Diet dan Nutrisi

Yuk, Ketahui Manfaat Kayu Manis untuk Masalah Kesehatanmu!

September 24, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Sebagai rempah penyedap masakan, manfaat kayu manis memang tidak diragukan lagi. Selain sebagai bumbu masak, kayu manis juga memiiki manfaat lain untuk kesehatan, lho!

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang berasal dari cabang pohon Cinnamomum dan telah digunakan sejak 2.000 SM untuk mengobati berbagai kondisi, seperti batuk, radang sendi, dan sakit tenggorokan.

Baca juga: Benjolan di Ketiak? Curigai Jadi Pertanda Penyakit Lipoma!

Manfaat dan khasiat kayu manis untuk kesehatan

Sekarang, kayu manis menjadi rempah-rempah paling populer kedua setelah lada hitam di Amerika Serikat dan Eropa. Sebagai bumbu, kayu manis tersedia dalam bentuk bubuk atau utuh sebagai potongan kulit kayu.

Terdapat dua jenis utama kayu manis, yakni cassia dan ceylon. Kedua jenis kayu manis ini memiliki kandungan nutrisi berbeda. Dilansir Medical News Today, beberapa studi mengatakan kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi, antidiabetik, dan antimikroba.

Selain itu, kayu manis juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kayu manis telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung yang merupakan penyebab kematian dini paling umum. Tak hanya itu, pada orang dengan diabetes tipe 2, setengah sendok teh kayu manis per harinya telah terbukti memiliki efek positif.

Konsumsi kayu manis dapat mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dan menjaga kadar kolesterol baik atau HDL tetap stabil. Jika digunakan secara rutin, kayu manis dapat secara drastis mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Manfaat kayu manis untuk diabetes

Kayu manis juga punya manfaat untuk penderita diabetes karena mampu meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin.

Hormon insulin merupakan salah satu hormon utama yang mengatur metabolisme dan penggunaan energi pada tubuh. Tak hanya itu, hormon ini juga penting karena membantu mengangkut gula darah dari aliran darah ke sel-sel pada tubuh.

Masalahnya, banyak orang yang kebal terhadap efek insulin atau dikenal juga sebagai resistensi insulin. Ciri khas kondisi serius yang berkaitan dengan resistensi insulin adalah metabolik dan diabetes tipe 2.

Nah, kabar baiknya kayu manis diketahui dapat mengurangi resistensi insulin dan membantu hormon ini bekerja dengan baik. Jadi penderita diabetes bisa mendapatkan manfaat dari kayu manis.

3. Menurunkan kadar gula darah

Selain meningkatkan sensitivitas insulin, kayu manis juga punya manfaat lain untuk penderita diabetes dengan kadar gula darah tinggi. Sebab kayu manis telah terbukti dapat mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah makan.

Kayu manis bekerja dengan cara mengganggu sejumlah enzim pencernaan yang memperlambat penguraian karbohidrat di saluran pencernaan.

Selain itu itu, senyawa di dalam kayu manis juga dapat bekerja pada sel dengan meniru insulin. Hal inilah yang akan meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel dalam tubuh.

Sejumlah penelitian pada manusia telah mengonfirmasi efek antidiabetes dari kayu manis, yakni dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 10-29 persen. Dosis efektif yang biasanya diperlukan adalah 1-6 gram atau sekitar 0,5-2 sendok teh kayu manis per harinya. 

4. Mengobati penyakit neurodegeneratif

Manfaat dan khasiat kayumanis berikutnya adalah membantu mengobati penyakit neurodegeneratif. Penyakit neurodegeneratif akan ditandai dengan hilangnya struktur atau fungsi sel-sel otak secara progresif.

Dua jenis yang paling umum diketahui adalah penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Dua senyawa yang ditemukan dalam kayu manis tampaknya mampu menghambat penumpukan protein dimana menjadi salah satu ciri khas penyakit Alzheimer.

Selain itu, dalam sebuah studi pada tikus dengan penyakit Parkinson, kayu manis dapat membantu melindungi neuron, menormalkan tingkat neurotransmitter, dan meningkatkan fungsi motorik.

5. Melindungi terhadap penyakit kanker

Kanker merupakan penyakit serius yang ditandai dengan pertumbuhan sel tidak terkendali. Dalam sebuah penelitian pada hewan, ekstrak kayu manis diketahui dapat melindungi tubuh terhadap kanker.

Kayu manis akan bekerja dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah pada tumor yang menyebabkan kematian sel.

Sebuah studi pada tikus dengan kanker usus besar mengungkapkan bahwa kayu manis adalah aktivator ampuh dari enzim detoksifikasi yang melindung terhadap pertumbuhan kanker.

Temuan ini didukung oleh percobaan lain yang menunjukkan bahwa kayu manis mengaktifkan respons pelindung dalam sel usus manusia. Namun, perlu studi lebih lanjut apakah kayu manis memiliki efek terhadap pernapasan manusia. 

Baca juga: Ragam Manfaat Cuka Apel: Bantu Dietmu dan Rawat Kulit Wajah

6. Melawan infeksi bakteri dan jamur

Manfaat dan khasiat kayu manis yang berikutnya adalah mampu melawan infeksi bakteri dan juga jamur. Khasiat kayu manis untuk melawan bakteri didapat dari kandungan Cinnamaldehyde di dalamnya.

Cinnamaldehyde merupakan salah satu komponen aktif utama kayu manis yang dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi. Minyak kayu manis juga telah terbukti efektif mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur.

Kayu manis dapat pula menghambat pertumbuhan bakteri tertentu, termasuk listeria dan salmonella. Selain itu, efek antimikroba dalam kayu manis juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut.

7. Manfaat kayu manis untuk pria

Kayu manis disebut-sebut mampu memberi manfaat untuk pria khususnya dalam hal kesehatan seksual. Ahli Urologi dan Infertilitas Jamin Brahmbhatt masih ragu akan hal ini.

Ia menyebut masih sedikit atau tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mencium atau meminum kayu manis dalam bentuk oral dapat segera meningkatkan ereksi. Brahmbhatt menekankan, dengan alasan bahwa studi tersebut baru dilakukan dalam skala sangat kecil dengan objek 31 pria.

Kayu manis mungkin dapat membantu ereksi di kemudian hari, karena banyak penelitian laboratorium telah menemukan khasiat kayu manis untuk mengurangi gula darah dan kolesterol LDL yang berbahaya.

Proses ini juga membantu menjaga arteri penis (terutama pada penderita diabetes) yang penting untuk mendorong ereksi.

Tetapi temuan ini juga kontroversial sebab American Diabetes Association tidak merekomendasikan konsumsi kayu manis setiap hari, karena tidak ada standar seberapa banyak kayu manis membantu kamu menerima manfaat ini.

8. Manfaat kayu manis untuk asam lambung

Khasiat kayu manis yang berikutnya adalah kemungkinannya mampu menurunkan tingkat asam dalam perut. Melansir Dole, peneliti di Australia melihat bagaimana kayu manis dapat memengaruhi produksi gas perut setelah makan.

Studi tersebut mengungkapkan kayu manis dapat membantu mengurangi asam lambung dan sekresi pepsin (enzim pencernaan) dari dinding perut setelah makan, yang mengurangi gas CO2, meningkatkan pH, menurunkan panas metabolik dan mendinginkan perut.

Semua khasiat kayu manis ini membantu menjaga keutuhan dinding perut dan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Penelitian sebelumnya menunjukkan kayu manis juga memiliki potensi khasiat anti-inflamasi, antioksidan, dan sifat pembasmi radikal bebas di saluran pencernaan.

Khasiat infused water kayu manis

Salah satu cara terbaik untuk mengekstrak semua kebaikan dan mendapat khasiat dari kayu manis adalah dengan merendam kayu manis di dalam air dan meminumnya secara teratur. 

Melansir NDTV, hal ini didukung oleh berbagai ahli kesehatan, infused water kayu manis adalah minuman ajaib yang memiliki khasiat penyembuhan yang tak terhitung banyaknya.

Berikut beberapa manfaat yang akan meyakinkan kamu untuk meminum infused water kayu manis setiap hari:

  • Membantu mengurangi efek PCOS pada perempuan
  • Meningkatkan sistem imun
  • Membantu atasi kram saat menstruasi
  • Bantu diet menurunkan berat badan
  • Mengurangi peradangan
  • Membantu mengurangi efek penyakit parkinson

Manfaat rebusan kayu manis

Selain digunakan sebagai infused water, kayu manis juga kerap dikonsumsi dengan cara direbus. Rebusan kayu manis atau teh kayu manis juga punya banyak manfaat untuk kamu.

Teh rebusan kayu manis penuh dengan senyawa yang mungkin menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kram menstruasi, dan mengurangi peradangan dan kadar gula darah.

Teh hasil rebusan kayu manis ini bisa dikonsumsi saat masih hangat maupun saat sudah dingin.

Manfaat daun kayu manis

Kayu manis yang selama ini kita kenal dibuat dari kulit bagian dalam pohon kayu manis, yang menggulung menjadi gulungan saat dikeringkan, membentuk batang kayu manis.

Tapi tahukah kamu kalau daun dari pohon kayu manis juga punya manfaat dan khasiat? Daun pohon kayu manis atau disebut dengan cinnamomum verum mengandung fitonutrien yang punya banyak khasiat. 

Daun pohon kayu manis mengandung vitamin dan mineral yang dapat diekstrak dan ditempatkan pada suplemen nutrisi berupa minyak atau kapsul.

Atau seluruh daunnya sendiri dapat digunakan sebagai bahan rebusan air panas agar kandungannya dapat diekstrak ke dalam teh dan dicerna secara oral.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Medical News Today (2020), diakses 2 Juni 2020. What are the health benefits of cinnamon?

Healthline (2018), diakses 2 Juni 2020. 10 Evidence-Based Health Benefits of Cinnamon

Dole. Diakses pada 24 September 2020. Cinnamon for Your Stomach

Dollar Shave Club. Diakses pada 24 September 2020. Cinnamon Might Give You an Erection

NDTV Food. Diakses pada 24 September 2020. 6 Reasons Why You Should Be Drinking Cinnamon Water Daily

Live Strong. Diakses pada 24 September 2020. The Benefit of Cinnamon Leaves

    Berita Terkait
    register-docotr