Covid-19

Yuk Ketahui Tips Memilih Masker Untuk Anak, Moms!

July 17, 2020 | Dhiamara Arradea | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selama masa pandemi COVID-19 ini, masker merupakan salah satu yang wajib digunakan oleh semua orang. Menggunakan masker dengan kualitas yag bagus juga sangat penting. Lalu bagaimana tips memilih masker untuk anak?

Mengapa anak-anak harus menggunakan masker?

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu menggunakan masker ketika keluar rumah. Karena banyaknya orang yang tidak memiliki gejala COVID-19, menggunakan masker akan mengurangi kemungkinan penularan.

Namun, anak dibawah 2 tahun tidak dianjurkan memakai masker. Hal tersebut dikarenakan anak di usia tersebut memiliki saluran pernapasan yang sempit sehingga akan membuatnya sulit bernapas, bahkan hal terburuknya adalah bisa sampai mati lemas.

Adapun lokasi di mana anak-anak harus memakai masker adalah tempat yang terdapat banyak orang. Terutama, jika moms harus membawanya ke dokter, apotek, atau supermarket.

Bagaimana tips memilih masker untuk anak?

Moms, dalam memilih masker untuk anak, kamu harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Cobala untuk menentukan ukuran masker yang pas untuk anak

Ukuran masker yang pas penting untuk keamanan dan kenyamanan saat dikenakan oleh anak. Bila masker kebesaran tidak akan berfungsi seperti semestinya, dan jika kekecilan khawatir akan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

Masker buatan rumah akan lebih aman untuk digunakan

Agar ke kebersihan terjaga membuat masker sendiri di rumah bisa menjadi pilihan terbaik untuk digunakan oleh anak.

Buat atau gunakan masker sesuai dengan panduan CDC

Meskipun membuat masker sendiri, mengikuti panduan juga sangat penting agar tidak salah dalam memilih kualitas dari masker itu sendiri.

Pilih masker yang berbahan lembut dan ringan seperti kapas

Anak-anak lebih aktif daripada orang dewasa, dan juga bernapas lebih banyak per menitnya. Jadi, moms haris membiarkan mereka menggunakan masker dengan bahan yang memungkinkan mereka untuk bisa menghirup udara dengan mudah.

Pilih motif yang disukai oleh anak

Selain memilih bahan yang pas, pola atau motif yang menarik juga bisa moms pilih sesuai dengan gambar favorit si kecil. Hal tersebut bisa membuat mereka mau menggunakannya

Pilih masker khusus

Untuk beberapa anak yang mempunyai kondisi medis tertentu, pilihan masker tidak bisa sembarangn dan harus disesuaikan dengan keadaan. Anak-anak yang dianggap memiliki immunocompromised sangat dianjurkan untuk memakai masker N95 untuk perlindungan.

Bagaimana cara memakai masker yang tepat?

Sama seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga memiliki cara pemakaian masker dengan benar. Hal tersebut harus moms sampaikan kepada anak. Cara-cara tersebut, meliputi:

  • Cuci tangan sebelum menggunakan masker
  • Letakan masker dengan aman di atas hidung dan mulut dan kaitkan ke telinga
  • Jangan menyentuh bagian luar masker
  • Jika ingin melepasnya, maka lepas masker dengan cara menarik tali di bagian kuping
  • Cuci tangan kembali jika sudah membuka masker

Bagaimana cara membuat anak mau pakai masker?

Terkadang anak sulit untuk diminta menggunakan masker. Namun jangan khawatir, berikut terdapat beberapa cara yang bisa moms lakukan untuk membuat si kecil mau menggunakan masker saat keluar rumah:

Bantu anak terbiasa dengan masker

Sebisa mungkin bantu anak berlatih menggunakan masker di rumah sebelum mengenakannya di luar rumah. Ajari mereka cara memakai hingga melepasnya.

Baca Juga: Cegah Virus Menyebar, Ini Tips Menggunakan Masker Sesuai Panduan WHO

Ajak anak untuk menggambar di permukaan masker

Hal ini mungkin akan membantu mereka untuk merasa memiliki. Juga akan membuat anak ingin mengenakan masker hasil karyanya. Tergantung dengan bahan maskernya, kamu bisa menggambarnya dengan spidol atau menempelkan stiker di atasnya.

Membuat masker sendiri bersama

Jika kamu membuat masker sendiri di rumah, biarkan si kecil membantunya. Ada beberapa masker tanpa jahitan yang mudah dibuat, menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah (kaos, pita, dll).

Jika kamu menjahitnya, biarkan anak-anak untuk memilih kain serta pola yang mereka sukai.

Siapkan beberapa masker saat si kecil sedang bermain

Hal tersebut dapat memungkinkan mereka menggunakan imajinasi tentang cara menggunakannya selama bermain. Juga, bisa membantu mereka untuk terbiasa menggunakan masker di kehidupan sehari-hari.

Pantau perkembangan situasi pandemi di Indonesia melalui situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthychildren.org (2020). Diakses pada 13 Juni 2020. Cloth Face Coverings for Children During COVID-19
  2. Health.state.mn.us. Diakses pada 13 Juni 2020. Masking Recommendations for Child Care and Schools: COVID-19
  3. Inquirer.com (2020). Diakses pada 13 Juni 2020. Should My Kid Wear a Face Mask? What Parents Need to Know
  4. Kidshealth.org (2020). Diakses pada 13 Juni 2020. Coronavirus (COVID-19): Helping Kids Get Used to Mas
    register-docotr