Info Sehat

Sering Minum Kopi saat Perut Kosong? Waspadai 5 Efek Berikut!

January 16, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Selain teh, kopi sering dijadikan sebagai minuman pembuka di pagi hari setelah bangun tidur. Kafein yang terkandung di dalamnya dipercaya bisa mengusir rasa kantuk. Sebagian orang bahkan rutin minum kopi saat perut kosong alias belum sarapan.

Lantas, apakah diperbolehkan minum kopi saat perut dalam kondisi kosong? Mungkinkah ada dampak yang bisa ditimbulkan? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Bolehkah minum kopi saat perut kosong?

Tidak ada larangan untuk minum kopi saat perut kosong. Hanya saja, jika kamu ingin melakukannya, pikirkan dulu beberapa efek yang mungkin akan terjadi pada tubuh.

Menurut sebuah penelitian oleh sejumlah ilmuwan di University of Bath, Inggris, menyeruput kopi sebelum sarapan atau pada saat perut masih kosong dapat mengganggu proses metabolisme. Hal tersebut dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada tubuh.

Baca juga: Teh Hitam atau Kopi Hitam, Mana yang Lebih Menyehatkan?

Efek minum kopi saat perut kosong

Ada banyak efek yang bisa kamu rasakan ketika memaksa minum kopi di kala perut masih dalam keadaan kosong. Mulai dari mual, sensasi panas di dada, hingga dampak jangka panjang seperti diabetes.

Berikut lima efek minum kopi saat perut masih dalam kondisi kosong:

1. Asam lambung meningkat

Efek pertama akibat minum kopi saat perut kosong adalah meningkatnya asam lambung. Penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan di German Research Center for Food Chemistry menyebutkan, rasa pahit pada kopi dapat merangsang produksi asam lambung.

Keadaan tersebut dapat mengiritasi perut, menyebabkan mulas, maag, dan mual. Bagi orang-orang yang mengidap sindrom iritasi usus besar (IBS), minum kopi saat perut kosong bisa memperparah gejalanya.

Belum lagi, pada orang yang memiliki sensitivitas tinggi, minum kopi sebelum makan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.

2. Heartburn

Menurut penjelasan Kristin Kirkpatrick, manajer layanan nutrisi kesehatan di Cleveland Clinic Wellness Institute, seperti dikutip dari Today, mengonsumsi kopi saat perut kosong bisa memicu terjadinya heartburn, atau sensasi panas dan perih di dada.

Penyebabnya masih sama, yaitu kadar asam lambung yang meningkat. Tak hanya mengiritasi perut, asam tersebut bisa naik ke kerongkongan hingga menyebabkan heartburn dan rasa tidak nyaman di bagian dada.

3. Pemicu stres

Mengutip dari Healthline, kopi bisa meningkatkan kadar hormon pemicu stres bernama kortisol. Kadar kortisol secara alami memuncak pada saat kamu bangun, menurun sepanjang hari, lalu naik lagi menjelang tidur.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk tidak menyeruput kopi di pagi hari saat perut kosong, karena kadar kortisol yang sudah tinggi bisa menjadi lebih naik lagi. Keadaan tersebut dapat membahayakan tubuh jika sering terjadi.

Kortisol diproduksi oleh kelenjar adrenal, berfungsi membantu mengatur metabolisme, tekanan darah, dan kadar glukosa. Namun, kadar yang berlebihan dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti pengeroposan tulang hingga penyakit jantung.

4. Penyakit diabetes

Mengonsumsi kopi saat perut kosong sering dikaitkan dengan risiko diabetes. Dikutip dari The Health Site, kopi hitam pekat yang dikonsumsi sebelum sarapan dapat meningkatkan respons glukosa dalam darah terhadap makanan dari sarapan lain hingga 50 persen.

Jika sarapan pertamamu adalah makanan ber-indeks glikemik tinggi seperti nasi, berdasarkan studi, gula darah bisa melonjak dengan cepat. Hal tersebut bisa meningkatkan risiko diabetes dalam jangka panjang.

5. Tekanan darah tinggi

Tak banyak yang tahu bahwa mengonsumsi kopi saat perut kosong dapat memengaruhi tekanan darah. Dikutip dari Mayo Clinic, kafein pada kopi bisa meningkatkan tekanan darah yang singkat namun signifikan, bahkan jika kamu tak memiliki riwayat hipertensi.

Tidak jelas apa yang menyebabkan lonjakan tekanan darah tersebut. Keadaan itu dipercaya terjadi karena kafein dapat memblokir hormon yang berfungsi membantu arteri agar tetap melebar.

Kapan waktu terbaik minum kopi?

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sebaiknya kamu tidak meminum kopi saat perut kosong. Sebaliknya, ada beberapa kondisi yang dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengonsumsi kopi, di antaranya:

  • Menjelang siang, antara 9.30 hingga 11.30. Pada rentang waktu tersebut, kadar kortisol dalam tubuh lebih rendah jika dibandingkan pagi hari setelah bangun tidur
  • Setengah jam hingga 60 menit sebelum berolahraga. Kafein pada kopi dipercaya bisa menjadi suplemen untuk mengoptimalkan aktivitas olahragamu

Selain waktu, porsi minum kopi juga perlu diperhatikan agar tak menimbulkan berbagai efek buruk pada kesehatan. Orang yang sehat sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari empat cangkir kopi (setara 950 ml) dalam satu hari.

Nah, itulah ulasan tentang efek minum kopi saat perut kosong yang perlu kamu tahu. Agar istirahatmu tak terganggu, hindari minum kopi minimal enam jam sebelum waktu tidur, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Berita Terkait
register-docotr