Jadi Andalan Saat Puasa, Inilah Manfaat Timun Suri yang Perlu Kamu Tahu!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Timun suri merupakan buah yang paling banyak diburu pada saat bulan Ramadhan. Manfaat timun suri yang utama adalah dapat dijadikan sebagai pelepas dahaga.

Buah bertekstur lembut ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat saat berbuka puasa.

Tetapi tahukah kamu bahwa timun suri memiliki manfaat lainnya? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa saja kandungan yang terdapat dalam timun suri?

Timun suri merupakan buah yang termasuk dalam anggota labu-labuan (cucurbitaceae) seperti melon. Timun suri memiliki rasa yang menyegerakan karena buah ini memiliki kandungan air yang tinggi.

Kandungan yang terdpaat dalam timun suri. Sumber foto: https://www.shutterstock.com/

Oleh karena itu tidak salah jika kebanyakan orang saat bulan puasa menjadikan buah ini pilihan untuk berbuka. Tak hanya itu saja, buah ini juga memiliki kalori yang rendah.

Timun suri juga memiliki nutrisi lainnya seperti vitamin K, vitamin A, vitamin C, magnesium, potasium, asam linoleat, dan mengandung sekitar 95% air.

Dengan kandungan yang dimilikinya, mengonsumsi timun suri tentu saja dapat bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Penuhi Asupan Gizi saat Puasa, Ini Makanan Wajib untuk Sahur dan Berbuka

Manfaat timun suri yang perlu kamu tahu

Buah berwarna kuning kehijau-hijauan ini ternyata memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh loh! Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu mengkonsumsi timun suri.

1. Kaya kandungan air untuk mencegah dehidrasi

Memenuhi asupan cairan dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting. Kandungan utama yang terdapat dalam timun suri adalah air.

Komposisi 95% air yang terkandung di dalamnya dapat membuat kamu tetap terhidrasi dengan baik sehingga mencegah terjadinya dehidrasi.

Jika tubuhmu terhidrasi dengan baik, kinerja fisik dan metabolisme dalam tubuh pun juga akan membaik.

Dalam sebuah studi menyatakan bahwa asupan buah dan sayuran dapat memberikan efek pada peningkatan status hidrasi seseorang.

2. Baik untuk kesehatan tulang

Vitamin K yang terkandung di dalam timun suri sangat bagus untuk memelihara kesehatan tulang. Timun suri juga mengandung 19,9 miligram (mg) kalsium.

Orang dewasa umumnya membutuhkan 1.000-1.200 mg kalsium per harinya, tergantung dari jenis kelamin dan usia seseorang.

Tak hanya itu saja, vitamin K juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium yang dapat membuat kesehatan tulang tetap baik. Nah, jika kamu ingin kesehatan tulangmu tetap terjaga, kamu dapat mengkonsumi timun suri.

3. Mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Antioksidan merupakan molekul yang menghambat oksidasi, yakni reaksi kimia yang membentuk atom reaktif dengan elektron yang tidak berpasangan atau yang biasa kita kenal dengan radikal bebas.

Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, paru-paru, serta penyakit yang berhubungan dengan autoimun.

Sayuran dan buah (termasuk timun suri) biasanya kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit kronis.

4. Mengurangi risiko penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakutkan dan paling mematikan. Di dalam timun suri terdapat zat anti kanker, salah satu manfaat yang juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah ini adalah dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker.

Sebagai anggota dari tanaman cucurbitaceae, timun suri memiliki nutrisi yang bernama cucurbitacin. Menurut sebuah artikel dalam International Journal of Health Services, cucurbitacin dapat membantu mencegah kanker dengan cara menghentikan reproduksi sel kanker.

Menurut sebuah studi pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam Jounal of Cancer Research menemukan bahwa suplemen cucurbitacin dapat menghambat pertumuhan sel kanker pankreas sebanyak 50%.

5. Mencegah penyakit jantung

Selain dapat dicegah dengan menjaga pola hidup sehat, salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan mengonsumsi buah ini.

Menurut The American Heart Association (AHA), serat yang terkandung di dalam timun membantu mengelola kolesterol dalam tubuh sehingga mencegah masalah jantung.

Potasium yang terdapat dalam timun suri juga dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. seperti yang diketahui bahwa tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 4.096 mg potasium setiap hari dapat menurunkan penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung iskemik sebesar 37% dan 49%

Persentase tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi 1.793 mg per harinya.

Konsultasikan kondisi kesehatanmu dengan dokter melalui Aplikasi Grab Health. Dokter terpercaya kami akan membantumu selama 24/7.

Healthline (2017). Diakses pada 24 April 2020. 7 Health Benefits of Eating Cucumber

Livescience (2017). Diakses pada 24 April 2020. Cucumber: Health Benefits and Nutrition Facts 

Medical News Today (2019). Diakses pada 24 April 2020. Health Benefits of Cucumber 

 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin