Info Sehat

Berbagai Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengobati Luka!

April 12, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ketika membicarakan manfaat daun sirih untuk kesehatan, kamu pasti ingat yang biasanya dikunyah orang tua zaman dulu, bukan? Ya, daun ini memang memiliki peran yang sangat bagus untuk menjaga kebersihan mulut.

Dilansir Indian Express, daun sirih sendiri diketahui mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten yang merupakan sumber kalsium yang bagus untuk tubuh.

Tak hanya itu, salah satu tanaman menjalar aromatik ini memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya, lho!

Baca juga: Penyakit Osteoarthritis, Cegah Bahaya Nyeri pada Persendian!

Manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh

Di India, daun sirih atau betel leaf berperan penting sejak kebudayaan kuno karena sifat kuratifnya. Sementara dalam pengobatan tradisional Tiongkok, daun ini digunakan untuk pengobatan berbagai gangguan dan diklaim memiliki sifat detoksifikasi, antioksidan, dan antimutasi.

Selain itu, daun sirih juga digunakan sebagai stimulan, antiseptik, dan penyegar napas yang sudah dimanfaatkan sejak jaman dahulu.

Kebiasaan orang jaman dahulu mengunyah daun sirih saat ini sudah semakin menghilang, namun telah tersedia dalam kemasan terbungkus yang lebih mudah dicari. 

Manfaat daun sirih berkaitan dengan fungsinya, yakni sebagai penghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbunan plak. Plak yang dibiarkan tertimbun ini kemudian akan menjadi karies gigi.

Karena itu, menggunakan daun sirih secara ilmiah dapat membantu menghindari gigi terkena masalah tersebut.

Seiring dengan perkembangan jaman, daun sirih sudah semakin banyak digunakan karena sifat obatnya yang mengesankan. Beberapa manfaat daun sirih yang bisa kamu dapatkan jika digunakan secara rutin, seperti:

Membantu mengobati penyakit diabetes

Komponen yang ada di dalam daun sirih dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga baik untuk pasien diabetes.

Jika ragu untuk mengonsumsi daun sirih sebagai obat diabetes, kamu bisa mengonsultasikan masalah kesehatan terlebih dahulu bersama dokter untuk mencegah hal lain yang tidak diinginkan, ya.

Membantu menurunkan berat badan

Selain ampuh mengurangi kadar gula dalam darah, daun sirih juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan berlebih. Rutin menggunakan daun sirih akan membantu kamu dalam meningkatkan metabolisme sehingga sistem kekebalan tubuh dapat terjadi dengan baik.

Menjaga kebersihan mulut

Kebiasaan mengunyah daun sirih bisa menjaga kebersihan mulut dan bahkan diyakini dapat menurunkan risiko kanker mulut. Kandungan dalam daun sirih bermanfaat untuk membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur.

Hal inilah yang akan membuat mulut kamu lebih bersih dan terhindar dari perubahan-perubahan yang bisa memicu kanker.

Cara menggunakannya cukup dengan merebus 10 hingga 12 lembar daun sirih selama beberapa menit dan tambahkan madu ke dalam air matang. Gunakan ramuan ini setiap hari secara rutin untuk membantu mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan mulut.

Mempercepat penyembuhan luka

Tak hanya bagus untuk menjaga kebersihan mulut, daun sirih juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Cukup oleskan daun sirih di atas luka dan balut selama beberapa menit.

Lakukan cara ini secara teratur untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca juga: Yuk, Ketahui Manfaat Kayu Manis untuk Masalah Kesehatanmu!

Menyembuhkan sakit kepala

Jika kamu memiliki masalah seperti sakit kepala yang parah, maka daun sirih bisa membantu mengurangi rasa sakit. Hal ini disebabkan daun sirih memiliki sifat pendinginan yang akan memberikan bantuan instan terhadap rasa sakit pada kepala ketika diaplikasikan eksternal.

