Gizi Anak

Demi Pertumbuhan Optimal, Yuk Kenali Manfaat Vitamin C untuk Anak Berikut Ini

July 17, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Di era wabah seperti sekarang, memberikan manfaat vitamin C untuk anak setiap hari adalah salah satu upaya untuk menjaga kesehatan mereka.

Manfaat vitamin C untuk anak sendiri bisa diperoleh dengan mudah mengingat sumbernya yang beragam dan memiliki harga terjangkau. Akan tetapi ternyata pemberiannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Supaya manfaat vitamin C untuk anak bisa diterima dengan optimal, yuk, baca dulu seluk beluknya di bawah ini.

Tujuan memberikan manfaat vitamin C untuk anak

Dilansir dari webmd.com, pemberian vitamin C pada anak-anak biasanya dilakukan untuk memenuhi atau mencegah kekurangan asupan vitamin ini akibat beberapa hal.

Misalnya pola makan yang buruk, menderita penyakit tertentu, atau agar janin berkembang dengan baik selama masa kehamilan.

Selain itu, tujuan pemberian vitamin C juga adalah untuk menjaga proses pembentukan organ dan kesehatan tubuh agar tetap bugar saat beraktivitas.

Apa saja manfaat vitamin C untuk anak?

Proses tumbuh kembang anak adalah sebuah rentetan kejadian rumit sekaligus menakjubkan.

Vitamin C sendiri adalah salah satu komponen penting yang mendukung semua itu agar bisa berjalan sesuai tahapan. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki begitu banyak manfaat untuk perkembangan si kecil. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Bersifat sebagai antioksidan

Dunia luar adalah tempat bermain yang menyenangkan untuk anak-anak. Tapi meski begitu ada ancaman polusi dan radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan.

Untuk mengatasinya, Moms bisa secara rutin memberikan vitamin C sehingga mampu mengurangi radikal bebas di dalam tubuh dan mencegah sel-sel tubuh mengalami kerusakan.

Membantu pertumbuhan tulang yang sehat

Manfaat vitamin C lainnya adalah menunjang pertumbuhan tulang, dan gigi si kecil. Dilansir dari brauer.com.au, konsumsi vitamin C yang rutin sejak usia dini akan sangat membantu proses pertumbuhan tulang mereka.

Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C memegang peran penting dalam proses pembentukan kolagen, dan jaringan kulit agar tetap sehat. Tak hanya itu, vitamin C juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit si kecil saat sedang asyik bermain.

Manfaat vitamin C untuk penyerapan zat besi

Zat besi adalah salah satu komponen penting yang harus dipenuhi agar tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal.

Tak seperti orang dewasa, proses penyerapan zat besi di dalam tubuh anak memerlukan vitamin C agar bisa terserap dengan optimal.

Menjaga daya tahan tubuh anak

Batuk, demam, dan flu, adalah 3 jenis penyakit yang paling sering menyerang anak-anak. Umumnya ketiganya disebabkan oleh virus yang hanya bisa diatasi jika si kecil memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Untuk itu, Moms bisa mengandalkan vitamin C. Vitamin ini tak hanya bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, namun juga meningkatkan kekebalan tubuh sang buah hati agar tidak mudah sakit.

Manfaat vitamin C untuk anak dalam menjaga sistem saraf

Sistem saraf adalah jalur komunikasi yang dimiliki oleh tubuh. Tanpa itu anak-anak maupun orang dewasa tidak akan bisa berjalan, bicara, belajar, bahkan menelan.

Vitamin C sendiri adalah zat yang mampu membantu proses penyampaian pesan dari satu saraf ke saraf lain, maupun organ-organ yang ada di dalam tubuh.

Sumber-sumber vitamin C

Buah dan sayuran adalah sumber vitamin C terbaik yang bisa Moms berikan pada si kecil. Sifatnya yang alami dan belum mengalami pemrosesan kimiawi membuat kandungan vitamin C tetap terjaga. Beberapa sumber vitamin C yang baik dikonsumsi anak-anak adalah:

  1. Jambu
  2. Jeruk
  3. Brokoli
  4. Mangga
  5. Paprika
  6. Bayam
  7. Tomat

Dosis vitamin C yang dianjurkan

Setiap anak memiliki kebutuhan vitamin C yang berbeda-beda. Semua tergantung usia dan kondisi tubuhnya masing-masing.

Namun secara umum anak berusia 1 sampai 3 tahun disarankan mengonsumsi vitamin ini sebanyak 15 mg per hari. Sedangkan anak usia 4 sampai 8 tahun disarankan mengonsumsi vitamin C sebanyak 25 mg per hari.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Vitamin C: The 6 Best Benefits for Kids, https://www.brauer.com.au/parenting-naturally/vitamin-c-the-6-best-benefits-for-kids

Vitamin C in your child’s diet, https://www.babycenter.com/0_vitamin-c-in-your-childs-diet_10324695.bc diakses pada 13 Juli 2020

Child’s Vitamin With C https://www.webmd.com/drugs/2/drug-59395/childs-vitamin-with-vitamin-c-oral/details, diakses pada 13 Juli 2020 diakses pada 13 Juli 2020

    register-docotr