Olahraga

5 Perlengkapan dan Alat Olahraga di Rumah yang Praktis dan Murah

June 12, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Olahraga bisa dilakukan di mana saja, termasuk di dalam rumah. Selain karena pembatasan akibat COVID-19 yang menyebabkan pusat kebugaran ditutup, kamu tetap dapat berlatih menggunakan perlengkapan dan alat olahraga di rumah sendiri.

Perlengkapan tersebut tak harus mahal. Ada banyak alat olahraga yang murah dan praktis untuk digunakan serta disimpan di dalam rumah. Apa saja? Berikut daftarnya!

Baca juga: Tempat Gym Tutup, Lakukan 5 Olahraga Ini di Rumah agar Tetap Bugar

Daftar perlengkapan dan alat olahraga di rumah

Jika kamu termasuk orang yang hobi berolahraga di rumah, ada beberapa perlengkapan dan alat yang wajib dimiliki. Mulai dari sepatu, matras, hingga barbel dan bola keseimbangan.  

1. Tali

Lompat tali adalah olahraga yang bukan cuma praktis, tapi juga murah. Ini karena tali yang digunakan tidak membuatmu mengeluarkan banyak uang untuk membelinya. Tali tersebut juga mudah untuk disimpan dan dibawa ke mana saja.

Meski bisa dilakukan di mana saja, lompat tali merupakan olahraga yang mempunyai banyak manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan koordinasi
  • Melatih keseimbangan tubuh
  • Mengurangi risiko cedera pada kaki dan pergelangannya
  • Membakar banyak kalori
  • Membantu mengurangi lemak perut
  • Memperbaiki kepadatan tulang
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  • Melatih kekuatan otot
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Meningkatkan stamina dan energi

2. Sepatu olahraga

Salah satu perlengkapan olahraga yang kerap diabaikan oleh banyak orang adalah sepatu. Dikutip dari Live Strong, ada beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya menggunakan sepatu saat berolahraga, salah satunya agar tidak mengalami cedera dan kerusakan pada pergelangan kaki.

Ada banyak tipe sepatu olahraga yang dijual, tapi kamu perlu menyesuaikan dengan jenis latihan yang rutin dilakukan. Misalnya, sepatu untuk olahraga lari tentu berbeda dengan sepatu yang dipakai untuk senam aerobik.  

Pastikan untuk memilih sepatu dengan ukuran yang pas, tapi tidak terlalu sesak. Sisakan setengah inci pada ruang depan sepatu agar jari kaki bisa leluasa bergerak. Selain meminimalkan risiko cedera, sepatu juga bisa menahan beban saat pendaratan dan gerakan cepat.

3. Matras

Matras adalah salah satu perlengkapan olahraga yang wajib dimiliki jika kamu rutin melakukan latihan di rumah. Bukan cuma karena alasan kenyamanan, matras bisa melindungi dan mencegah tubuh dari tergelincir dan cedera.

Matras bisa digunakan untuk berbagai jenis latihan, seperti yoga, pilates, hingga olahraga yang berfokus pada kekuatan otot.

4. Barbel

Salah satu alat olahraga di rumah yang kian diminati oleh banyak orang adalah dumbbels atau barbel. Alat ini merupakan sebuah batang dengan dua beban di masing-masing ujungnya yang dapat dipasang dan dilepas.

Barbel memang identik dengan olahraga angkat beban. Namun, kamu bisa membelinya dengan ukuran atau berat beban yang diinginkan. Saat ini, barbel mudah sekali untuk didapatkan, termasuk melalui toko online.

Dikutip dari Medical News Today, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari rutin melakukan latihan dengan barbel, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan laju metabolisme istirahat (resting metabolic rate) yang berkontribusi terhadap pembakaran kalori
  • Membantu meningkatkan kekuatan tulang, otot, dan jaringan ikat
  • Melindungi tubuh dari cedera
  • Mengaktifkan otot tertentu yang dapat merangsang pertumbuhan massanya
  • Memperbaiki fleksibilitas otot
  • Meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh dan stabilitas persendian

Baca juga: Latihan Kardio vs Angkat Beban, Mana yang Lebih Baik untuk Tubuh?

5. Bola keseimbangan

Bola keseimbangan (disebut dengan exercise ball atau balance ball) adalah salah satu alat olahraga yang bisa dimiliki untuk latihan di rumah. Alat olahraga ini bagus untuk peregangan tubuh.

Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin latihan menggunakan exercise ball, yaitu:

  • Mendukung mobilitas punggung bagian bawah
  • Meningkatkan kekuatan otot perut dan punggung
  • Memperbaiki keseimbangan dan stabilitas tubuh
  • Mendukung kontrol dan kekuatan otot inti

Bukan cuma itu, balance ball juga sangat baik untuk wanita yang sedang hamil. Duduk dalam posisi tegak di atas balance ball bisa menstimulasi pembukaan otot panggul. Ini dapat memberikan ruang untuk bayi agar lebih cepat dan mudah turun ke panggul sebagai persiapan persalinan.

Tidak hanya itu, alat olahraga yang satu ini dapat meringankan rasa sakit dan tekanan di panggul yang muncul beberapa bulan atau minggu sebelum melahirkan.

Nah, itulah daftar perlengkapan dan alat olahraga di rumah untuk menunjang aktivitas latihan. Jadi, perlengkapan atau alat olahraga mana yang belum kamu miliki?  

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Verywell Fit, diakses 4 Juni 2021, 7 Best Inexpensive Home Exercise Equipment.
  2. Medical News Today, diakses 4 Juni 2021, 6 of the best workout mats to consider.
  3. Medical News Today, diakses 4 Juni 2021, Some of the top dumbbells to consider.
  4. Spine Health, diakses 4 Juni 2021, Exercise Ball Uses.
  5. Live Strong, diakses 4 Juni 2021, Why Is It Important to Wear Proper Shoes While Working Out?
  6. Healthline, diakses 4 Juni 2021, What Is a Birthing Ball and Should I Use One?

    register-docotr