Info Sehat

Mau Berhenti Merokok? Ini Olahraga yang Tepat untuk Mengatasi Adiksi Rokok!

July 17, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Sekarang ini, kebiasaan merokok sudah menjadi pola hidup yang dilakukan anak muda sehingga sulit untuk menghentikannya. Namun, jika kamu memiliki tekad untuk berhenti merokok maka ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan olahraga!

Nah, perlu diketahui jika kandungan nikotin dalam rokok bersifat adiktif sehingga menyebabkan kecanduan. Karena itu, berhenti merokok seringkali memerlukan banyak upaya dan usaha hingga melalui konseling dengan dokter ahli.

Baca juga: Ketahui Gejala Diabetes Tipe 1 Lebih Awal, Yuk Simak Juga Cara Mengobatinya!

Bagaimana olahraga dapat mengatasi adiksi merokok?

Rokok sudah dikenal memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh dan sulit untuk berhenti.Dilansir dari Medical News Today, pecandu rokok terkadang akan memunculkan gejala akibat mencoba untuk berhenti merokok.

Beberapa gejala tersebut, antara lain mudah tersinggung, sulit tidur, hingga mengalami depresi.

Pecandu tembakau yang ingin berhenti merokok juga memerlukan pelayanan dukungan khusus untuk dapat membantu mengatasi gejala-gejala tersebut. Namun, diketahui jika rutin berolahraga dapat mengurangi gejala akibat berhenti mengonsumsi nikotin.

Sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan 10 menit olahraga sedang dapat memberikan efek dalam mengurangi ketagihan tembakau.

Latihan atau olahraga dapat memberikan efek perlindungan sehingga membantu seseorang untuk berhenti merokok dan mengurangi keparahan gejala.

Olahraga harus dilakukan dengan konsisten agar efek kecanduan dari nikotin bisa berkurang dan gejala yang menyertai juga menghilang. Nah, beberapa tips tepat untuk memulai latihan fisik atau olahraga antara lain sebagai berikut:

  • Temukan waktu yang tepat. Cara terbaik untuk memulai latihan fisik adalah menyisihkan waktu teratur untuk berolahraga. Usahakan untuk setidaknya melakukan aktivitas fisik selama 30 menit beberapa kali dalam seminggu.
  • Jadikan olahraga sebagai prioritas. Buatlah jadwal untuk melakukan olahraga dengan menyisihkan 30 menit dalam sehari. Pastikan untuk memilih kegiatan yang bisa dilakukan dengan percaya diri.
  • Rencanakan berolahraga dengan orang lain. Olahraga mungkin akan lebih mudah jika merencanakan melakukan olahraga dengan orang lain. Selain itu, daftarkan juga pada kelas yang bisa membantu dalam mengatur waktu olahraga.

Rencana olahraga untuk mengatasi adiksi merokok juga harus berdasarkan saran dari dokter. Periksakan kondisi kesehatan secara rutin bersama dokter untuk mengetahui efek samping rokok terhadap tubuh dan keparahan yang sudah terjadi.

Baca juga: Aman dan Mudah, Yuk Simak Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga!

Apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan?

Perokok biasanya akan memeriksakan diri ke dokter untuk membantu mengatasi kecanduan akibat tembakau. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mulai rutin berolahraga.

Banyak jenis olahraga yang diyakini mampu mengatasi masalah kecanduan terhadap nikotin. Olahraga yang disarankan mulai dari ringan hingga cukup berat dan harus disertai dengan konsistensi. 

Terdapat beberapa jenis olahraga yang bisa membantu seseorang yang kecanduan tembakau untuk menghentikan kebiasaan buruknya. Nah, beberapa olahraga yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut:

Berjalan kecil

Olahraga pertama yang bisa dilakukan dengan mudah adalah berjalan kecil. Berjalan termasuk aktivitas fisik yang dapat diterapkan di rumah. Karena itu, kamu bisa melakukan kegiatan fisik satu ini dengan kerabat dan keluarga untuk bergabung.

Yoga

Selain berjalan kecil, olahraga lainnya yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah adalah yoga. Yoga dapat membantu meremajakan sel otak, menghilangkan stres, dan mengurangi hasrat atau keinginan untuk merokok.

Berenang

Berenang memang diketahui memiliki efek yang bagus untuk perkembangan kesehatan paru-paru secara keseluruhan. Karena itu, berenang menjadi pilihan yang tepat untuk membantu kamu berhenti merokok.

Jogging

Seorang perokok biasanya memiliki kesehatan paru-paru dan fungsi jantung yang tidak bagus. Karena itu, untuk memperbaiki dan menghentikan kebiasaan merokok maka disarankan untuk mempertahankan aktivitas fisik seperti melakukan jogging.

Perokok sering mengalami sesak napas ketika melakukan aktivitas fisik sehingga terkadang beberapa di antaranya memutuskan untuk berhenti olahraga. Namun, setelah berhenti kamu mungkin akan menyadari jika olahraga sangatlah mudah dilakukan.

Hal ini dikarenakan fungsi paru-paru menjadi lebih baik, terutama jika konsisten untuk tidak merokok sama sekali. Beberapa orang bahkan menikmati kegiatan olahraga meski merasa sulit untuk melakukannya sebagai rutinitas setiap hari.

Namun, tak ada salahnya untuk tetap konsisten dalam berolahraga dan menjauhi keinginan untuk kembali merokok. Tak hanya menyehatkan tubuh, kamu juga bisa menjadikannya sebagai hobi yang menyenangkan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd (2018), diakses 13 Juli 2020. How Ex-Smokers Can Help Someone Quit
  2. Medical News Today (2018), diakses 13 Juli 2020. How exercise can help you to quit smoking
  3. Everydayhealth (2016), diakses 13 Juli 2020. Exercise Away the Urge to Smoke
    register-docotr