Info Sehat

Jangan Keliru, Begini Cara Menyimpan Telur yang Aman!

June 8, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kebanyakan dari kita biasanya menyimpan telur di dalam kulkas, terutama di bagian pintu kulkas. Tapi bagaimana sebenarnya cara tepat menyimpan telur, ya?

Nyatanya menyimpan telur di kulkas itu tak selamanya baik, lho. Sebab penyimpanan telur di kulkas bisa saja justru meningkatkan risiko infeksi bakteri jika tidak tepat.

Tempat yang tepat untuk menyimpan telur

Untuk menjaga kesegaran dan keamanan yang optimal, telur harus disimpan pada suhu konstan di bawah 20 derajat Celcius.

Untuk menghindari fluktuasi suhu yang biasa terjadi di dapur rumah tangga, cara terbaik untuk menyimpan telur adalah dengan menyimpannya dalam karton aslinya di lemari es sesegera mungkin setelah pembelian. 

Karton mengurangi kehilangan air dan melindungi rasa dari makanan lain yang diserap ke dalam telur. Tapi jangan diletakkan di bagian pintu kulkas, ya.

Alasannya, pintu lemari es menjadi bagian terhangat yang rentan mengalami fluktuasi suhu saat kamu membuka tutup kulkas.

Kenapa menyimpan telur di pintu kulkas berbahaya?

Kita terbiasa menyimpan telur di bagian pintu lemari es karena pada umumnya kompartemen khusus telur berada di area tersebut.

Namun, menyimpan telur di pintu kulkas yang suhunya tidak stabil dapat mendorong pertumbuhan bakteri dan menurunkan kualitas telur dengan merusak membran pelindungnya.

Menghindari fluktuasi suhu sangat penting untuk keamanan telur. Telur dingin yang ditinggalkan pada suhu kamar dapat memfasilitasi pertumbuhan bakteri yang dapat mencemari telur. Telur yang didinginkan tidak boleh dibiarkan lebih dari dua jam.

Tapi, kenapa di supermarket telur tidak ditaruh di dalam kulkas?

Jika telur harus disimpan di suhu di bawah 20 derajat, lalu kenapa di supermarket telur tidak disimpan di dalam kulkas? 

Kebanyakan supermarket atau pasar modern memiliki suhu ruangan di bawah 20 derajat Celcius, jadi mereka tidak perlu mendinginkan telur di dalam kulkas.

Tidak mendinginkan telur di toko juga mencegah fluktuasi suhu yang signifikan, misalnya saat telur dipindahkan dari lemari es ke mobil yang panas setelah dibeli. 

Jadi, sebaiknya simpan telur dalam box berbahan karton

Banyak dari produk telur dijual dalam kotak berbahan karton. Saat menyimpan telur di kulkas, ada baiknya kamu tetap menggunakan wadah berbahan karton ini.

Pertama, karton melindungi telur dan mencegahnya menyerap bau dan rasa yang kuat dari makanan lain di lemari es melalui ribuan pori-pori kecil di kulit telur.

Kedua, Best Before Date atau tanggal kedaluwarsa umumnya selalu terlihat di box, sehingga kamu bisa lebih mudah memantau.

Terakhir, telur harus selalu disimpan dengan posisi tepat yakni sebagaimana seperti saat dikemas dalam karton. Ini membantu kuning telur tetap berada di tengah.

Bolehkah telur dibekukan?

Saat telur masih utuh dan tidak pecah, kamu tidak boleh membekukannya. Kecuali jika telur sudah pecah, maka lebih aman untuk menyimpan telur yang sudah tak di dalam cangkangnya ke dalam freezer, maksimal hingga 6 bulan.

Suhu beku dapat memengaruhi protein sehingga kuning telur memiliki tekstur yang lengket ketika dicairkan, meskipun hal ini dapat dicegah dengan penambahan gula atau garam.

Setengah sendok teh gula atau satu sendok teh garam per telur harus dicampur dengan setiap telur utuh sebelum dibekukan. Ketika kuning telur dibekukan secara terpisah, jumlah yang sama harus ditambahkan ke setiap dua kuning telur.

Saat membekukan telur dari cangkangnya, perlu untuk memecahkan bagian-bagian yang akan dibekukan (putih dan kuning) dan memisahkannya secara memadai ke dalam wadah kedap udara.

Sebagai alternatif, tanpa harus memisahkan telur, seseorang dapat dengan mudah membekukan telur utuh dengan mengocok telur bersama-sama sampai benar-benar menyatu dan kemudian, menempatkannya ke dalam wadah beku. 

Tips menyimpan telur yang efektif dan aman

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan telur yang aman:

  • Simpan telur dalam wadah karton, kemasan berbahan karton ini mencegah penyerapan bau yang tidak perlu dan memungkinkan penempatannya yang lebih aman
  • Saat menempatkan telur dalam wadah, pastikan ujung bulatnya di atas dan kuning telur di tengah. Ini dapat menjaga rasa dan bau yang lebih segar
  • Simpan telur di bagian dalam kulkas, jangan di pintunya. Bagian utama kulkas memungkinkan pemeliharaan suhu yang lebih konsisten

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Eggs. Diakses pada 8 Juni 2021. Egg Storage, Freshness & Food Safety

Australian Eggs. Diakses pada 8 Juni 2021. Handling and Storing Eggs

Egg Info. Diakses pada 8 Juni 2021. Frequently asked questions about eggs

Only My Health. Diakses pada 8 Juni 2021. Does Refrigeration Impact the Health of Eggs? Let’s Get To Know How To Store Eggs Properly

    register-docotr