Info Parenting

Harus Dilakukan dengan Hati-hati, Begini Cara Membersihkan Hidung Bayi yang Tepat

April 18, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Cara membersihkan hidung bayi tentu saja harus dilakukan secara berhati-hati. Kotoran yang menumpuk atau lendir berlebih pada hidung dapat menyumbat saluran pernapasan.

Hidung tersumbat adalah salah satu kondisi yang bisa terjadi pada bayi. Bayi memiliki saluran hidung yang sempit, apabila saluran hidung si Kecil tersumbat, tentunya ini dapat menyebabkannya merasa tidak nyaman karena dapat memengaruhi pernapasan.

Membersihkan saluran hidung dapat membantu bayi bernapas dengan baik, serta mengurangi kemungkinan infeksi. Lantas, bagaimana cara membersihkan hidung bayi yang benar?

Baca juga: 7 Tips Sukses Membimbing Anak Kidal Agar Lebih Percaya Diri

Cara membersihkan hidung bayi

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya saja pilek, flu, penumpukan lendir, atau perubahan cuaca. Lendir berlebih dapat mengering dan menghalangi saluran hidung. Maka dari itu penting bagi Moms untuk membersihkan hidung si Kecil dengan benar dan tepat.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara membersihkan hidung bayi yang perlu Moms ketahui.

1. Nasal spray

Nasal spray dapat digunakan pada kasus lendir hidung bayi yang terlalu kental atau sumbatan yang telalu keras untuk dikeluarkan. Moms bisa membeli nasal spray atau larutan nasal yang dikhususkan untuk bayi.

Namun, Moms juga bisa membuat larutan nasal dengan cara mencampurkan 1 cangkir air hangat dengan ¼ sendok teh garam. Perlu diingat bahwa Moms tidak boleh menggunakan obat semprot hidung untuk bayi Moms hanya boleh menggunakan saline saja.

Karena hidung bayi lebih kecil dibandingkan dengan orang dewasa, Moms tidak perlu telalu banyak menggunakan larutan saline untuk membuat nasal spray bekerja. Berikut ini adalah cara menggunakan nasal spray yang perlu Moms ketahui:

  • Baringkan bayi pada posisi telentang
  • Dengan penetes hidung, teteskan 3-4 tetes ke setiap lubang hidung
  • Tunggu beberapa saat untuk membiarkan larutan nasal spray bekerja
  • Jika larutan nasal spray atau tetes hidung keluar dari hidung bayi, seka perlahan dengan kain lembut atau tisu
  • Miringkan bayi pada posisi menyamping atau tengkurap, biarkan hidung mengering. Kemudian, bersihkan secara perlahan

2. Bulb syringe atau spuit

Cara membersihkan hidung bayi selanjutnya adalah menggunakan bulb syringe. Bulb syringe sendiri merupakan alat yang terbuat dari karet dan dibuat khusus untuk membersihkan hidung bayi.

Apabila bayi mengelami pilek dengan konstitensi lendir yang cair, Moms tidak perlu menggunakan saline drops.

Namun, jika lendir memiliki konstitensi yang keras, Moms perlu melunakkannya terlebih dahulu dengan menggunakan 1-2 tetes saline drops pada lubang hidung anak sebelum menggunakan bulb syringe.

Jika memungkinkan, gunakanlah bulb syringe pada bayi ketika ia sudah rileks. Berikut ini adalah cara membersihkan hidung bayi dengan menggunakan bulb syringe seperti dikutip dari laman Nationwide Children’s.

  • Sebelum menggunakan bulb syringe, Moms harus mencuci tangan terlebih dahulu
  • Baringkan bayi pada posisi telentang
  • Untuk menggunakan bulb syringe, Moms dapat menekan bagian pompa, hingga udara keluar dan tahan
  • Tempatkan ujung spuit ke dalam lubang hidung bayi dengan hati-hati
  • Lepaskan pompa secara perlahan. Ini dapat membantu untuk mengeluarkan lendir
  • Buang ingus atau lendir dari hidung bayi
  • Moms dapat menggunakan cara yang sama untuk sisi hidung yang lainnya

Perlu diingat bahwa Moms perlu membersihkan bulb syringe secara menyeluruh di antara penggunaan. Ini dilakukan untuk menghindari paparan bakteri. Untuk melakukannya, Moms dapat menggunakan air hangat dan sabun.

Moms juga tidak boleh menggunakan bulb syringe lebih dari 3-4 kali sehari, ini dilakukan untuk mencegah peradangan atau mimisan akibat iritasi.

Baca juga: Si Kecil Suka Mengunyah Mainan, Apakah Normal?

3. Uap air

Kelembapan dan kehangatan dari uap air dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Sebagai cara membersihkan hidung bayi dengan uap air, Moms dapat menyiapkan air hangat pada wadah di dalam kamar mandi dan membiarkan uap dari air tetap terjaga.

Kemudian, duduk bersama dengan bayi di dekat uap air hangat selama beberapa menit. Ini dapat membantu mengencerkan dan membersihkan hidung tersumbat.

4. Menggunakan humidifier

Bayi rentan mengalami hidung tersumbat pada saat cuaca dingin, yang mana ini juga dapat meningkatkan sekresi lendir. Dikutip dari Web MD, humidifier bisa meningkatkan tingkat kelembapan di dalam rumah.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan hidung bayi. Untuk mengetahui informasi lainnya seputar cara membersihkan hidung bayi dengan aman, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter, ya Moms!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2020). Diakses pada 14 April 2021. Cleaning Baby’s Nose: Your How-To Guide 

Firstcry.com (2017). Diakses pada 14 April 2021. How to Clean Your Baby’s Nose

Nationwide Children’s. Diakses pada 14 April 2021. Suctioning the Nose with a Bulb Syringe 

Mom Junction (2020). Diakses pada 14 April 2021. 5 Effective Ways To Clean Your Baby’s Nose 

Webmd (2021). Diakses pada 14 April 2021. How to Clean Your Baby’s Nose 

    register-docotr