Puasa

Jadi Andalan saat Puasa, Inilah Manfaat Timun Suri yang Perlu Kamu Tahu!

April 14, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Timun suri merupakan buah yang paling banyak diburu pada saat bulan Ramadan. Manfaat timun suri yang utama adalah dapat dijadikan sebagai pelepas dahaga.

Buah bertekstur lembut ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat saat berbuka puasa. Namun, tahukah kamu bahwa timun suri memiliki manfaat lainnya?

Nah, agar kamu mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai khasiat timun suri bagi kesehatan serta kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah timun suri yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kandungan kalori timun suri dan nutrisi lainnya

Timun suri merupakan buah yang termasuk dalam anggota labu-labuan (cucurbitaceae) seperti melon. Timun suri (cucumis sativus l) memiliki rasa yang menyegarkan karena buah ini memiliki kandungan air yang tinggi.

Oleh karena itu, tidak salah jika kebanyakan orang saat bulan puasa menjadikan buah ini pilihan untuk berbuka.

Pada dasarnya kandungan nutrisi timun suri dengan timun biasa tidaklah jauh berbeda. Dalam 100 gram timun suri mengandung air, protein, lemak, serta karbohidrat sebagai metabolit utama dan juga serat makanan yang penting untuk sistem pencernaan.

Buah mentimun umumnya mengandung sekiar 95 persen air, 0,6 persen protein, 0,1 persen lipid, serta 2,2 persen karbohidrat. Karbohidrat sendiri menyumbang sekitar 2,16 gram per 100 gram porsi dari timun suri.

Tak sampai di situ saja, dalam 100 gram timun suri juga mengandung 0,7 gram serat makanan dan 0,08 gram pati. Vitamin C, selenium, tiamin, riboflavin, niacin, vitamin B-6, folat, vitamin A, vitamin K, fosfor, zat besi, dan kalsium juga terkandung di dalamnya.

Dengan kandungan yang dimilikinya, mengonsumsi timun suri tentu saja dapat bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Penuhi Asupan Gizi saat Puasa, Ini Makanan Wajib untuk Sahur dan Berbuka

Manfaat timun suri yang perlu kamu tahu

Buah berwarna kuning kehijau-hijauan ini ternyata memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh lho! Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu mengonsumsi buah yang termasuk dalam golongan melon melonan atau timun.

1. Memiliki sifat antikanker

Manfaat timun suri yang pertama adalah timun suri memiliki sifat antikanker. Ini tidak terlepas dari kandungan yang dimilikinya.

Cucurbitacin B, yakni zat alami yang ditemukan pada banyak mentimun memberikan potensi antikanker. Selain itu, cucurbiacin B juga telah ditemukan mencakup aktivitas kemopreventif dalam membantu melawan kanker prostat.

2. Mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Antioksidan merupakan molekul yang menghambat oksidasi, yakni reaksi kimia yang membentuk atom reaktif dengan elektron yang tidak berpasangan atau yang biasa kita kenal dengan radikal bebas.

Timun suri mengandung antioksidan unik dalam jumlah sedang seperti ß-karoten dan α-karoten, vitamin C, vitamin A, zeaxanthin dan lutein. Senyawa tersebut dapat membantu melawan radikal bebas.

Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, paru-paru, serta penyakit yang berhubungan dengan autoimun.

3. Mencegah komplikasi diabetes

Manfaat timun suri selanjutnya adalah dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Seperti yang sudah diketahui bahwa timun suri mengandung antioksidan. Stres oksidatif akibat radikal bebas dapat memengaruhi perkembangan diabetes.

Dikutip dari laman Researchgate.net, telah ditemukan bahwa timun suri dapat mencegah perkembangan diabetes atau menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes.

Tak hanya itu, timun suri juga dapat membantu menurunkan tingkat stres oksidatif yang mana berperan dalam perkembangan penyakit diabetes.

4. Manfaat timun suri untuk kesehatan kulit

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, timun suri ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit lho, seperti mencegah tanda-tanda penuaan.

Perlu kamu ketahui bahwa timun suri merupakan sumber asam askorbat yang baik dan memiliki potensi kemampuan anti-hyaluronidase dan anti-elastase. Hal tersebut dapat membantu mencegah kerutan pada wajah.

Sebagai tambahan, timun suri juga dapat membantu mencegah berbagai masalah kulit, seperti pembengkakan di bawah mata, masalah kulit akibat paparan sinar matahari berlebih, serta memiliki efek antigatal pada kulit yang teriritasi.

5. Mengontrol tekanan darah

Manfaat timun suri yang penting untuk diketahui selanjutnya adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah. Manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan kalium atau potasium yang tinggi dalam timun suri.

Dilansir dari Netdoctor, beberapa penelitian telah mengaitkan buah dengan penurunan hipertensi (tekanan darah tinggi). Ini sebagian besar karena kandungan potasium yang tinggi.

6. Baik untuk kesehatan tulang

Vitamin K yang terdapat dalam timun suri sangat baik untuk kesehatan tulang. Sebab, vitamin K berperan penting dalam perkembangan massa tulang.

