Hipertensi

Tidak Hanya Kimia, Ini Berbagai Obat Darah Tinggi Alami yang Perlu Kamu Ketahui!

January 7, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ada berbagai cara mengatasi hipertensi, salah satunya dengan obat darah tinggi alami. Obat-obat ini bekerja dengan cara menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko kamu terkena komplikasi penyakit ini.

Hipertensi sendiri didefinisikan sebagai kondisi saat tekanan darah lebih tinggi dari 130 mm Hg untuk tekanan darah tinggi sistolik dan lebih 80 mm Hg untuk tekanan darah diastolik.

Obat darah tinggi alami

Ada beberapa obat untuk mengatasi darah tinggi seperti angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor dan calcium channel blockers. Selain itu, kamu pun bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan merubah gaya hidup dan mengonsumsi obat alami.

Beberapa herbal dan rempah-rempah berikut ini dapat kamu jadikan sebagai obat darah tinggi alami:

Basil

Tumbuhan yang memiliki nama latin Ocimum basilicum ini merupakan herbal yang memiliki rasa kuat. Situs kesehatan Healthline menyebut daun basil terkenal dalam pengobatan alternatif karena memiliki beragam komponen penting.

Salah satu jenisnya, basil manis atau sweet basil, bisa dijadikan obat penurun darah tinggi alami. Hal ini berdasarkan temuan dalam penelitian yang diterbitkan Journal of cardiovascular pharmacology.

Kajian tersebut menyebut basil manis kaya akan eugenol, yang merupakan antioksidan alami tumbuhan, memainkan peranan penting terhadap khasiat tersebut. Hal itu disebabkan oleh kemampuan eugenol untuk menjadi calcium channel blocker alami.

Calcium channel blocker sendiri mencegah pergerakan kalsium ke jantung dan sel arteri, sehingga pembuluh darah tetap rileks.

Parsley

Petroselinum crispum atau parsley merupakan herbal yang terkenal dalam masakan Amerika, Eropa dan Timur Tengah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food & Nutrition Research menyebut beberapa keunggulan Parsley, yakni mampu menurunkan tekanan darah. Hal itu dipengaruhi oleh kandungan vitamin C dan carotenoid dalam herbal ini.

Karena kemampuan ini, maka Parsley bisa kamu andalkan sebagai obat tekanan darah tinggi alami. Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitasnya pada manusia.

Biji seledri

Biji seledri merupakan rempah serbaguna yang kaya akan berbagai nutrisi seperti zat besi, magnesium, kalsium dan serat. Tanaman dengan nama latin Apium graveolens ini disebut bisa dijadikan obat darah tinggi alami, lho.

Bawang putih

Banyak komponen yang terkandung di dalam bawang putih yang baik untuk kesehatan jantung. 

Secara khusus, bumbu dapur ini pun memiliki komponen sulfur, seperti allicin, yang dapat meningkatkan aliran darah dan merelaksasi pembuluh darah. Oleh karena itu, bawang putih bisa dijadikan obat darah tinggi alami.

Sebuah studi literatur terhadap 12 kajian yang dilakukan kepada 550 orang dengan hipertensi menyebut kalau bawang putih dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Rata-rata penurunan mencapai masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.

Kayu manis

Kayu manis merupakan rempah terkenal yang memiliki bau khas. Situs kesehatan Healthline menyebut banyak orang sudah menggunakan rempah ini dalam obat tradisional untuk mengatasi penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi.

Tidak diketahui dengan pasti bagaimana kayu manis dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi beberapa di antaranya menyebut kalau salah satu khasiat rempah ini adalah membantu pembuluh darah untuk tetap rileks.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Critical reviews in food science and nutrition melakukan peninjauan terhadap 9 kajian. Disebutkan bahwa mengonsumsi kayu manis dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing 6,2 mm Hg dan 3,9 mm Hg.

Efek ini disebut dalam penelitian tersebut jauh lebih terasa pada orang yang mengonsumsi kayu manis secara konsisten selama 12 minggu.

Jahe

Jahe sudah banyak dipakai untuk meningkatkan kesehatan jantung, termasuk untuk sirkulasi, level kolesterol dan tekanan darah.

Sebuah penelitian dalam Journal of cardiovascular pharmacology menyebut kalau jahe dapat bekerja sebagai calcium channel blocker alami. Itu berarti, jahe merupakan satu obat darah tinggi alami yang bisa kamu andalkan.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang obat hipertensi alami yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga kesehatan biar kamu terhindar dari penyakit ini, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr