Kesehatan Seksual

Ketahui Tips agar Suami Istri Bisa Orgasme secara Bersamaan

February 9, 2021 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Mencapai orgasme bersamaan dengan pasangan adalah kepuasan sendiri dalam berhubungan seks. Namun, kenyataannya, orgasme bersamaan adalah hal yang tidak mudah dilakukan. 

Meski begitu, orgasme bersamaan tetap menjadi hal yang didambakan banyak pasangan suami istri. Pasalnya, orgasme bersama ini dapat meningkatkan keintiman hubungan lebih jauh. Bila kamu dan pasangan menginginkan orgasme bersamaan, ketahui tipsnya di bawah ini. 

Baca juga: Benarkah Akar Maca Bisa Tingkatkan Libido & Kesuburan? Ini Penjelasannya

Fakta di balik orgasme 

Orgasme biasanya terjadi ketika seseorang berhasil mencapai puncak gairah seksual. Orgasme bisa ditandai dengan timbulnya perasaan yang sangat intens dan menyenangkan di alat kelamin dan di seluruh tubuh.

Otot-otot di alat kelamin, vagina maupun penis dapat berkontraksi. Selain itu, detak jantung dan frekwensi pernapasan akan meningkat. 

Namun, setiap orang memiliki durasi maupun cara mencapai orgasme yang berbeda. Dalam buku yang berjudul Orgasmic Bodies: The Orgasm in Contemporary Western Culture, pada dasarnya lelaki akan mencapai klimaks atau orgasme lebih cepat daripada perempuan. 

Meski punya kebutuhan waktu yang berbeda untuk mencapai orgasme, nyatanya orgasme bersamaan antara lelaki dan perempuan tetap bisa terjadi.

Dalam istilah sains, orgasme ini dinamakan orgasme simultan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar orgasme bisa terjadi bersamaan. 

Tips agar orgasme tercapai bisa bersamaan 

Dilansir dari Herworld, Dr Martha Lee seksolog klinis sekaligus pendiri Eros Coaching, perusahaan pembinaan yang menyediakan layanan pembinaan dan konseling tentang seksualitas dan keintiman pun punya tips untuk pasangan suami istri agar bisa mendapatkan klimaks bersama.

Berikut adalah tips yang bisa kamu coba bersama pasangan:

Bangun komunikasi yang terbuka

Saat berhubungan seks, buatlah beberapa isyarat dengan pasangan. Isyarat ini dapat berupa genggaman tangan, anggukan kepala, atau ekspresi wajah. Dengan memberi isyarat, kamu dan pasangan bisa saling memberitahu kapan harus menahan orgasme agar orgasme bisa berlangsung bersama. 

Mendengar, melihat, dan merasakan gairah pasangan juga sebenarnya dapat membantu memicu orgasme. Aktivitas seks tersebut dapat membuat kamu atau pasangan lebih mudah untuk mencapai klimaks pada saat yang bersamaan.

Mencoba posisi woman on top

Posisi woman on top memungkinkan perempuan lebih mudah meraih klitoris selama berhubungan seks. Dengan posisi ini, wanita juga bisa mengatur kecepatan dan ritme selama berhubungan seks agar orgasme bisa diraih bersama. 

Stimulasi dengan cara lain

Orgasme juga bisa dicapai melalui stimulasi manual atau oral. Untuk itu, cobalah posisi 69. Posisi ini memungkinkan mulut kamu dan pasangan bisa saling berinteraksi dengan vagina atau penis.

Posisi dapat menstimulasi pria maupun wanita untuk mencapai orgasme. Di samping itu, posisi ini dapat menjadi tahap pemanasan sebelum penetrasi. 

Gunakan musik saat bercinta 

Musik ternyata memiliki pengaruh yang kuat pada emosi dan dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengekspresikan seksualitas saat bercinta. 

Cobalah musik yang menghasilkan ritme yang jelas dan menstimulasi kamu serta pasangan untuk terus bergerak dengan kecepatan yang sama.

Suasana yang penuh kasih, romantis, dan tidak terburu-buru biasanya membuat pasangan baik perempuan maupun lelaki lebih mudah mencapai orgasme. 

Baca juga: Kontrasepsi Darurat, Ampuh Cegah Hamil Usai Berhubungan Sex!

Orgasme bersama tidak bisa dipaksakan 

Perlu diingat, orgasme simultan adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Bila terus dipaksakan, kamu dan pasangan bisa merasa kecewa karena sulit mendapatkannya. 

Dampaknya, kamu dan pasangan bisa mengalami gangguan fisik maupun mental akibat masalah orgasme dalam berhubungan seksual. 

“Orgasme terkadang seperti refleks, orgasme tidak dapat dikehendaki atau dipaksa untuk terjadi. Berfokus terlalu keras pada orgasme atau ‘mencoba’ untuk mengalami orgasme seringkali membuatnya lebih sulit dipahami,” jelas Erica Marchand terapis seks asal Los Angeles.

Di samping itu, Hannah Nobel, terapis bagian dari Central Oregon Sex Counseling juga mengingatkan kalau orgasme simultan tidak perlu dibatasi hanya pada seks penetrasi. 

“Cara yang jauh lebih mudah bagi banyak orang untuk mencapai orgasme secara bersamaan adalah melakukannya secara manual atau melalui masturbasi bersama. Kemudian berkomunikasi dengan pasangan tentang seberapa dekat sensasi orgasme akan datang.,” jelasnya.

Dengan masturbasi bersama, kamu dan pasangan juga bisa meraih orgasme bersama. Sehingga orgasme bersama tidak bisa dibatasi hanya pada penetrasi saja.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini

Reference
    register-docotr