Kesehatan Wanita

Jadi Mudah Terangsang Menjelang Haid? Ini Penjelasan Medisnya!

June 8, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Merasa terangsang secara seksual pada hari-hari menjelang menstruasi merupakan hal yang normal. Bahkan, beberapa wanita akan merasakan keinginan seksual meningkat sebelum dan selama periode menstruasi.

Kondisi ini sangat wajar, namun jika hasrat seksual cukup tinggi maka perlu dikendalikan dengan baik. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fakta meningkatnya rangsangan seksual menjelang haid, yuk simak penjelasannya berikut!

Baca juga: Tanda-Tanda Mau Haid yang Paling Umum, Mulai Kram Perut hingga Perubahan Mood

Penjelasan medis mengenai peningkatan rangsangan seksual

Dilansir Mindbodygreen.com, wanita mungkin merasa terangsang sebelum menstruasi karena siklus hormonal. Perlu diketahui, tingkat hormonal akan berfluktuasi tergantung pada fase siklus menstruasi.

Faktanya, sejumlah penelitian telah menemukan peningkatan hasrat seksual menjelang waktu ovulasi atau sekitar dua pekan sebelum menstruasi dimulai. Namun, dibutuhkan lebih banyak penelitian mengenai peningkatan rangsangan seksual sebelum haid.

Hormon testosteron dan estrogen berperan penting dalam peningkatan libido atau hasrat seksual. Ahli endokrinologi reproduksi, Sheeva Talebian, MD, mengatakan bahwa estrogen akan mulai mencapai puncaknya selama ovulasi dan testosteron juga melonjak.

Hal ini berarti keinginan untuk berhubungan seks biasanya meningkat di sekitar fase ovulasi, yang dimulai pada 14 hari sebelum menstruasi dan mungkin berlangsung hingga 7 hari sebelumnya. 

Mungkinkah peningkatan hasrat seksual terjadi selama haid?

Beberapa orang juga merasa sangat terangsang selama periode menstruasi. Hal ini mungkin dikarenakan adanya peningkatan aliran darah ke daerah panggul dan area genital. Perlu diketahui, banyaknya sirkulasi ke area ini bisa membuatnya lebih sensitif dan memicu gairah.

Vagina yang mendapatkan pelumas alami, berupa darah menstruasi mungkin dapat memicu gairah bagi sebagian orang. Seorang wanita mungkin akan terangsang selama menstruasi karena tidak hamil selama siklus ovulasi terakhir. 

Hal ini mungkin merupakan syarat bagi wanita untuk melakukan lebih banyak seks agar bisa hamil. Perlu diingat, tidak ada alasan kesehatan untuk tidak berhubungan seksual saat menstruasi.

Karena itu, untuk melepaskan hasrat seks maka kamu bisa berhubungan intim dengan pasangan selama haid.

Bagaimana cara mengalihkan pikiran dari hasrat seksual ini?

Sebagian orang berpikir untuk mengendalikan hasrat seksual yang cukup tinggi. Jika kamu khawatir mengenai dorongan seks yang tinggi, maka ada beberapa strategi tepat untuk dilakukan, antara lain sebagai berikut:

Lakukan terapi

Meski peningkatan hasrat seksual sebelum menstruasi normal terjadi, namun jika sudah berlebihan maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan tenaga profesional. Konselor dapat membantu mengeksplorasi pikiran, perasaan, dan keinginan seputar seks.

Selain itu, konselor dapat pula membantumu menemukan cara tepat dalam mengelola hasrat seksual. Biasanya, masalah terkait dengan peningkatan hasrat seksual lain mungkin akan diketahui.

Cobalah untuk distraksi pikiran

Mendistraksi atau mengalihkan pikiran diketahui dapat membantu menghilangkan hasrat seksual. Jika seseorang ingin menurunkan dorongan seksualnya, maka mungkin ada baiknya mencoba untuk tidak bertindak berdasarkan keinginan.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengalihkan pikiran dari keinginan seks. Salah satu caranya adalah dengan melakukan latihan fisik atau tugas melelahkan guna membantu menyalurkan energi ke tempat lain.

Pertimbangkan konsumsi obat

Jika strategi lain tampaknya tidak berhasil, maka ada baiknya untuk membicarakan masalah dengan dokter untuk kemungkinan langkah selanjutnya. Dokter umumnya akan memberikan obat-obatan guna mengatasi peningkatan hasrat seksual yang mengganggu.

Obat yang bisa diberikan, misalnya seperti antidepresan, dapat membantu menurunkan libido. Dokter mungkin juga menganjurkan konsumsi anafrodisiak, seperti kedelai, licorice, hop, dan berbagai herbal guna membantu menurunkan libido.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menyarankanmu untuk mengubah atau menghentikan konsumsi obat tertentu jika diketahui menyebabkan peningkatan gairah. Pastikan untuk selalu membicarakan dengan dokter terkait obat, terutama jika mengalami masalah selama menstruasi.

Baca juga: Apa Darah Haid Hitam Normal? Yuk Ketahui Beberapa Penyebabnya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 7 Juni 2021. Why Do Some People Get Horny Before Their Period?
  2. Mindbodygreen.com (2020), diakses 7 Juni 2021. The Real Reason You’re So Horny On & Before Your Period
  3. Medical News Today (2020), diakses 7 Juni 2021. Why is my sex drive so high?
    register-docotr