Gizi Anak

10 Pilihan Makanan Berserat untuk Anak

August 6, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kesehatan sistem pencernaan sangat erat kaitannya dengan proses tumbuh kembang anak. Ini berperan penting untuk memastikan nutrisi yang mereka konsumsi terserap oleh tubuh secara optimal. Nah, salah satu nutrisi yang diperlukan untuk mendukung pencernaan yang sehat adalah serat.

Mari simak pilihan makanan berserat apa saja yang umumnya disukai si Kecil dan bermanfaat bagi perkembangannya.

Baca juga: Tak Hanya Menggemaskan, Yuk Intip Perkembangan Bayi 1 Bulan!

Mengapa serat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak?

Ada banyak alasan memasukkan serat ke dalam menu makanan anak. Ketika dipasangkan dengan hidrasi yang baik, serat membuat saluran pencernaan bergerak sebagaimana mestinya.

Hal ini bisa mencegah, dan bahkan mengobati sembelit, sehingga si Kecil tidak  merasa kesakitan karena susah buang air besar (BAB).

Serat juga merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang sangat kaya. Ini sangat bermanfaat dalam mendukung kecerdasan dan sistem kekebalan tubuh yang baik pada anak-anak.

Serat bersifat mengenyangkan sehingga bisa membantu anak mengontrol berat badan secara sehat. Ini baik untuk kesehatan jangka panjang anak kelak.

Jumlah konsumsi serat yang dianjurkan untuk anak

Dilansir dari Kementerian Kesehatan, panduan kebutuhan serat yang diperlukan oleh anak balita usia 1 sampai 3 tahun setiap hari adalah 19 gram serat per hari. Sementara balita usia 4 hingga 6 tahun memerlukan serat sebanyak sekitar 20 gram sehari,

Pilihan makanan berserat yang disenangi anak-anak

Para ahli diet menganggap sebuah makanan tinggi serat jika mengandung setidaknya 3-5 gram serat per porsi.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 10 makanan sumber serat yang bagus dan cukup disukai sebagian besar anak-anak beserta perkiraan jumlah serat yang terkandung di dalamnya.

1. Oatmeal

Makanan enak ini mengandung sekitar 4 gram serat per cangkir jika dimasak. Kamu dapat menjadikannya sarapan favorit anak-anak dengan menambahkan bahan-bahan seperti kayu manis, sirup maple, dan kismis.

2. Apel

Dengan 3,6 gram serat dalam ukuran kecil, memakan satu buah apel dengan kulitnya setiap hari benar-benar bisa menjadi cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan serat si Kecil.

Oleskan selai kacang untuk tambahan 1,6 gram serat  dan ini akan menjadi camilan yang tidak akan bisa ditolak anak-anak.

3. Popcorn

Makanan ringan ini ternyata bisa juga dijadikan sumber serat yang lezat untuk disantap si Kecil bersama keluarga. Ssst… tiga cangkir popcorn ternyata mengandung sebanyak 2 gram serat.

4. Wortel

Ya, wortel adalah sayuran dan banyak anak-anak yang tidak menyukainya. Tapi coba olah wortel mini dengan cara dipanggang dengan kayu manis, dan kamu akan memiliki camilan lezat dengan 2,9 gram serat di setiap 1/2 cangkir penyajiannya.

5. Pisang

Dengan 3,1 gram serat dalam pisang ukuran sedang, ini adalah camilan sore yang enak  disantap si Kecil sehabis bermain.

6. Roti gandum utuh sebagai pilihan makanan berserat

Roti gandum utuh memiliki rata-rata 2 gram serat per irisan, tetapi kamu dapat dengan mudah menemukan yang mengandung 3 gram serat atau lebih. Buat sandwich selai kacang dan jeli untuk makan siang akhir pekan dan anak-anak pasti senang menyantapnya!

7. Berries sebagai makanan berserat untuk anak

Raspberry menawarkan 4 gram serat untuk setiap 1/2 cangkir penyajiannya. Blueberry dan stroberi memiliki lebih sedikit, masing-masing 1,8 gram dan 1,5 gram untuk jumlah yang sama.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah yang satu ini juga bisa disajikan sebagai jus. Tentu ini akan membuat anak tidak bosan mengonsumsinya.

8. Pasta gandum utuh

Bagaimana dengan makaroni buatan sendiri untuk makan malam? Pasta gandum utuh memiliki 2 gram serat per 1/2 cangkir, lho.

9. Pir

Ingin suguhan yang benar-benar memenuhi kebutuhan serat si Kecil? Pir berukuran sedang dengan kandungan 5,5 gram serat bisa menjadi jawabannya. Jangan lupa makan beserta kulitnya, ya.

10. Ubi jalar

Dengan 3,8 gram serat dalam ubi jalar sedang, sayuran lezat ini menjadi sumber serat sehat yang enak disantap bersama keluarga.

Penuhi asupan serat harian anak dengan Bebelac GOLD

Kini ada susu Bebelac GOLD yang merupakan satu-satunya susu tinggi serat yang di lengkapi nutrisi penting lainnya untuk dukung pertumbuhan optimal anak.

Dengan Advansfibre serta FOS:GOS 1:9 dan pati jagung (corn starch) bantu mendukung kesehatan perut si Kecil. Bebelac GOLD bisa diberikan 3 gelas sehari untuk bantu penuhi sekitar 50% kebutuhan serat harian anak.

Saat ini, Bebelac Gold lagi ada Tantangan 21 Hari Makan Serat. Yuk, ikutan tantangannya dan menangkan hadiahnya dengan menerapkan Jam Makan Serat.

Ayah dan Ibu bisa menerapkan Jam Makan Serat pada si Kecil dengan memberikan segelas Bebelac GOLD bersama dengan makanan kaya serat seperti buah dan sayuran di Jam Makan Serat, yaitu setiap jam 10 pagi, 2 siang, dan 8 malam. Bantu si Kecil membentuk kebiasaan baik makan serat untuk dukung tumbuh hebatnya!

Untuk info lebih lanjut, bisa cek Instagram @bebeclub.

Reference

Healthy Children diakses pada 9 Juni 2021

Web MD diakses pada 9 Juni 2021

NHS.uk diakses pada 9 Juni 2021

Kidspluspgh diakses pada 9 Juni 2021

Kids Health diakses pada 9 Juni 2021

Cleveland Clinic diakses pada 9 Juni 2021

Healthline diakses pada 9 Juni 2021

CDC diakses pada 9 Juni 2021

Kementerian Kesehatan diakses pada 9 Juni 2021

 

    register-docotr