Kesehatan Seksual

Agar Pengantin Baru Cepat Hamil, Yuk Ikuti 5 Cara Membuat Anak Berikut Ini!

January 12, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Hampir semua orang tahu bahwa seks merupakan salah satu cara membuat anak yang paling efektif. Dengan seks, sperma yang dilepaskan dari penis pria akan masuk ke dalam vagina lalu bertemu dengan sel telur di saluran tuba.

Untuk mengoptimalkan proses tersebut, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam berhubungan seks sebagai cara membuat anak. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Panduan seks sebagai cara membuat anak

Ada banyak hal yang harus diperhatikan para pasangan dalam melakukan seks sebagai cara membuat anak. Mulai dari waktu, frekuensi, posisi atau gaya bercinta, hingga penggunaan pelumas tambahan.

1. Waktu yang tepat berhubungan seks

Waktu terbaik untuk melakukan seks agar cepat hamil adalah pada saat wanita memasuki masa suburnya, termasuk beberapa hari sebelum proses ovulasi berlangsung.

Mengutip Healthline, dua hari jelang ovulasi dan hari H ovulasi adalah waktu terbaik yang memiliki kemungkinan tertinggi untuk terjadi pembuahan. Selama ovulasi, ovarium akan melepaskan sel telur yang matang, melaju ke rahim melalui tuba fallopi untuk dibuahi.

Di jalur tersebut, jika ada sperma yang masuk, maka peluang terjadinya kehamilan menjadi lebih tinggi. Perlu diketahui, proses pembuahan hanya bisa berlangsung ketika sperma berhasil menembus dan masuk ke dalam sel telur wanita.

Masa subur setiap wanita bisa berbeda. Kamu dapat menghitungnya dari permulaan dan akhir siklus haid. Jika bingung, sudah banyak aplikasi di smartphone yang bisa membantumu dalam menemukan masa subur.

Baca juga: Seks Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak dan Pulas, Benarkah?

2. Perhatikan frekuensi seks

Cara membuat anak dengan seks perlu memerhatikan seberapa sering kamu dan pasangan berhubungan intim. Ini akan memengaruhi keberadaan sperma di dalam rahim.

Banyak pasangan memutuskan untuk berhubungan seks sesering mungkin agar cepat hamil. Padahal, anggapan itu justru dapat menyulitkan proses pembuahan. Sperma yang dikeluarkan (dari ejakulasi) terlalu sering dapat mengalami penurunan kualitas.

Menurut penelitian, frekuensi yang baik dalam berhubungan seks agar cepat mendapat momongan adalah dua atau tiga hari sekali.

Sperma sendiri bisa hidup hingga lima hari di dalam uterus wanita setelah dikeluarkan dari proses ejakulasi.

3. Cara membuat anak dengan gaya seks tertentu

Selama ini, sebagian orang percaya bahwa posisi atau gaya tertentu dalam berhubungan seks bisa meningkatkan peluang kehamilan. Posisi misionaris (pria di atas) dan doggie (pria di belakang) misalnya, memungkinkan penetrasi lebih dalam dan membawa sperma lebih dekat dekat serviks.

Sebenarnya, dengan gaya apa pun, peluang kehamilan itu tetap ada. Saat ratusan juta sperma dilepaskan dari setiap orgasme pria tanpa kondom pada vagina, wanita selalu mempunyai potensi untuk dibuahi.

Sperma adalah perenang yang andal. Setelah memasuki vagina, sperma bisa mencapai serviks hanya dalam waktu 15 menit. Ini tak peduli dari posisi dan gaya bercinta yang diterapkan.

Baca juga: 7 Posisi Hubungan Seks Ini Bisa Memperbesar Peluang Kehamilan Lho!

4. Jangan gunakan pelumas tambahan

Sebagai cara membuat anak yang efektif, banyak orang terlalu bersemangat untuk melakukan seks, termasuk menambahkan pelumas. Padahal, pelumas tambahan bisa menurunkan potensi pembuahan, lho.

Menurut sebuah penelitian, pelumas berbahan dasar air dapat mengurangi pergerakan dan kelincahan sperma mencapai 60 hingga 100 persen. Meski tidak memengaruhi kesuburan wanita, pelumas bisa memperlama sperma untuk mencapai sel telur.

5. Istirahat sejenak setelah seks

Sebagian wanita memutuskan berbaring di tempat tidur sambil mengangkat kaki setelah berhubungan seks. Tujuannya, agar sperma bisa lebih cepat mencapai sel telur. Padahal, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Menurut James Goldfarb, direktur layanan infertilitas Cleveland Clinic, seperti dikutip dari WebMD, wanita yang telah berhubungan seks tak perlu mengangkat kakinya, melainkan cukup istirahatkan diri 10 hingga 15 menit. Sperma akan masuk dengan sendirinya ke bagian serviks.

Nah, itulah beberapa tips dan panduan melakukan hubungan seks sebagai cara membuat anak agar cepat mendapat momongan. Imbangi juga dengan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi dan olahraga rutin, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. WebMD, diakses 30 Desember 2020, 7 Tips for Getting Pregnant Faster.
  2. Healthline, diakses 30 Desember 2020, Babymaking 101: Ways to Get Pregnant Faster.

    Berita Terkait
    register-docotr