Diet dan Nutrisi

Buah yang Harus Dihindari saat Diet, Mulai dari Alpukat hingga Semangka

January 16, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Buah yang harus dihindari saat diet perlu diketahui untuk membantu program penurunan berat badan berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan buah-buahan tertentu mengandung kadar gula tinggi.

Meskipun buah-buahan dianggap sehat, namun ada beberapa yang tidak masuk ke dalam daftar makanan diet karena terlalu manis atau memiliki jumlah kalori cukup tinggi. Nah, untuk mengetahui buah yang harus dihindari saat diet yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Mengenal Ultra Low Fat Diet: Apa Itu dan Bagaimana Tips Aman Menerapkannya?

Apa saja buah yang harus dihindari saat diet untuk menurunkan berat badan?

Perlu diketahui, untuk mendapatkan hasil diet yang diinginkan maka harus melibatkan aktivitas fisik dan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu makanan sehat yang sering dianjurkan dokter adalah buah-buahan.

Buah mungkin menjadi salah satu camilan alami terbaik karena mudah dibawa, enak, penuh serat, dan mengandung mikronutrien esensial. Karena itu, seseorang yang ingin memulai diet tidak disarankan untuk melepaskan buah sepenuhnya.

Semua buah akan baik untuk tubuh karena memiliki nilai gizi. Namun, jika kamu sedang mencoba menurunkan berat badan maka sebaiknya batasi konsumsi beberapa buah karena bisa menggagalkan diet.

Eliza Savage, RD, seorang ahli diet di Middleburg Nutrition New York City mengatakan bahwa orang yang mencoba menurunkan berat badan direkomendasikan untuk memerhatikan porsi buah.

Ia menambahkan jika sajian yang tepat adalah satu buah apel atau persik. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi pisang namun dengan batasan yakni satu porsi pisang atau setengah porsi pisang ukuran besar dalam sehari.

Sebaliknya, penting untuk memperhatikan ukuran porsi dan berapa banyak buah yang bagus dikonsumsi saat diet. Beberapa jenis buah yang harus dihindari saat diet, antara lain sebagai berikut:

Alpukat

Salah satu buah yang harus dihindari saat diet adalah alpukat. Buah satu ini memiliki kalori yang cukup tinggi sehingga harus dikonsumsi lebih sedikit, terutama jika sedang menjalani program diet. 

Perlu diketahui, 100 gram buah ini mengandung sekitar 160 kalori. Karena itu, meskipun alpukat merupakan sumber lemak sehat yang baik namun dapat meningkatkan timbangan dengan mudah jika dikonsumsi melebihi jumlah wajar.

Anggur

Selain alpukat, anggur juga menjadi buah yang harus dihindari saat diet penurunan berat badan. Meski bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, anggur sarat dengan gula dan lemak sehingga membuatnya menjadi buah yang tidak dianjurkan ketika sedang menjalani diet penurunan berat badan ketat.

Dalam 100 gram anggur, mungkin terkandung setidaknya sekitar 67 kalori dan 16 gram gula. Hal ini berarti untuk setiap asupan rutin dapat menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan. 

Pisang adalah buah yang harus dihindari saat diet

Pisang memang menjadi buah yang sangat sehat, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini dikarenakan pisang mengandung banyak kalori dan memiliki kandungan gula alami berlebih di dalamnya.

Satu buah pisang memiliki sekitar 150 kalori, yakni 37,5 gram karbohidrat. Jadi, jika kamu mengonsumsi 2 sampai 3 pisang setiap harinya maka kemungkinan besar bisa menyebabkan penambahan berat badan. 

Sebenarnya, pisang menjadi salah satu camilan yang sehat bila dinikmati dalam jumlah sedang karena kadar indeks glikemiknya rendah. Untuk itu, disarankan mengonsumsi pisang sebanyak satu buah dalam sehari.

Mangga

Buah-buahan tropis, seperti nanas dan mangga memiliki kalori tersembunyi yang dapat menghambat rencana penurunan berat badan. Karena itu, kamu perlu menghindari konsumsi buah yang terlalu manis ini.

Mangga merupakan buah sehat karena mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh, namun mengonsumsinya dalam jumlah banyak bisa memperlambat hasil diet.

Untuk itu, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mengontrol porsi mangga dan menurunkan berat badan dengan cara sehat.

Semangka

Semangka sebagian besar mengandung air dan serat, namun kandungan gula di dalamnya jauh lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Skor glikemik dari buah ini adalah 72 dan dianggap cukup tinggi. 

Selama menjalani diet penurunan berat badan, hindari buah yang tinggi gula dengan membuat salad buah menggunakan jeruk, stroberi, dan pir. Hal ini dikarenakan beberapa buah tersebut memiliki skor glikemik 40 yang termasuk cukup rendah dan aman dikonsumsi saat diet. 

Buah-buahan kering

Buah-buahan kering, seperti prune dan kismis memiliki lebih banyak kalori karena tidak mengandung air. Dikatakan bahwa satu gram kismis mungkin mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan anggur.

Jadi, sekitar satu cangkir kismis mengandung 500 kalori dan satu cangkir prune mengandung lebih dari 447 kalori. Jika tetap ingin mengonsumsinya, pastikan untuk makan buah kering dalam jumlah terbatas selama proses diet dilakukan.

Buah yang harus dihindari saat diet termasuk kurma

Kurma kering mengandung gula tertinggi dari semua buah. Buah ini memiliki berat skor glikemik 103 dan mengandung lebih banyak gula daripada glukosa murni dengan skor glikemik 100.

Cobalah untuk mengganti kurma dengan aprikot atau kismis kering yang memiliki indeks glikemik 50. Skor buah-buahan ini dianggap sedang dan memberikan serat serta nutrisi yang sehat.

Baca juga: Masalah Kesehatan yang Mungkin Terjadi Akibat Menahan BAB

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Popculture.com (2019), diakses 6 Januari 2021. Fruits And Veggies To Avoid When Losing Weight
  2. Popsugar.com (2018), diakses 6 Januari 2021. If You’re Trying to Lose Weight, You Should Probably Stay Away From These Fruits
    Berita Terkait
    register-docotr