Kulit & Perawatan Tubuh

7 Cara Memutihkan Leher Hitam agar Tak Belang Lagi

January 28, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Banyak wanita memanjakan wajahnya dengan berbagai produk kecantikan terbaik. Tapi entah kenapa, mereka sering lupa menerapkan cara memutihkan leher hitam yang sebenarnya cukup mengganggu penampilan.

Padahal merawat kulit leher bisa dilakukan dengan mudah dan tidak semahal perawatan wajah pada umumnya.

Nah, mulai saat ini mari perhatikan kondisi kesehatan kulit leher agar tidak hitam dan menurunkan rasa percaya diri.

Baca juga: Ingin Minum Pil KB untuk Mengobati Jerawat? Cek Dulu 5 Fakta Ini

Penyebab leher berwarna hitam

Dilansir dari Medicalnewstoday, pada dasarnya kulit di leher memang rentan menjadi gelap. Penyebabnya bisa akibat hormon, paparan sinar matahari, atau kondisi lain seperti:

Acanthosis nigricans

Ini adalah gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan kulit leher menjadi gelap dan tebal. Penderitanya juga akan merasa bahwa kulit lehernya memiliki tekstur mirip beludru.

Kondisi ini dapat muncul secara tiba-tiba, tetapi tidak menular dan tidak membahayakan kesehatan seseorang. Orang yang mengalami obesitas dan penderita diabetes, berisiko lebih besar terkena gangguan kulit ini.

Dermatitis neglecta

Ini terjadi ketika sel kulit mati, minyak, keringat, dan bakteri menumpuk di kulit sampai mengubah warnanya.

Adapun leher, menjadi tempat umum berkembangnya dermatitis neglecta, karena saat dibersihkan rentan tidak mendapat sabun, air, dan gesekan yang optimal untuk menghilangkan sel kulit berlebih.

Kadar insulin darah tinggi

Seseorang dengan tingkat insulin tinggi yang kronis, dapat mengalami area hiperpigmentasi di leher, terutama di bagian belakangnya. Kejadian ini umum terjadi pada wanita yang menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Tinea versikolor

Ini adalah infeksi jamur Mallassezia furfur yang secara alami ada di kulit. Jika tumbuh terlalu banyak, jamur tersebut akan menyebabkan bercak hitam di leher, punggung, dada, dan lengan.

Baca juga: Mengenali Beda Ruam Kulit Biasa dengan Gejala COVID-19

Cara memutihkan leher hitam secara medis

Dalam beberapa kasus, perubahan warna dapat hilang saat kondisi dasar yang menyebabkannya diobati. Adapun beberapa perawatan untuk setiap kondisi di atas mungkin termasuk:

Cara memutihkan leher hitam akibat acanthosis nigricans

Meskipun ada krim dan scrub pencerah kulit bisa mengurangi penggelapan kulit yang terkait dengan acanthosis nigricans, ini biasanya tidak efektif.

Kamu harus mengatasi penyebab yang mendasari kondisi ini, seperti mengelola kadar gula darah dan menurunkan berat badan.

Akibat dermatitis neglectans

Menggosok dengan sabun dan air sering kali dapat mengurangi munculnya leher hitam akibat dermatitis neglectans. Kamu juga bisa merendam leher dalam bak mandi, atau mengompres panas untuk menghilangkan kotoran leher yang membandel.

Cara memutihkan leher hitam karena kadar insulin tinggi

Dilansir dari Healthline, sebagian besar kasus leher hitam yang disebabkan oleh resistensi insulin, dapat diatasi dengan penurunan berat badan secara sehat.

Akibat tinea versicolor

Seorang dokter biasanya akan mengobati infeksi jamur dengan salep antijamur yang bisa dioleskan ke kulit. Kasus yang parah mungkin memerlukan obat antijamur oral.

Cara memutihkan leher hitam ala rumahan

Jika kondisi leher hitam yang kamu alami tidak memerlukan penanganan medis, kamu bisa mencoba beberapa tips alami berikut untuk mengatasinya.

Soda kue

Bahan membuat kue ini sangat baik untuk menyembuhkan leher hitam secara alami. Ini dikarenakan soda kue dapat berperan sebagai pengelupas dan membantu membersihkan sel-sel kulit mati.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya memerlukan 3 sendok teh soda kue dan 1 cangkir air.

Buat pasta dari campuran keduanya, lalu oleskan di leher secara merata, dan bilas setelah 10 menit. Hasil terbaik akan terlihat jika treatment ini dilakukan setidaknya dua kali seminggu.

Memutihkan leher hitam dengan kulit jeruk

Kaya akan vitamin C, kulit jeruk merupakan kunci penting untuk menghilangkan leher gelap secara rumahan. Bahan yang kamu perlukan adalah 1 lembar kulit jeruk, dan secangkir susu.

Pertama-tama, jemur kulit jeruk lalu haluskan sampai menjadi bubuk. Campur bubuk tersebut dengan susu, lalu aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada area leher yang menghitam dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

Gandum

Bekerja efektif untuk mengeksfoliasi kulit, gandum juga cocok dipakai untuk mengurangi pigmentasi berlebihan pada kulit leher. Caranya cukup mudah, giling 2 sendok teh gandum, dan haluskan tomat secukupnya.

Campur keduanya hingga menjadi pasta, dan oleskan di area leher lalu biarkan selama 20 menit.

Setelah itu gosok perlahan dan bilas dengan air dingin. Tepuk-tepuk hingga kering dan lembapkan dengan baik. Lakukan ini dua kali seminggu.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Black Neck https://www.healthline.com/health/black-neck#treatment diakses pada 20 Januari 2021

Causes and treatment of a black neck, https://www.medicalnewstoday.com/articles/321767#causes diakses pada 20 Januari 2021

10 Home Remedies for Dark Neck to Make Your Skin Tone Even, https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-10-home-remedies-for-dark-neck-to-make-your-skin-tone-even/ diakses pada 20 Januari 2021

    register-docotr