Kesehatan Seksual

Benarkah Akar Maca Bisa Tingkatkan Libido & Kesuburan? Ini Penjelasannya

January 28, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selain menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi, sebagian orang menaruh harapan pada produk herbal untuk mendapat pengalaman seks yang memuaskan. Akar maca adalah salah satu bahan alami yang dipercaya banyak orang bisa meningkatkan gairah seks atau libido.

Bahkan, tanaman itu juga diklaim dapat membantu meningkatkan kesuburan. Benarkah demikian? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Baca juga: 5 Olahraga yang Bisa Tingkatkan Stamina Seksual, Apa Saja?

Sekilas tentang maca

Maca adalah tanaman dengan nama ilmiah Lepidium meyenii, masih memiliki kekerabatan dengan brokoli, kembang kol, kubis, dan kangkung. Tanaman ini juga dikenal dengan ginseng peru, karena banyak ditemukan dan tumbuh subur di Andes, salah satu wilayah di Peru.

Bagian utama dari maca yang dapat dimakan adalah akarnya. Akar maca sendiri memiliki warna yang berbeda dari setiap jenis, mulai putih hingga hitam.

Sebelum dikonsumsi, akar maca biasanya dikeringkan lalu dijadikan bubuk. Akar maca yang alami memiliki rasa seperti tanah dengan sedikit sensasi pedas. Inilah yang membuat produsen lebih suka mengolahnya menjadi kapsul atau ekstrak cair.

Akar maca merupakan salah satu sumber terbaik dari banyak nutrisi penting. Satu ons bubuk akar maca mempunyai kandungan sebagai berikut:

  • Kalori: 91 kkal
  • Karbohidrat: 20 gram
  • Protein: 4 gram
  • Serat: 2 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Vitamin C: 133 persen dari total kebutuhan harian
  • Tembaga: 85 persen dari total kebutuhan harian
  • Zat besi: 23 persen dari total kebutuhan harian
  • Kalium: 16 persen dari total kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 15 persen dari total kebutuhan harian
  • Mangan: 10 persen dari total kebutuhan harian

Selain itu, sama seperti kebanyakan tanaman, akar maca juga memiliki antioksidan alami berupa glukosinolat dan polifenol.

Khasiat akar maca untuk libido dan kesuburan

Akar maca sering dijadikan bahan alami untuk meningkatkan gairah seksual. Bagi yang ingin mendapat momongan, tanaman herbal tersebut juga dipercaya bisa meningkatkan kesuburan.

1. Meningkatkan gairah seksual

Gairah seks atau libido adalah hal penting yang harus dimiliki sebelum berhubungan intim. Akar maca bisa membantumu untuk meningkatkan dan menjaga libido tersebut. Anggapan itu bukan isapan jempol belaka, karena sudah dibuktikan oleh banyak penelitian.

Sebuah riset oleh para ilmuwan di Korea misalnya, membuktikan bahwa konsumsi akar maca secara rutin selama enam minggu bisa membantu meningkatkan hasrat seksual. Hasil itu didapatkan setelah empat kali studi klinis acak yang melibatkan 131 peserta.

Penelitian lain juga mengungkapkan, pria yang mengonsumsi 1,5 hingga 3 gram akar maca per hari bisa memiliki libido lebih tinggi. Efek tersebut tak lepas dari berbagai kandungan yang dimiliki, terutama zat besi.

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk membawa oksigen (melalui darah) ke berbagai sel dan jaringan. Jika kadarnya rendah, itu bisa berpengaruh pada banyak aspek, termasuk sex drive atau dorongan seksual. Nutrisi yang sama juga dapat meningkatkan kadar testosteron, hormon seks pada pria.

2. Meningkatkan kesuburan

Penyebab paling umum dari infertilitas adalah adanya sesuatu yang tidak beres pada sperma. Meski, bisa saja kondisi serupa juga dipicu oleh faktor yang ada di dalam vagina. Dari banyaknya kasus infertilitas dalam kehidupan berumah tangga, sepertiga di antaranya terjadi pada pria.

Ada banyak penelitian yang telah membuktikan khasiat akar maca untuk meningkatkan kesuburan. Studi pada 2016 misalnya, menemukan fakta bahwa akar maca bisa menjaga kualitas dan kuantitas sperma.

Riset lainnya juga memaparkan, mengonsumsi akar maca secara rutin selama empat bulan bisa meningkatkan jumlah produksi sperma, volume, dan motilitas atau pergerakannya. Semakin cepat sperma bertemu sel telur, maka potensi pembuahan menjadi lebih tinggi.

Baca juga: Stres dan Pengaruh Obat: 7 Penyebab Libido Turun pada Pria dan Wanita

Manfaat lain akar maca untuk gangguan seksual

Selain untuk libido dan kesuburan, akar maca cukup efektif untuk kamu atau pasangan yang mengalami gangguan seksual tertentu, misalnya disfungsi ereksi. Kondisi tersebut disebabkan oleh rendahnya pasokan darah yang masuk ke dalam penis.

Nutrisi pada akar maca seperti zat besi bisa mengoptimalkan aliran darah, termasuk ke penis. Berdasarkan sebuah riset di Italia, konsumsi 2,4 gram akar maca per hari selama 12 minggu dapat membantu menyembuhkan impotensi secara bertahap.

Selain disfungsi ereksi, banyak pria juga mengeluh tak bisa menuntaskan urusan ranjangnya karena performa yang buruk. Akar maca bisa menjadi solusinya. Dikutip dari Healthline, akar maca dapat meningkatkan serta mempertahankan stamina dan energi, termasuk dalam urusan seksual.

Nah, itulah ulasan tentang beberapa khasiat akar maca untuk urusan seks dan kesuburan yang perlu kamu tahu. Untuk mendapat hasil maksimal, imbangi juga dengan olahraga dan pola hidup sehat, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 27 Januari 2021, 9 Benefits of Maca Root (and Potential Side Effects).
  2. Medical News Today, diakses 27 Januari 2021, What are the benefits of maca root?
  3. Wiley Online Library, diakses 27 Januari 2021, Subjective effects of Lepidium meyenii (Maca) extract on well‐being and sexual performances in patients with mild erectile dysfunction: a randomised, double‐blind clinical trial.
  4. Wiley Online Library, diakses 27 Januari 2021, Effect of Lepidium meyenii (MACA) on sexual desire and its absent relationship with serum testosterone levels in adult healthy men.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 27 Januari 2021, How common is infertility?
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 27 Januari 2021, The use of maca (Lepidium meyenii) to improve semen quality: A systematic review.
  7. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 27 Januari 2021, Lepidium meyenii (Maca) improved semen parameters in adult men.
  8. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 27 Januari 2021, Maca (L. meyenii) for improving sexual function: a systematic review.

    register-docotr