Info Sehat

Manfaat Sawi Putih: Cegah Gangguan Jantung hingga Obati Arthritis

January 29, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh sangat beragam karena nilai gizi yang terkandung di dalamnya cukup tinggi. Sawi putih atau kubis cina ini menjadi salah satu sayuran kol berdaun yang digemari di daratan Cina.

Secara botani, varietas kubis cina termasuk dalam keluarga Brassica yakni golongan besar sayuran berdaun atau kepala bunga. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat sawi putih, yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: 6 Jenis Buah-buahan yang Mengandung Protein dan Manfaatnya bagi Tubuh

Manfaat sawi putih

Dilansir dari Health Benefits Times, sawi putih tumbuh dengan bentuk lonjong di mana terdiri dari daun-daun hijau muda, tebal, dan keriput yang tersusun rapat dengan urat putih menonjol.

Kandungan airnya juga lebih tinggi sehingga tekstur dari sayuran satu ini renyah dan menyegarkan. Rasa dari sawi putih sendiri cukup manis dan lebih lembut dibanding sayuran sejenis lainnya. Selain memiliki rasa enak, kubis cina merupakan sumber nutrisi, mineral, dan vitamin yang baik.

Dalam 109 gram sawi putih terdapat 0.105 mg tembaga, 0.81 mg besi, 0.221 mg mangan, 3.5 mg vitamin C, 32 mg kalsium, 0.508 mg vitamin B3, dan 0.04 mg vitamin B6.

Beberapa manfaat sawi putih untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

Mencegah gangguan jantung

Manfaat sawi putih yang utama adalah mencegah gangguan jantung karena mengandung cukup banyak vitamin B9. Vitamin satu ini merupakan alat utama untuk meningkatkan kerja jantung manusia.

Sawi putih atau kubis cina bekerja dengan cara menghilangkan homosistein yang merupakan penyebab utama serangan jantung pada usia dini.

Tak hanya itu, sayuran ini juga mengontrol tingkat pengendapan kolesterol di jantung sehingga memastikan bahwa sistem kardiovaskular diselamatkan dari berbagai gangguan.

Meningkatkan kesehatan otak

Mengonsumsi makanan yang kaya tembaga dapat membantu merangsang proses berpikir dan fungsi mental. Karena itu, sawi putih disebut sebagai makanan otak karena membantu mengaktifkan jalur saraf tertentu yang mendorong pemikiran di luar kotak.

Kekurangan tembaga selama pertumbuhan dapat menyebabkan perkembangan otak dan saraf yang tidak sempurna.

Untuk itu, sertakan makanan kaya tembaga seperti kubis cina dalam menu sehari-hari karena mengandung 0.105 mg tembaga yang merupakan 11,67 persen dari rekomendasi nilai harian.

Membantu mengatasi gejala pramenstruasi

Penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi makanan kaya zat besi dapat meredakan gejala pramenstruasi, seperti hipertensi, pusing, hingga perubahan suasana hati.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Massachusetts di Amherst, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa wanita yang menikmati diet kaya zat besi memiliki penurunan gejala PMS.

Setidaknya, sekitar 30 hingga 40 persen di antaranya memiliki risiko lebih rendah mengalami gejala pramenstruasi dibandingkan yang tidak mengonsumsi zat besi.

Karena itu, jika kamu mengalami gejala PMS yang cukup mengganggu maka bisa mulai mengonsumsi sawi putih untuk membantu meredakannya. 

Melawan penyakit diabetes

Manfaat sawi putih yang didapat karena kandungan mangan adalah membantu produksi enzim pencernaan yang bertanggung jawab untuk proses glukoneogenesis.

Glukoneogenesis mencakup konversi asam amino protein menjadi gula dan keseimbangan gula di dalam aliran darah.

Meskipun mekanisme pastinya masih belum jelas, namun mangan telah terbukti membantu mencegah kadar gula darah tinggi yang menyebabkan diabetes.

Mengobati arthritis

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B3 dalam bentuk niacinamide secara efektif dapat meningkatkan mobilitas sendi.

Dari penelitian tersebut, asupan niacin dikaitkan dengan tingkat nyeri sendi yang lebih rendah, kekuatan otot meningkat, dan lebih sedikit gejala yang berhubungan dengan kelelahan otot.

Dosis tinggi yang direkomendasikan niacinamide telah terlihat dalam penelitian untuk meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi pembengkakan. Untuk itu, beberapa orang kemungkinan akan menggunakan niacinamide sebagai obat arthritis.

Memperkuat tulang dan gigi

Jumlah fosfor maksimum dibutuhkan untuk tulang dan gigi di mana bisa kamu dapatkan pada sawi putih. Fosfor dapat membantu meningkatkan mineralisasi gigi dan tulang serta menjaganya tetap sehat.

Dalam kubis cina atau sawi putih, terdapat 21 mg fosfor dan 32 mg kalsium yang merupakan 3 persen dan 3,20 persen dari nilai anjuran harian. Jumlah kalsium dan fosfor yang cukup ini diketahui dapat membantu mencegah osteoporosis dan menghindari kerusakan pada gusi serta gigi.

Baca juga: Buah yang Harus Dihindari saat Diet, Mulai dari Alpukat hingga Semangka

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. U.S Department of Agriculture (2019), diakses 20 Januari 2021. NAPA CABBAGE
  2. Health Benefits Times, diakses 20 Januari 2021. Napa cabbage facts and health benefits
  3. Nutrition and You, diakses 20 Januari 2021. Napa cabbage (Chinese cabbage) nutrition facts
    register-docotr