Tak hanya itu saja, vitamin K juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium yang dapat membuat kesehatan tulang tetap baik. Nah, jika kamu ingin kesehatan tulangmu tetap terjaga, kamu dapat mengonsumsi timun suri.

7. Menjaga berat badan sehat

Timun suri dapat membantu menjaga berat badan sehat. Perlu diketahui bahwa timun suri rendah akan kandungan kalori. Bahkan, setiap satu cangkir (104 gram) porsi hanya mengandung sekitar 16 kalori.

Timun suri juga mudah diolah, misalnya saja dapat menambah kesegaran pada salad atau dapat menjadi sebagai alternatif pengganti makanan yang memiliki kandungan kalori lebih tinggi.

Selain itu, kandungan air dalam timun suri yang tinggi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

8. Mengandung senyawa antibakteri

Buah timun suri merupakan salah satu tanaman yang mengandung senyawa antibakteri, seperti alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan triterpenoid. Berdasarkan sebuah penelitian, ekstrak timun suri dapat membantu menghambat E. faecalis dalam kategori resistan.

Perlu kamu ketahui bahwa Enterococcus faecalis (E. faecalis) merupakan salah satu bakteri yang resisten pasca perawatan endodontik atau perawatan saluran akar gigi.   

9. Memiliki sifat antiinflamasi

Timun suri juga memiliki manfaat antiinflamasi. Inflamasi atau peradangan adalah fungsi dari sistem kekebalan.

Para ahli percaya bahwa peradangan dapat memicu perkembangan kondisi medis tertentu, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kondisi autoimun, hingga kanker.

Sebagian besar sifat antiinflamasi timun suri berasal dari fitronutrien yang ditemukan di dalamnya. Flavonoid dan triterpene diketahui dapat membantu melawan stres oksidatif yang menyebabkan peradangan.

Timun suri untuk asam lambung dan sistem pencernaan

Timun suri tinggi akan kandungan air yang dapat meningkatkan hidrasi tubuh. Tetap terhidrasi dapat membantu mencegah sembelit. Tak hanya itu, serat yang terkandung juga bisa membantu mengatur pergerakan usus.

Penderita asam lambung tidak boleh mengonsumsi makanan secara sembarangan. Melansir dari laman Livestrong.com, timun suri bersifat basa dan tidak mengandung lemak, sehingga mungkin tidak memperparah gejala asam lambung.

Meskipun demikian, timun suri untuk asam lambung tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan berlemak, pedas, atau asam. Sebab, makanan yang digoreng, asam, pedas, tinggi lemak lebih mungkin memperburuk gejala asam lambung.

Meskipun demikian, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan mengonsumsi timun suri untuk asam lambung.

Manfaat timun suri untuk buka puasa

Memiliki rasa yang menyegarkan, maka tak heran jika timun suri populer pada saat Ramadan. Nah, berikut ini adalah manfaat timun suri untuk buka puasa yang penting untuk kamu ketahui.

1. Kaya kandungan air untuk mencegah dehidrasi

Manfaat timun suri untuk buka puasa yang pertama adalah dapat mencegah dehidrasi sekaligus menghilangkan rasa haus saat berbuka puasa. Sebab, timun suri memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Komposisi 95% air yang terkandung di dalamnya dapat membuat kamu tetap terhidrasi dengan baik sehingga mencegah terjadinya dehidrasi.

Jika tubuhmu terhidrasi dengan baik, kinerja fisik dan metabolisme dalam tubuh pun juga akan membaik.

2. Mencegah sembelit

Manfaat timun suri untuk buka puasa yang perlu diketahui selanjutnya adalah timun suri dapat membantu pergerakan usus menjadi lebih teratur. Perlu kamu ketahui bahwa timun suri merupakan sumber serat makanan yang baik.

Oleh karena itulah timun suri juga dapat membantu mencegah atau menurunkan risiko sembelit. Dehidrasi rentan terjadi saat puasa dan kondisi ini merupakan faktor utama dari sembelit.

Sebab, dehidrasi dapat mengubah keseimbangan air atau cairan, sehingga buang air besar (BAB) menjadi sulit. Nah, kandungan air yang tinggi dalam timun suri dapat meningkatkan hidrasi tubuh.

Tetap terhidrasi dengan baik dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga keteraturan pergerakan usus.

Nah, itulah beberapa manfaat timun suri, banyak sekali bukan? Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai manfaat lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2017). Diakses pada 24 April 2020. 7 Health Benefits of Eating Cucumber

Livestrong.com (2020). Diakses pada 04 Desember 2020. Can You Eat Cucumbers With GERD? 

Netdoctor (2020). Diakses pada 14 April 2021. 12 cucumber benefits that could change your life 

Researchgate.net (2020). Diakses pada 25 April 2021. Nutritional  Bioactive  Compounds  and  Health  Benefits  of  Fresh  and Processed Cucumber (Cucumis Sativus L.) 

Jim.unsyiah.ac.id (2017). Diakses pada 25 April 2021. Pengaruh Ekstrak Buah Timun Suri (Cucumis sativus L.) sebagai Antibakteri Alami dalam Menghambat Pertumbuhan Enterococcus faecalis

    register-docotr