Olahraga

Jangan Malas! Ini Tips Menjaga Semangat Berolahraga Daring Selama Pandemi

June 18, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pandemi COVID-19 memaksa orang-orang mengurangi aktivitas yang tidak perlu di luar rumah. Olahraga pun menjadi salah satu jenis kegiatan yang terpengaruh karena pandemi, terutama yang dilakukan di luar rumah.

Dikutip dari Healthline, berolahraga di luar ruangan, apalagi di gym saat pandemi sangat berisiko. Karena beberapa kasus menunjukkan bagaimana gym menjadi pusat penyebaran dari COVID-19.

Ini karena menjaga jarak dua meter satu sama lain saat berolahraga di gym bahkan tidak terbukti aman. Tidak semua gym memiliki ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara.

Baca juga: Tempat Gym Tutup, Lakukan 5 Olahraga Ini di Rumah agar Tetap Bugar

Kelas olahraga daring, efektif atau tidak?

Meskipun olahraga di luar ruangan berisiko, bukan berarti kamu tidak bisa membuat seluruh tubuh kamu bergerak. Faktanya tren berolahraga dengan memanfaatkan platform daring, baik dalam bentuk video atau dengan konsep kelas, justru merebak kala pandemi.

Sebuah penelitian dalam Journal of Medical Internet Research menyebut platform digital menjadi teman akrab bagi mereka yang tidak bisa berolahraga di luar ruangan atau gym.

Banyak responden dalam penelitian tersebut mengaku terbantu dengan berbagai platform digital untuk membuat mereka tetap aktif, baik itu olahraga memperkuat otot ataupun aktivitas fisik moderat hingga berat.

Tips berolahraga menggunakan platform digital

Pandemi sudah berlangsung lebih dari satu tahun, tentunya kamu perlu strategi untuk menjaga semangat dan berolahraga dengan menyenangkan menggunakan platform digital.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

Ciptakan target secara berkala

James Houle, PhD, spesialis sport psychology dari Ohio State University menyebut salah satu cara untuk memotivasi diri sendiri adalah dengan menciptakan target yang kecil, realistis dan terukur. Target bisa kamu tulis dalam bentuk daftar dan dicoret satu persatu ketika sudah menjalaninya.

Menurut Houle, salah satu contohnya adalah ketika kamu ingin menjadi lebih kuat dengan push-up, maka kamu bisa mulai dengan melakukan beberapa kali gerakan ini yang bisa kamu jalani. Baik itu setiap hari atau beberapa hari dalam seminggu.

Atur ruangan khusus olahraga

Menciptakan ruangan untuk berolahraga menjadi satu hal yang penting. Pasalnya, bukan cuma kamu yang beraktivitas di rumah kala pandemi.

Konselor klinis Teralyn Sell, PhD, menyadari hal ini memang akan sulit. Tapi ketika kamu bisa menciptakan ruang, maka kamu bisa jadi lebih menaruh perhatian dan fokus untuk berolahraga.

Ruangan yang kamu perlukan tidak perlu terlalu besar. Bahkan, kamu bisa berolahraga di sudut ruangan saja. Setelah selesai berolahraga, cukup gulung matras dan sudut tersebut pun akan kembali seperti semula.

Lakukan riset terlebih dahulu

Sebelum menentukan kelas mana yang mau kamu ikuti, ada baiknya lakukan riset terlebih dahulu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melihat bagaimana komunitas atau anggota kelas tersebut saling berinteraksi di media sosial, seperti Facebook.

Perhatikan detail kecil seperti bagaimana kelas tersebut menjawab pertanyaan-pertanyaan dari anggotanya. Dengan demikian, kamu akan mengetahui dan merasakan sensasi berada di dalam kelas tersebut.

Undang teman olahraga bersama

Berolahraga daring akan semakin asyik dengan beberapa wajah yang sudah kamu kenal. Karena itu, jangan ragu untuk mengajak teman ikut kelas yang sama.

Selain bisa saling mengingatkan dan memotivasi, beberapa kelas pun ada yang hadir dengan promo seperti gratis biaya pendaftaran jika kamu bisa membawa beberapa teman.

Ciptakan suasana berolahraga yang nyaman

Jangan takut suara kamu terdengar oleh instruktur ataupun rekan satu kelas ketika kamu berolahraga menggunakan musik. Bahkan jika kamu menggunakan platform seperti Zoom.

Karena banyak instruktur yang akan mematikan fitur suara kamu supaya dia bisa berkonsentrasi di dalam kelas. Untuk itu, tidak ada salahnya memainkan musik yang bisa membuat kamu nyaman berolahraga.

Selain musik, kamu juga bisa bermain dengan cahaya. Terutama jika kamu memerlukan penerangan ekstra di dalam rumah ketika berolahraga. Pilihlah lampu yang membuat kamu rileks saat berolahraga.

Demikianlah berbagai tips untuk berolahraga saat pandemi menggunakan layanan daring. Jangan ragu untuk bergerak dan lebih aktif olahraga di dalam rumah, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr