Kulit & Perawatan Tubuh

Punya Rambut Kusut dan Kering? Cuka Apel Siap Mengatasinya!

January 26, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Cuka apel terkenal sebagai salah satu bahan yang banyak manfaatnya. Mulai dari membantu melancarkan diet, menangkal bakteri, menurunkan gula darah hingga menjaga kesehatan kulit. 

Di luar itu, ternyata cuka apel juga memiliki manfaat lain. Salah satunya menjaga kesehatan rambut, termasuk mengatasi rambut kering dan kusut.

Yuk, sama-sama cari tahu manfaat cuka sari apel untuk rambut lebih lanjut lagi melalui penjelasan berikut!

Benarkah cuka apel bisa mengatasi rambut kering dan kusut?

Penggunaan sampo dapat mengganggu keseimbangan pH di kulit kepala. Ini karena sampo mengandung pH tinggi yang dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi kering. Sementara itu, cuka sari apel dapat mengembalikan keseimbangan pH di kulit kepala. 

Dengan keseimbangan yang terjaga, akan memengaruhi kondisi kutikula rambut. Kutikula merupakan bagian terluar rambut. Berfungsi untuk melindungi kilau dan tekstur rambut.

Menggunakan cuka apel dapat membantu menghaluskan kutikula rambut. Seperti dilansir Medical News Today, kutikula rambut yang halus akan membantu merapikan rambut yang kusut.

Penggunaannya juga membantu mengurangi rambut yang keriting. Tak cuma mengatasi rambut kusut, tetapi kutikula yang halus juga akan membuat rambut kering terlihat lebih berkilau dan sehat. 

Penelitian yang mendukung manfaat cuka apel untuk rambut kusut

Menurut Healthline, hingga saat ini belum ada penelitian yang secara khusus mempelajari manfaat cuka apel untuk kesehatan rambut. Meski begitu, klaim akan khasiat cuka sari apel yang menyehatkan rambut tetap dipercaya. 

Tentunya klaim itu diharap dapat didukung dengan hasil penelitian ilmiah. Meski saat ini belum ada penelitian langsung tentang manfaat cuka sari apel untuk rambut, tapi setidaknya ada beberapa penelitian yang mendukung penggunaan cuka apel untuk perawatan rambut.

Seperti yang terdapat pada penelitian yang dilakukan di tahun 2014 lalu, di mana disebutkan jika pH sampo memiliki nilai yang tinggi dan bisa berpengaruh pada timbulnya kerusakan rambut dan menyebabkan kekeringan rambut. 

Sementara di lain sisi, pH cuka apel dapat mengatasi kekeringan rambut dan mengurangi kerusakan. 

Manfaat lain cuka apel yang berhubungan dengan rambut dan kulit kepala

Meski lebih sering dikenal memiliki manfaat untuk diet dan kesehatan kulit, tapi cuka apel juga memiliki sederat manfaat lain untuk rambut dan kulit kepala, seperti:

  • Dipercaya merangsang aliran darah. Menggunakan cuka sari apel pada rambut konon akan membantu merangsang aliran darah. Dengan lancarnya aliran darah akan meningkatkan pertumbuhan rambut, walau belum banyak bukti ilmiah mengenai hal ini.
  • Khasiat asam alfa hidroksi. Kandungan asam alfa hidroksi diklaim dapat membantu pengelupasan di kulit kepala dan ini dapat membantu mengatasi masalah ketombe
  • Mengatasi infeksi dan gatal. Karena sifatnya yang antimikroba, menggunakan cuka sari apel di rambut dan kulit kepala dipercaya bisa mengatasi infeksi ringan atau menghilangkan rasa gatal. 

Bagaimana menggunakan cuka apel untuk rambut kering dan kusut? 

Kamu bisa menggunakannya di saat keramas. Sebelum menggunakannya, kamu perlu menyiapkan 470 ml air dingin dalam botol. Lalu ikuti tahapan berikut ini: 

  • Campurkan 2 hingga 4 sendok makan cuka apel dengan air yang sudah disiapkan, lalu cucilah rambutmu. Keramas menggunakan sampo dan bilas rambut hingga bersih seperti biasa. 
  • Kemudian tuangkan cuka apel yang sudah dicampur dengan air ke kepala.
  • Ratakan dan biarkan 1 hingga 2 menit. 
  • Setelah itu bilas hingga bersih. 

Sebaiknya berhati-hati jangan sampai cuka sari apel terkena mata, demi menghindari iritasi. 

Sebagai satu tips tambahan, jika kamu tidak kuat dengan bau asam cuka sari apel, kamu bisa menambahkan minyak esensial agar bau cuka tidak terlalu keras.

Hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan cuka apel untuk perawatan rambut

Cuka sari apel memang memiliki banyak manfaat, tapi bukan berarti tidak ada efek samping atau risiko yang merugikan. Berikut yang harus kamu perhatikan dalam penggunaan cuka sari apel untuk merawat kesehatan rambut. 

  • Cuka apel untuk keseimbangan pH. Seperti yang sudah disebutkan di atas, cuka sari apel dapat memengaruhi pH kulit kepala, tapi jika pemakaiannya juga akan mengganggu pH dan justru akan merusak rambut. 
  • Cuka apel mengandung asam asetat. Kandungan itu dapat mengiritasi dan membakar kulit. Karena itu dalam setiap penggunaannya kamu perlu mencampurnya dengan air terlebih dahulu. 
  • Hindari kontak dengan mata. Bersihkan segera jika terjadi untuk menghindari iritasi.

Demikian penjelasan manfaat cuka sari apel untuk merawat rambut yang kering dan kusut. Mungkin kamu terinspirasi untuk mencobanya.

Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 25 Januari 2021
Can Apple Cider Vinegar Benefit Your Hair?
Medical News Today, diakses 25 Januari 2021
Does apple cider vinegar work for hair growth?
Everydayhealth, diakses 25 Januari 2021
Apple Cider Vinegar: Benefits, Side Effects, Uses, Dosage, and More
Cosmopolitan, diakses 25 Januari 2021
Why Apple Cider Vinegar Will Transform Your Hair

    register-docotr