hamil: Pilihan Latihan yang Boleh dan Tak Dianjurkan

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Very Well Family (2019), diakses 9 Februari 2021. Interpreting Faint Lines on a Pregnancy Test
  2. What to Expect  (2020), diakses 9 Februari 2021. Does a Faint Line on a Pregnancy Test Mean It’s Positive or Negative?
  3. Medical News Today (2018), diakses 9 Februari 2021. Does a faint positive line mean you are pregnant?
  4. Healthline (2016), diakses 9 Februari 2021. Faint Positive Home Pregnancy Test: Am I Pregnant?
    register-docotr