Ragam Vitamin dan Mineral untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Pada masa wabah seperti sekarang, menjaga sistem kekebalan tubuh agar kita tak mudah terserang penyakit. Salah satu caranya dengan mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Mulai dari istirahat cukup, olahraga rutin, tidak merokok, minimalkan stres, dan pastinya mengonsumsi cukup vitamin.

Rekomendasi vitamin untuk daya tubuh yang kuat

Vitamin bisa kita dapatkan dari berbagai makanan yang kita konsumsi, maupun dari suplemen khusus. Lalu vitamin apa sih yang bagus untuk daya tahan tubuh? Simak ulasannya berikut ini!

1. Vitamin C

vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh
Jeruk. Sumber Foto : https://spy.com/

Kandungan vitamin C merupakan salah satu nutrisi terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dilansir Cleveland Clinic, kekurangan vitamin C bisa membuat tubuh kita rentan terserang penyakit, lho.

Vitamin C mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuannya untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kita bisa mendapatkan nutrisi ini dengan konsumsi suplemen atau makanan. Makanan yang tinggi kandungan vitamin C di antaranya adalah berbagai macam jeruk, stroberi, brokoli, bayam, paprika, kubis, kangkung, dan daun kale.

2. Vitamin D

Vitamin D juga baik untuk daya tahan tubuh karena kemampuannya untuk memperkuat pertahanan tubuh dalam memerangi zat patogen.

Dilansir Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen vitamin D bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi pernapasan. Nah, ini penting sekali untuk mencegah kita terpapar covid-19 yang memang menyerang pernapasan.

Sebenarnya secara alami tubuh kita sudah memproduksi vitamin D, dan akan aktif saat kita terpapar sinar matahari. Selain itu kita juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan dan suplemen.

Beberapa makanan yang tinggi vitamin D di antaranya ikan tuna, salmon, sarden, makarel, dan makanan produk olahan yang diperkaya vitamin D seperti susu, yoghurt, dan jus.

Baca Juga : Manfaat Vitamin D saat Puasa, Bisa Turunkan Berat Badan!

3. Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E juga bersifat antioksidan yang sangat baik untuk memerangi berbagai serangan radikal bebas. 

Vitamin E sendiri terlibat dalam hampir 200 reaksi biokimia dalam tubuh yang berpengaruh besar pada daya tahan tubuh. 

Kamu bisa mendapatkan kandungan vitamin E dalam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, hingga biji bunga matahari.

4. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks seperti B6 dan B12 memegang peranan yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh berada di performa terbaiknya. Sejauh ini banyak orang dewasa yang kekurangan vitamin ini.

Kamu bisa mendapatkan nutrisi B kompleks dengan konsumsi multivitamin dan produk olahan yang diperkaya vitamin B kompleks contohnya sereal.

5. Zinc

Kandungan nutrisi ini biasa dimasukkan ke dalam suplemen dan berbagai produk kesehatan. Sebab zinc memang agen untuk memperkuat daya tahan tubuh yang sangat kuat.

Zinc diperlukan dalam proses perkembangan dan komunikasi sel kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan inflamasi. Seseorang yang kekurangan nutrisi ini memiliki risiko lebih tinggi terkena berbagai infeksi dan penyakit termasuk pneumonia.

Zinc bisa kita temukan dalam tiram, kepiting, daging tanpa lemak, kacang buncis, dan yoghurt. 

6. Mineral lain

Selain zinc, mineral lain seperti zat besi dan selenium juga berperan besar dalam memperkuat daya tahan tubuh kita, lho.

Zat besi mampu membantu tubuh membawa oksigen ke seluruh sel dalam tubuh dengan berbagai bentuk. Kandungan ini bisa kamu temukan dalam daging ayam, seafood, brokoli, kale, dan kacang-kacangan.

Selain itu, selenium juga memiliki efek memperkuat sistem imun dan menekan risiko terjadinya kanker. Selenium mudah ditemukan dalam brokoli, bawang, sarden, tuna, barley, dan kacang Brazil.

7. Makanan lain yang tinggi vitamin untuk daya tahan tubuh

Selain beberapa jenis vitamin dan mineral di atas, ada pula beberapa jenis makanan yang mampu bekerja layaknya suplemen dan bisa memperkuat daya tahan tubuh kita.

Berikut beberapa makanan, herbal, dan nutrisi lain yang bisa bantu perkuat sistem imun tubuh:

  • Astragalus, merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional Thailand dan China. Penelitian pada hewan menunjukkan adanya hasil signifikan dalam perkuat sistem kekebalan tubuh
  • Elderberry, dilansir Healthline, sebuah penelitian menunjukkan adanya potensi buah ini mampu memerangi infeksi virus dan bakteri penyebab gangguan pernapasan dan influenza
  • Jamur, makanan ini tinggi akan selenium dan juga vitamin B seperti riboflavin dan niacin yang mampu membuat sistem kekebalan tubuh bekerja dengan optimal
  • Bawang putih, bahan yang kerap dijadikan bumbu dapur ini memiliki sifat antivirus dan juga antiinflamasi yang sangat baik untuk daya tahan tubuh

Demikian beberapa jenis vitamin yang bisa kamu konsumsi untuk membantu menguatkan daya tahan tubuh. Tetap sehat, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar vitamin? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

MedicineNet. Diakses pada 16 Mei 2020. 20 Vitamins and Supplements To Boost Immune Health for COVID-19.

Harvard Health Publishing. Diakses pada 16 Mei 2020. How to boost your immune system.

Cleveland Clinic. Diakses pada 16 Mei 2020. 3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity.

Cleveland Clinic. Diakses pada 16 Mei 2020. 8 Vitamins & Minerals You Need for a Healthy Immune System.

GoodRX. Diakses pada 16 Mei 2020. 10 Foods and Supplements to Boost the Immune System.

Healthline. Diakses pada 16 Mei 2020. The 15 Best Supplements to Boost Your Immune System Right Now.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin