Penyakit Jantung

Benarkah Minum Air Es Bisa Membahayakan Jantung?

June 12, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Sebuah unggahan di Facebook viral karena menyatakan bahwa air es adalah musuh bagi jantung. Dalam postingan tersebut, dituliskan bahwa tidak dibolehkan minum es dan hal itu merupakan petunjuk dari ahli jantung di berbagai belahan dunia. 

Sayangnya, dalam unggahan tersebut tidak disebutkan sumber-sumber dari para ahli jantung yang dimaksud. Lalu, apakah postingan tersebut benar adanya?

Klaim air es berbahaya untuk jantung

Postingan dari Facebook, yang diunggah 25 Maret 2021.

Dalam postingan yang beredar di Facebook, dijelaskan bahwa minum segelas air dingin atau es setelah makan akan terasa menyegarkan.

Tapi, air es disebut dapat membekukan atau menggumpalkan lemak atau minyak dari makanan yang baru saja dikonsumsi. 

Penggumpalan itu, katanya, bisa menyebabkan pencernaan dalam lambung menjadi lambat. Begitu gumpalan bertemu dengan asam lambung, akan terurai dan menempel di dinding usus. 

Lama-kelamaan kondisi itu disebutkan bisa menyebabkan penyakit, bahkan penyebab tumor atau kanker. Kemudian akan memengaruhi fungsi jantung. Postingan itu pun menganjurkan sebaiknya minum air hangat saja setelah makan. 

Air es dan pengaruhnya untuk kesehatan jantung

Namun ternyata, menurut artikel Kompas, unggahan tersebut tidak sepenuhnya benar. Walau memang tidak baik bagi jantung. Tapi bukan karena menimbulkan gumpalan. 

Menurut ahli jantung, dokter Tuko Srimulyo, SpJP, M.Kes, FIHA , udara dingin, minuman dan makanan dingin memang tidak baik, tapi, hanya untuk pasien dengan penyakit jantung koroner tidak stabil. 

Sementara, penyakit jantung sendiri ada beragam jenisnya. Bahkan, pasien penyakit jantung koroner yang stabil kondisinya pun tidak bermasalah dengan dingin. 

Selain itu, alasan air es menyebabkan penggumpalan lemak juga keliru. Karena itu hanya mitos belaka.

“Penggumpalan lemak dalam pembuluh darah atau bahkan di dalam jantung akibat minum dingin, hanyalah mitos,” kata dr Tuko yang juga dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret itu. 

Serba-serbi air es dan kesehatan

Dari informasi yang didapat, kini sudah diketahui bahwa klaim air es dapat membahayakan jantung adalah hal yang keliru. Bahkan ternyata, air es justru bisa memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan, lho. 

Manfaat minum air dingin 

Ada sejumlah penelitian yang mendukung manfaat dari air dingin terhadap kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang dimaksud:

Air dingin baik diminum saat berolahraga

Beberapa penelitian, menurut Medical News Today, telah membuktikan bahwa minum air dingin selama berolahraga dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh seseorang. 

Sebuah studi yang melibatkan 45 pria yang sehat secara fisik, membuktikan bawah minum air dingin selama berolahraga secara signifikan dapat mengurangi kenaikan suhu tubuh inti, dibanding minum air dengan suhu ruang. 

Membantu pencernaan

Minum air dingin atau tidak, pada dasarnya dapat membantu pencernaan. Minum air putih berapapun suhunya, pasti akan lebih sehat daripada kamu minum minuman manis. 

Risiko akibat minum air dingin

Meski tidak terbukti membahayakan jantung dan memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, tetapi air dingin juga memiliki risiko tersendiri. Ada beberapa kondisi yang menimbulkan risiko perburukan jika mengonsumsi air dingin, di antaranya:

Minum air dingin berisiko untuk orang dengan akalasia

Akalasia adalah kondisi langka yang memengaruhi kerongkongan, membuat orang sulit menelan makanan dan minuman. Air dingin dapat memperburuk gejalanya. 

Sebaliknya, saat orang dengan akalasia minum air panas, justru menenangkan dan mengendurkan kerongkongan. Memudahkan untuk menelan makanan dan minuman. Demikian hasil sebuah studi pada 2012 lalu. 

Air dingin mungkin menyebabkan sakit kepala

Studi yang melibatkan 669 wanita menunjukkan bahwa air minum dingin dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Diketahui 7,6 persen peserta mengalami sakit kepala setelah minum 150 ml air es melalui sedotan. 

Dari studi diketahui juga bahwa orang dengan migrain aktif, dua kali lebih mungkin mengalami sakit kepala setelah minum air dingin, dibanding mereka yang tidak pernah mengalami migrain

Jika kamu termasuk orang dengan akalasia atau pernah migrain, lebih berhati-hati ya jika ingin minum air es. Demikian fakta di balik beredarnya kabar air es tidak baik untuk kesehatan jantung dan serba-serbi terkait dengan air es.

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
register-docotr