Kesehatan Seksual

6 Posisi Seks yang Ampuh Bakar Kalori untuk Morning Sex, Apa Saja?

February 13, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Olahraga adalah salah satu cara untuk membantu dalam proses pembakaran kalori. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa berhubungan seksual juga dapat membantu untuk membakar kalori? Ya, hal tersebut dapat membantu.

Meskipun demikan, ada beberapa posisi seks yang paling ampuh untuk membakar kalori, apa saja?

Baca juga: Ketahui Tips agar Suami Istri Bisa Orgasme secara Bersamaan

Posisi hubungan seks yang ampuh untuk membakar kalori

Melansir laman The Healthy, sebuah penelitian menyebutkan berhubungan seks selama 25 menit dapat membakar 100 kalori pada pria dan 69 kalori pada wanita. Ini dapat disebabkan karena pria memiliki berat lebih dibandingkan dengan wanita.

Oleh karena itu, pengeluaran energi pada pria akan lebih tinggi. Meskipun demikian, pembakaran kalori juga dapat ditingkatkan dengan melakukan posisi seks berikut ini:

1. Missionary

Posisi hubungan seks pertama yang ampuh untuk membakar kalori yakni gaya missionary atau misionaris. Posisi ini dapat membakar sekitar 143 kalori pada pria dan sekitar 44 kalori pada wanita.

Dalam gerakan ini, dibutuhkan stabilitas inti dan kerja tubuh bagian atas. Maka dari itu, ini juga bisa melatih otot perut.

Jika wanita yang berada di posisi bawah ingin membakar lebih banyak kalori, seorang wanita dapat mendorong ke belakang ketika pasangannya mendorong ke arahnya. Ini membutuhkan banyak tenaga dan proses pembakaran kalori akan dimulai.

Selain itu, wanita juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dengan melakukan missionary hip dips, yakni dengan mengangkat pinggul ke atas dan ke depan. Sebab, ini dapat melibatkan otot inti dan memperkuat otot perut.

Pada gilirannya, posisi tersebut dapat membantu untuk membakar lebih banyak kalori, yakni sekitar 102 kalori.

2. Doggy Style

Doggy style memungkinkan untuk membakar sekitar 98 kalori pada wanita. Posisi ini juga membantu untuk melatih otot gluteus (otot bokong) dan otot quadriceps (otot besar yang berada di bagian depan paha).

Untuk membakar lebih banyak kalori, wanita dapat berpegangan pada dinding, ini dapat meningkatkan pembakaran kalori menjadi 118 kalori. Di sisi lain, memegang dinding juga dapat melatih otot bahu, biseps, dan triseps.

Sedangkan bagi pria, posisi ini dapat membantu membakar sekitar 151 kalori.

3. Legs up

Legs up merupakan posisi seks selanjutnya yang dapat membakar kalori. Bahkan, pada wanita posisi ini dapat membakar sebanyak 116 kalori. Sedangkan, pada pria posisi legs up bisa membakar 127 kalori.

Posisi ini dapat memungkinkan peregangan pada otot kaki, seperti paha depan, belakang, dan kaki.

4. Cowgirl

Posisi cowgirl dapat membakar sebesar 122 kalori pada wanita. Akan tetapi, bagi pria yang berada di posisi bawah, ini membakar 0 kalori.

Charlene Ciardiello, seorang CEO dari program kebugaran Shut Up and Move menyarankan untuk meregangkan otot perut bagian bawah dan panggul untuk melatih otot perut ketika wanita berada di posisi atas.

Lebih lanjut untuk membakar lebih banyak kalori, ia juga menyarankan wanita untuk menambahkan sedikit gerakan pinggul. Caranya dengan mengangkat pinggul ke atas dan ke bawah. Gerakan tersebut dapat meningkatkan detak jantung dan membakar sebanyak 172 kalori.

Baca juga: Agar Pengantin Baru Cepat Hamil, Yuk Ikuti 5 Cara Membuat Anak Berikut Ini!

5. Spooning

Pada wanita, posisi spooning dapat membantu untuk membakar sekitar 103 kalori. Berbeda dengan wanita, posisi ini dapat membantu membakar sebesar 113 kalori pada pria.

Mempercepat tempo dengan melakukan gerakan pinggul dapat membakar lebih banyak kalori dan menambah daya tahan otot. Dengan melakukan hal tersebut, seorang wanita dapat membakar 153 kalori lebih banyak, dan pria dapat membakar sebesar 173 kalori.

6. Standing

Posisi hubungan seks yang dapat membakar kalori selanjutnya adalah posisi standing. Melansir laman Dailymail, posisi standing dapat membantu membakar sebanyak 343 kalori. Ini merupakan jumlah pembakaran kalori keseluruhan bagi pria dan wanita.

Tips membakar kalori lebih banyak saat berhubungan seks

Dilansir Healthline, berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan jumlah kalori yang dibakar:

1. Melakukan seks dengan durasi lebih lama

Jika kamu ingin membakar lebih banyak kalori, kamu dapat melakukan hubungan seks untuk waktu yang lebih lama dibandingkan biasanya.

2. Cobalah posisi yang berbeda

Untuk wanita yang memiliki berat badan sekitar 63 kg dan pria yang memiliki berat sekitar 86 kg, posisi missionary selama 10 menit bagi wanita dapat membakar sekitar 14 kalori. Sedangkan, pada pria posisi ini dapat membakar 47 kalori.

Pada posisi standing, seorang wanita dapat membakar sebanyak 30 kalori dan pria dapat membakar sebanyak 51 kalori dalam waktu 10 menit.

Demikian ulasan tentang posisi seks yang paling ampuh bakar kalori. Sesuaikan dengan kenyamananmu juga, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Dailymail.co.uk (2019). Diakses pada 11 Februari 2021. Sexercise! Research reveals how many calories different positions burn – with standing up landing first place at 350 calories and ‘lazy’ spooning ranking last 

Healthline (2019). Diakses pada 11 Februari 2021. How Many Calories Does Sex Burn? 

The Healthy (2021). Diakses pada 11 Februari 2021. This Is Exactly How Many Calories You Could Burn by Having Sex 

The Cut (2018). Diakses pada 11 Februari 2021. How Many Calories Does Sex Burn? 

    register-docotr