Kanker Lain

Jarang yang Tahu, Ternyata Manfaat Teh Kayu Manis Bisa Cegah Kanker!

January 19, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Tak hanya aroma harumnya yang menjadikan kayu manis sebagai bumbu dapur. Sayangnya hingga saat ini masih jarang yang tahu kalau teh kayu manis memiliki manfaat untuk mencegah sel kanker. Yuk simak penjelasannya.

Manfaat teh kayu manis

Menghindari dan membatasi asupan gula adalah landasan diet antikanker, tetapi seringkali hal tersebut justru merasa seseorang kekurangan asupan. Oleh sebab itu, ternyata ada cara untuk menggabungkan rasa manis dengan khasiat obat yang dapat menutup pintu sel kanker dengan kuat.

Melansir penjelasan dari laman Anti Cancer Club, kayu manis tidak hanya menawarkan elemen manis yang berbeda untuk hidangan, tetapi juga memberi tubuh anti-oksidan, anti-mikroba, anti-inflamasi, anti-tumor, penurun kolesterol, dan senyawa pengatur sistem kekebalan yang kuat.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari teh kayu manis untuk mencegah kanker seperti dilansir dari Healthline

Mengandung antioksidan

Teh kayu manis mengandung banyak antioksidan, yaitu senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Antioksidan melawan oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas, yaitu molekul yang merusak sel dan berkontribusi pada penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Kayu manis sangat kaya akan antioksidan polifenol.

Menurunkan peradangan 

Senyawa dalam kayu manis dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Ini mungkin sangat bermanfaat, mengingat peradangan dianggap sebagai akar dari banyak penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. 

Memiliki sifat antikanker

Penelitian tabung reaksi seperti dilansir dari laman Healthline, telah mengamati bahwa ekstrak kayu manis dapat membantu membunuh jenis sel kanker tertentu, termasuk sel kanker kulit. 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sejumlah senyawa organik yang ditemukan dalam kayu manis memiliki efek antivirus, antijamur, dan antiseptik. 

Hal ini menjadikan teh kayu manis salah satu minuman terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Antioksidan ini membantu menetralkan dan menghilangkan patogen dan bahan asing yang dapat menyebabkan infeksi atau penyakit di tubuh. 

Selain itu kandungan ini juga sangat berharga untuk lambung, di mana begitu banyak patogen yang dapat ditemukan.

Mencegah penyakit kronis

Kayu manis sebagaimana disebutkan memiliki konsentrasi antioksidan kuat yang tinggi. Termasuk bahan aktif, cinnamaldehyde, serta katekin, sianida, dan senyawa penting lainnya. 

Antioksidan ini ideal untuk menetralkan radikal bebas, produk sampingan berbahaya dari metabolisme sel, dan mencegah stres oksidatif di seluruh tubuh. 

Artinya, teh kayu manis dapat membantu dan bahkan memiliki efek pencegahan pada penyakit kronis yang menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. 

Bagaimana cara membuat teh kayu manis?

Banyak orang sama sekali tidak menyadari potensi kayu manis, tetapi ramuan beraroma ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk efek kesehatannya. Lantas, bagaimana cara membuat teh kayu manis?

Berikut ini cara membuat teh kayu manis seperti dilansir dari laman Organic Fact: 

Bahan:

  • 1 batang kayu manis atau 1 sdt kayu manis bubuk
  • 8 ons air mendidih
  • 1 cangkir susu (opsional)
  • 1 sdt madu / gula (opsional)

Cara mengolah:

  • Untuk membuat teh kayu manis, rebus air dan tambahkan batang kayu manis atau kayu manis bubuk ke dalamnya. Biarkan kayu manis terendam selama 8-10 menit.
  • Jika menggunakan batang kayu manis, kamu harus mengeluarkannya. Jangan membuang tongkatnya, karena bisa menggunakannya untuk membuat secangkir teh lagi.
  • Kamu dapat menambahkan pemanis pilihan dan susu jika ingin. Madu cocok dengan kayu manis. Namun, beberapa orang tidak suka menggunakan pemanis pada teh mereka karena kayu manis memiliki rasa manis alami.

Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti jahe, apel, jeruk nipis, kunyit atau lada hitam untuk menambah rasa. Jika ingin menambahkan susu ke dalam teh kayu manis, berhati-hatilah karena dapat mengental.

Dosis mengonsumsi kayu manis 

Sampai saat ini belum ada dosis yang pasti ketika menggunakan herbal ini.

Lebih baik kamu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, agar dosisnya bisa menyesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 18 Januari 2021. 12 Impressive Health Benefits of Cinnamon Tea
  2. Anticancerclub.com (2017) diakses pada 18 Januari 2021. Cinnamon and Cancer
  3. Ncbi.nlm.nih.gov (2010) diakses pada 18 Januari 2021. Cinnamon extract induces tumor cell death through inhibition of NFκB and AP1
  4. Organicfacts.net (2020) diakses pada 18 Januari 2021. 10 Interesting Cinnamon Tea Benefits 
    register-docotr