Bintik Merah pada Kulit, Yuk, Kenali Jenis dan Penyebabnya

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Bintik merah pada kulit merupakan keluhan medis yang umum. Saat kondisi ini muncul, biasanya orang menyebutnya dengan ruam. Sulit memang menentukan apa yang mendasari bintik merah pada kulit ini muncul.

Beberapa menganggap itu sebagai iritasi kulit, namun iritasi kulit pun dapat disebabkan oleh banyak faktor mulai dari infeksi hingga kondisi kronis.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah kemungkinan penyebab munculnya bintik merah pada kulit:

Pityriasis rosea dan bintik merah pada kulit

Penyakit ini merupakan kondisi inflamasi kulit yang menghasilkan ruam merah. Penyebab utamanya masih belum diketahui, tapi diduga berasal dari infeksi virus.

Bintik yang timbul biasanya berbentuk oval, merah, dan terkadang bersisik dengan ujung yang menonjol seperti kurap.

Selain bintik ini gatal, gejala dari pityriasis adalah:

  • Sakit tenggorokan.
  • Gatal yang menjadi parah ketika kulit menjadi hangat, seperti saat olahraga.
  • Sakit kepala.
  • Demam.

Bintik merah yang disebabkan heat rash

Kondisi ini terbentuk ketika pori-pori di kulit tersumbat keringat. Ini bisa terjadi saat kamu berolahraga ataupun saat kamu berada di cuaca panas atau lembap.

Apabila keringat pampat dan tidak bisa keluar ke permukaan kulit, benjolan kecil yang nampak seperti melepuh dapat muncul. Ini bisa berwarna merah atau dipenuhi dengan cairan dan bisa gatal atau nyeri.

Peradangan kulit atau contact dermatitis

Kondisi ini terjadi ketika kulit bersentuhan dengan alergen. Saat itulah, ruam atau bintik merah dapat bermunculan.

Benar atau tidaknya kamu terkena contact dermatitis bergantung dari apa saja alergen kamu. Sebagai contoh, beberapa orang yang alergi terhadap cuaca lembap, maka dia akan mulai mengeluarkan bintik merah di kulit ketika cuaca lembap.

Cacar ular dapat sebabkan bintik merah pada kulit

Cacar, salah satu fenomena bintik merah pada kulit. Foto: https://i0.wp.com/

Cacar ular atau cacar api adalah ruam yang sangat sakit dan melepuh dan terbentuk di salah satu sisi wajah atau tubuh, Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella zoster (VZV), yang juga menyebabkan cacar air.

Sebelum ruam dan bintik muncul, kamu mungkin akan merasa gatal atau geli di area itu. Biasanya bintik ini akan berbentuk garis di sisi kiri atau kanan tubuh dengan melepuh yang sangat sakit, gatal, serta berkeropeng selama 7 hingga 10 hari.

Penyakit swimmer’s itch

Penyakit ini timbul ketika berada di air yang penuh dengan parasit. Salah satu binatang yang dapat menyebabkan penyakit ini adalah siput. Siput penuh dengan parasit yang dapat disebarkan pada kolam, danau atau bahkan laut.

Untuk beberapa orang, parasit ini dapat memicu reaksi bintik merah pada kulit. Kamu dapat merasakan sensasi terbakar dan gatal dengan kemunculan bintik merah atau melepuh.

Bintik merah bisa jadi adalah kurap

Kurap berwarna merah dan merupakan ruam serta bintik dengan ujung yang menonjol dengan pola bulat. Ini disebabkan oleh jamur dan dapat muncul di bagian tubuh manapun.

Bintik ini tidak akan hilang kecuali kamu membunuh jamur yang menginfeksi kulit kamu. Kurap menular, dan kamu bisa menyebarkannya ke orang lain.

Atopic dermatitis

Infeksi kulit atopik (atopic dermatitis) merupakan salah satu tipe dari eksim atau infeksi kulit. Kondisi ini biasanya dimulai saat bayi dan bisa menghilang saat kamu menjadi dewasa atau malah makin parah.

Tidak diketahui secara pasti apa penyebab kondisi penyakit ini. Bisa saja ini ditularkan secara genetik, atau bisa karena reakasi berlebihan sistem imun terhadap sesuatu.

Lichen planus

Penyakit ini menyebabkan ruam dan bintik merah pada kulit yang dipicu oleh sistem imun tubuh. Meskipun demikian, tidak diketahui secara pasti kenapa sistem imun dapat menghasilkan respons seperti ini.

Beberapa faktor yang mungkin jadi penyebab adalah:

  • Infeksi virus.
  • Alergen.
  • Stres.
  • Genetik.

Penyakit autoimun psoriasis

Penyakit ini dapat menyebabkan munculnya bintik yang gatal, bersisik di siku, lutut, kulit kepala atau bagian lain dari tubuh.

Belum diketahui jelas apa penyebab penyakit ini, namun diperkirakan penyakit ini disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Bintik merah karena obat

Kondisi ini terjadi karena tubuh kamu alergi terhadap suatu obat. Ini bisa disebabkan oleh apapun jenis obat. Bintik merah di kulit karena obat sangat beragam, mulai dari kondisi ringan hingga berat. Dalam beberapa kasus, kamu mungkin butuh pertolongan medis jika mengalami hal ini.

Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter terpercaya di layanan Good Doctor melalui layanan aplikasi GrabHealth. Yuk konsultasikan masalah kesehatanmu sekarang!

  1. Healthline.com (2018) diakses 20 Mei 2020. https://www.healthline.com/health/lichen-planus
  2. Medicinenet.com (2019) diakses 20 Mei 2020. https://www.medicinenet.com/red_spots_on_the_skin/symptoms.htm
  3. Healthline.com (2018) diakses 20 Mei 2020. https://www.healthline.com/health/skin/red-spots-on-skin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin