Info Sehat

Benarkah Daun Sirih Bisa Digunakan untuk Mengatasi Mimisan?

January 26, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Apakah kamu pernah mengalami mimisan? Mimisan atau perdarahan di hidung terjadi karena pembuluh darah di dalam hidung rapuh dan mudah terluka.

Nah, di Indonesia, menggunakan daun sirih untuk mimisan adalah salah satu cara yang umum digunakan.

Tapi tahukah kamu mengapa daun sirih digunakan untuk mengatasi mimisan? Untuk lebih jauh mengenal tanaman ini dan manfaatnya, terutama untuk mimisan, berikut penjelasan selengkapnya.

Daun sirih dan manfaatnya

Daun sirih memiliki nama ilmiah piper betle leaf dan dikenal sebagai tanaman yang bisa digunakan untuk pengobatan tradisional. Sebuah penelitian menuliskan jika daun sirih dapat digunakan untuk mencegah bau mulut, menguatkan gigi dan dapat mengatasi masalah di mulut.

Manfaat tersebut biasanya dilakukan di negara-negara seperti India, Tiongkok, Thailand dan Indonesia. Selain bermanfaat untuk kesehatan mulut, daun sirih juga disebutkan dapat meningkatkan pencernaan dan aktivitas pankreas.

Daun sirih juga dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya perdarahan. Ini termasuk perdarahan yang terjadi pada daerah mulut dan juga untuk mimisan.

Manfaat daun sirih untuk mimisan

Di Indonesia, selain dikunyah untuk menguatkan gigi dan perlindungan mulut, penggunaan daun sirih juga seringkali untuk mengatasi mimisan. Namun apakah benar bisa mengatasi mimisan dengan daun sirih?

Sebuah penelitian di Indonesia yang melibatkan tenaga pengajar mengungkapkan bahwa penggunaan daun sirih untuk mengatasi mimisan menjadi penanganan yang paling diketahui guru.

Sementara itu dalam sebuah penelitian dari Bali Medical Journal, disebutkan jika daun sirih memang seringkali digunakan untuk mengatasi perdarahan pada hidung atau mimisan, atau yang dalam istilah medis disebut epistaksis.

Alasan ilmiah menggunakan daun sirih karena adanya kandungan tanin di dalam daun sirih. Secara garis besar, tanin memiliki kemampuan untuk menghentikan perdarahan.

Kandungan tanin pada daun sirih untuk menghentikan perdarahan

Tanin sendiri adalah polifenol, kandungan yang memang banyak ditemukan di tumbuhan, dapat bertindak sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, manfaat tanin yang terkenal adalah mempercepat pembekuan darah, sehingga dapat menghentikan jika terjadi perdarahan. Kemampuan penghentian perdarahan itu, selain berlaku pada mimisan, juga dibuktikan pada kasus yang berbeda.

Masih dari penelitian Bali Medical Journal, diketahui jika kandungan lain dari daun sirih, yaitu etanol, juga dapat membantu menghentikan perdarahan, dalam hal ini perdarahan karena pencabutan gigi.

Namun, belum ada penelitian yang secara khusus membahas tentang efektivitas penggunaan piper betle leaf ini untuk mengatasi mimisan. Walau begitu, kemampuan daun sirih mengatasi perdarahan dari hidung itu tetap dipercaya di Indonesia.

Bagaimana menggunakan daun sirih untuk mengobati mimisan?

Jika ingin menggunakan mengatasi mimisan dengan daun sirih, kamu cukup mengambil satu atau dua lembar daun sirih. Bersihkan daun kemudian tekan-tekan daun dan gulung.

Setelahnya masukkan ke lubang hidung yang mengalami mimisan. Tunggu hingga darah yang keluar berkurang. Jika darah yang keluar tidak juga berkurang atau tidak berhenti sebaiknya segera hubungi dokter.

Kapan sebaiknya mengobati mimisan ke dokter?

Mimisan dapat terjadi dalam waktu 20 menit. Namun jika berlanjut walau sudah melakukan perawatan rumahan, sebaiknya segera hubungi dokter. Walau umumnya mimisan bukan hal serius, tapi beberapa kasus bisa menjadi kondisi gawat dan memerlukan tindakan medis.

Meski ada beberapa penyebab yang bisa membuat mimisan menjadi kondisi yang serius, biasanya pasien yang mengobati mimisan ke dokter akan mendapat perawatan medis berupa:

  • Kauterisasi. Prosedur menggunakan bahan kimia atau energi panas untuk menutup pembuluh darah yang menyebabkan mimisan.
  • Mengubah obat. Mimisan bisa terjadi pada mereka yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah. Jika ini terjadi, dokter mungkin akan melakukan perubahan atau penyesuaian obat.
  • Ligasi. pembuluh darah penyebab mimisan diikat untuk menghentikan perdarahan.
  • Operasi. Jika terjadi karena adanya hidung patah atau dinding pembatas hidung bermasalah.

Demikian ulasan mengenai benar atau tidaknya daun sirih dapat mengatasi mimisan atau epistaksis. Semoga menjawab pertanyaan, jika kamu penasaran mengapa daun sirih seringkali digunakan untuk menyembuhkan perdarahan pada hidung atau mimisan.

Punya pertanyaan lain seputar kesehatan? Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr