Info Sehat

Jangan Pakai Odol! Ini Pilihan Obat Luka Bakar Alami dan Medis yang Aman

January 26, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pasta gigi ataupun minyak goreng kerap kali dijadikan obat luka bakar rumahan. Padahal, bahan-bahan ini dikhawatirkan justru bisa memperparah kondisi luka.

Pelajari berbagai jenis obat luka bakar alami dan juga obat apotek yang aman pada pembahasan berikut ini!

Obat luka bakar di apotek

Jika kamu mengalami luka bakar, kamu bisa mendapatkan beberapa jenis obat over the counter (OTC) yang aman dibeli tanpa resep dokter:

1. Salep antibiotik

Salep dan krim antibiotik dapat dijadikan obat luka bakar untuk membantu mencegah infeksi. Kamu disarankan menggunakan salep apabila luka bakar memiliki lepuh terbuka.

Krim antibiotik dapat membantu mencegah infeksi pada luka dan mempercepat penyembuhan luka bakar.

Oleskan salep antibakteri seperti Bacitracin atau Neosporin pada luka bakar dan tutupi dengan kain atau balutan atau kain steril yang tidak berbulu.

2. Obat pereda nyeri

Saat mengalami luka bakar, tak jarang kamu juga akan merasakan nyeri. Luka bakar derajat satu dan dua dapat menyebabkan rasa sakit sampai lukanya sembuh. 

Maka dari itu kamu mungkin perlu mengonsumsi obat pereda nyeri. Jika kamu merasa nyeri, minumlah obat pereda nyeri yang dijual bebas (OTC) seperti ibuprofen (Motrin, Advil) atau naproxen (Aleve). 

Baca Juga : Kenali Tiga Derajat Luka Bakar dan Cara Pengobatannya

Obat luka bakar alami

Saat mengalami luka bakar, kamu juga bisa menggunakan berbagai macam obat luka bakar alami yang mudah ditemukan di sekitar, lho.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati luka bakar:

1. Air dingin

Air dingin adalah pertolongan pertama saat kulit kamu mengalami luka bakar. Kamu bisa menggunakan air dingin jika luka bakar masih dalam level ringan.

Basuh bagian tubuh yang terbakar dengan air dingin yang mengalir, setidaknya selama 20 menit. Kemudian bersihkan area yang terbakar dengan sabun lembut dan air.

2. Kompres dingin

Selain air dingin, kamu juga bisa membuat kompres dingin menggunakan kain. Pertama, rendam kain bersih dan lembut dalam air dingin.

Lalu, letakkan di atas area kulit yang terbakar untuk membantu meredakan nyeri dan bengkak. Kamu bisa melakukan kompres dalam interval 5 hingga 15 menit.

Usahakan untuk tidak menggunakan kompres dingin yang berlebihan karena dapat lebih mengiritasi luka bakar.

3. Madu

Madu juga bisa digunakan sebagai obat luka bakar alami, lho. Kandungan anti-inflamasi, antibakteri, dan antijamur alami dalam madu dapat membantu menyembuhkan luka bakar ringan saat dioleskan.

Untuk menggunakannya mudah sekali. Pertama kamu harus bersihkan dulu area luka bakar. Setelah itu oleskan madu ke perban, letakkan perban di area luka bakar.

Madu dapat menenangkan kulit yang terbakar dan meredakan sebagian rasa sakit.

4. Lidah buaya

Lidah buaya baik dalam bentuk tanaman asli maupun yang sudah diproses menjadi aloe vera gel juga bisa kamu manfaatkan sebagai pengobatan luka bakar alami.

Aloe vera gel adalah obat topikal untuk mengobati luka bakar dan mempercepat penyembuhan luka.

Lidah buaya mengandung anti-inflamasi alami, serta memiliki kemampuan meningkatkan sirkulasi darah. Ia juga memiliki sifat antibakteri yang menghentikan pertumbuhan bakteri.

Baca Juga : Penanganan Luka Bakar sesuai Tingkat Keparahannya yang Wajib Kamu Ketahui

Obat luka bakar rumahan yang harus dihindari

Pasti pernah kan disarankan untuk memakai odol atau pasta gigi saat mengalami luka bakar? Ternyata ini justru berbahaya!

Berikut beberapa bahan untuk mengobati luka bakar di rumah yang selama ini sering dipakai tapi ternyata salah!

1. Pasta gigi

Beberapa orang percaya mengoleskan pasta gigi ke area luka bakar dapat membantu. Namun pasta gigi tidak steril dan dapat mendorong bakteri menyebar ke dalam luka bakar.

Pasta gigi justru dapat menyebabkan iritasi pada luka bakar dan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman untuk infeksi.

2. Minyak goreng

Selain pasta gigi, minyak goreng juga menjadi salah satu bahan yang kerap dijadikan obat luka bakar rumahan. Selain minyak goreng, minyak lain yang biasanya digunakan adalah minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak lainnya.

Bukannya menyembuhkan, minyak justru menahan panas dan bahkan dapat menyebabkan kulit terus terbakar. Jadi jangan lagi mengoleskan minyak ke luka bakar, ya!

3. Mentega

Bahan dapur lain yang juga populer untuk mengobati luka bakar adalah mentega. Namun hingga saat ini belum ada bukti kalau mentega aman untuk mengobati luka bakar.

Sama seperti minyak, mentega juga bekerja dengan cara menahan panas. Selain itu mentega juga mungkin mengandung bakteri berbahaya yang dapat menginfeksi kulit yang terbakar.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar obat luka bakar? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 20 Januari 2021. Home Remedies for Burns

Medical News Today. Diakses pada 20 Januari 2021. What home remedies can treat my burn?

    register-docotr