Diabetes

Manfaat Teh Bawang Putih bagi Penderita Diabetes & Cara Membuatnya

February 4, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bawang putih memang dikenal sebagai ramuan ajaib karena bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu sarana yang sempurna untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih adalah membuatnya menjadi teh.

Baru-baru ini, ada spekulasi besar tentang teh bawang putih dan berbagai manfaat yang ditawarkannya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat teh bawang putih bagi penderita diabetes, yuk, simak penjelasannya berikut.

Baca juga: 6 Makanan Penyebab Bau Badan: Bawang hingga Daging Merah

Apa itu teh bawang putih?

Dilansir dari Very Well Fit, teh bawang putih dapat dibuat dengan berbagai bahan berbeda meskipun bawang putih, lemon, dan madu adalah yang paling umum. Perlu diketahui, teh bawang putih tidak mengandung kafein sehingga aman dikonsumsi.

Bawang putih memang telah digunakan sejak lama untuk berbagai penyakit. Dikenal dengan kalorinya yang rendah, antioksidan dalam bawang putih juga dapat melindungi dari penuaan dan kerusakan sel.

Sama seperti herbal lainnya, teh bawang putih juga termasuk tonik kuat yang dapat disiapkan dengan mudah di rumah untuk melawan flu musiman dan batuk. Minuman hangat ini mungkin tidak terlalu enak, akan tetapi bisa sangat membantu melawan tubuh dari infeksi. 

Manfaat teh bawang putih untuk penderita diabetes

Ramuan teh bawang putih bisa menjadi tambahan yang bagus untuk ritual pagi harian agar hidup lebih sehat.

Ahli gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan Shilpa Arora mengatakan bahwa sebiji bawang putih di pagi hari sangat efektif untuk penderita diabetes dan seseorang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi.

Asupan bawang putih secara teratur dapat menurunkan asam amino homosistein, faktor risiko diabetes dan penyakit jantung. Tak hanya itu, Shilpa juga mengatakan bahwa senyawa sulfur dalam bawang putih juga membantu melawan sel tumor. 

Teh bawang putih mungkin memiliki sifat pelindung jantung. Dalam satu studi tahun 1996 yang menjanjikan dari Memorial Hospital of Rhode Island memberikan ekstrak bawang putih tua kepada 41 pria dengan kolesterol tinggi.

Penelitian ini menemukan bahwa ekstrak bawang putih total menurunkan kolesterol sebanyak 6 hingga 7 persen. Ekstrak bawang putih juga menurunkan LDL atau kolesterol jahat sebesar 4 persen dan tekanan darah sebesar 5,5 persen.

Menyeduh secangkir teh bawang putih dapat memberikan makanan yang menyehatkan untuk jantung. Untuk itu, beberapa orang bisa mengonsumsi teh bawang putih secara teratur termasuk penderita diabetes.

Bagaimana cara membuat teh bawang putih?

Mempersiapkan minuman herbal ini tidak lah sulit dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 3 sampai 4 siung bawang putih, lemon, madu, dan air.

Setelah itu, rebus siung bawang yang sudah dibelah dua dalam 2 sampai 3 gelas air selama sekitar 5 menit. Kemudian, saring dalam cangkir dan campur jus lemon dan madu. Teh tanpa kafein ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan infeksi musiman.

Ada berbagai variasi resep teh bawang putih, termasuk menambahkan jahe dan kayu manis untuk menambah rasa serta meningkatkan manfaat kesehatan. Jahe yang ditambahkan dalam teh ini juga dapat mengurangi bau bawang putih yang menyengat.

Dosis teh bawang putih untuk penderita diabetes

Untuk musim panas, bawang putih dan kayu manis bisa menghasilkan panas di tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsinya setiap hari selama musim panas.

Biasanya, teh bawang putih ini bisa dikonsumsi sebanyak dua kali dalam seminggu untuk menjaga kadar gula darah terkendali. Namun mengonsumsi teh bawang putih ini harus di seimbangkan dengan diet yang sehat ya.

Sementara saat musim dingin, mengonsumsi teh bawang putih dapat membantu mengatasi daya tahan tubuh yang rendah, mencegah batuk, dan pilek. Untuk itu, kamu bisa minum teh bawang putih setiap hari selama musim dingin untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: Manfaat Sawi Putih: Cegah Gangguan Jantung hingga Obati Arthritis

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. NDTV Food (2020), diakses 3 Februari 2021. Garlic Tea For Diabetes: How To Make It? Expert Shares Benefits, Recipe And Dosage
  2. Times of India (2019), diakses 3 Februari 2021. Why Garlic Tea Is The New Health Fad?
  3. Very Well Fit (2020), diakses 3 Februari 2021. Garlic Tea Benefits and Side Effects
  4. Livestrong.com, diakses 3 Februari 2021. Health Benefits of Garlic Tea
    register-docotr