Daun sirih akan membantu memberi rasa rileks sehingga sakit kepala bisa berkurang.

Ekstrak daun sirih yang diminum bisa juga membantu menurunkan level estrogen sehingga kesuburan pada wanita akan meningkat. Air rebusan daun sirih umumnya digunakan untuk membasuh organ kelamin wanita karena terbukti membantu mengurangi keputihan. 

Daun sirih sudah banyak diolah menjadi obat tradisional atau bahan tambahan dalam produk kecantikan. Karena itu, sudah tidak diragukan lagi berbagai manfaat dari daun sirih terutama jika digunakan secara rutin.

Manfaat daun sirih untuk mengobati jerawat

Jerawat atau acne vulgaris merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap melanda remaja serta orang dewasa muda. Penyebab penyakit ini di antaranya adalah infeksi bakteri propionibacterium acnes, faktor genetik, makanan hingga kosmetik.

Beruntungnya, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Lampung berhasil menemukan manfaat daun sirih sebagai pengobatan alternatif acne vulgaris.

Para peneliti menyebut khasiat ini ditemukan karena adanya efek antibakteri propionibacterium acnes yang dikandung oleh ekstrak daun sirih ini. 

Peneliti berpendapat kemampuan ini dipengaruhi oleh kandungan fenol dan turunannya, seperti tanin, flavonoid dan saponin yang memiliki kemampuan anti bakteri.

Antibakteri E. coli

Bakteri Escherichia coli (E.coli) merupakan flora normal yang berada dalam tubuh manusia. Akan tetapi, jika pertumbuhannya tidak terkontrol, bakteri ini dapat menjadi patogen dan menyebabkan diare.

Nah, daun sirih tidak hanya mengandung antibakteri propionibacterium acnes saja, tapi juga mengandung antibakteri E. coli. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi.

Bisa dijadikan bahan hand sanitizer

Kandungan antibakteri daun sirih membuat tanaman yang satu ini jadi salah satu bahan alami pilihan untuk dijadikan hand sanitizer.

Hal ini tercantum dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Negeri Semarang. Untuk membuat hand sanitizer ini para peneliti menggunakan daun sirih serta jeruk nipis.

Untuk membuat hand sanitizer ini, diperlukan 50 gram daun sirih, 200 gram jeruk nipis dan 200 ml air mineral. Adapun cara membuatnya adalah:

  • Cuci daun sirih sampai bersih dan keringkan
  • Rebus air dan tuang jika sudah mendidih ke wadah
  • Potong-potong daun sirih dan masukkan ke dalam wadah berisi air tadi
  • Steam selama 30 menit dalam suhu 90 derajat
  • Angkat dan saring air dari ekstrak daun sirih
  • Tambahkan jeruk nipis sebanyak 8 ml
  • Campurkan hingga merata, dan pindahkan ke botol spray

Yang perlu diingat, penulis menyebut penggunaan hand sanitizer ini hanya bisa bertahan selama 2 hari saja.

Manfaat daun sirih mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa penting yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas. Dengan kadar antioksidan yang cukup, maka tubuh bisa terbebas dari stres oksidatif.

Beruntungnya, sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang menyebut daun sirih mengandung antioksidan.

Peneliti menyebut air rebusan daun sirih bisa digunakan sebagai alternatif antioksidan alami karena kandungan minyak atsirinya yang berperan sebagai antioksidan.

Memperbaiki kerusakan jaringan lever

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Farmasi Higea menyebut kalau ekstrak daun sirih memiliki potensi untuk menyembuhkan kerusakan jaringan lever.

Pada penelitian ini, para peneliti melakukan percobaan terhadap mencit yang sudah diinduksi dengan parasetamol.

Jika ragu ketika ingin menggunakan daun sirih, maka bisa berkonsultasi terlebih dahulu bersama dokter ahli. Biasanya, dokter akan memberikan arahan yang tepat agar masalah serius lain tidak terjadi.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr