Kesehatan Wanita

Apakah Ukuran Payudara Memengaruhi Kesuburan Wanita? Ini Faktanya!

August 8, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Setiap wanita memiliki ukuran payudara yang berbeda-beda. Perlu diketahui, genetika memainkan peran terbesar dalam menentukan ukuran dan bentuk payudara pada seorang wanita.

Nah, muncul pertanyaan mengenai apakah ukuran payudara bisa memengaruhi kesuburan pada wanita. Untuk menjawab hal tersebut, yuk simak penjelasannya lebih lanjut berikut.

Baca juga: 6 Masalah Kesehatan yang Mengancam Wanita dengan Payudara Besar

Faktor-faktor yang menentukan ukuran payudara

Selain genetik, terdapat beberapa faktor lain yang menentukan ukuran payudara pada wanita. Beberapa faktor besar atau kecilnya ukuran payudara wanita, yakni sebagai berikut:

Berat badan dan proporsi lemak

Lemak berperan dalam jaringan dan kepadatan payudara. Karena itu, jika seorang wanita memiliki berat badan yang lebih dari berat ideal, maka ukuran payudara juga akan terlihat lebih besar.

Olahraga

Latihan dada, seperti push up dan bench press dapat membangun otot-otot di belakang jaringan payudara. Namun, perlu diketahui bahwa olahraga ini tidak benar-benar mengubah ukuran payudara, tetapi bisa membuatnya terlihat lebih kencang.

Menyusui dan kehamilan

Perubahan hormon dalam tubuh dapat membuat payudara wanita membengkak selama kehamilan. Selain itu, payudara pada wanita juga bisa menjadi lebih besar ketika sedang dalam masa menyusui.

Benarkah ukuran payudara bisa memengaruhi kesuburan?

Dilansir Mayo Clinic, kesuburan adalah kemampuan seorang wanita untuk hamil secara alami. Terdapat berbagai hal yang dapat memengaruhi kesuburan pada wanita, namun ukuran payudara bukanlah salah satunya.

Faktanya, ukuran payudara tidak berkaitan sama sekali dengan kesuburan karena baik wanita berpayudara besar maupun kecil bisa hamil. Wanita yang kesulitan hamil atau tidak subur biasanya disebabkan oleh hal lain.

Karena itu, jika kamu memiliki payudara yang kecil maka tidak perlu khawatir sulit memiliki anak. Untuk meningkatkan kesuburan, kamu bisa mengikuti beberapa langkah sehat termasuk mengubah gaya hidup.

Bagaimana cara meningkatkan kesuburan pada wanita?

Pilihan gaya hidup yang sehat dapat membantu dalam meningkatkan kesuburan. Terdapat beberapa hal yang bisa kamu ikuti untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan pada wanita, antara lain sebagai berikut:

Pertahankan berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan secara signifikan dapat menghambat ovulasi normal. Karena itu, kamu perlu mempertahankan berat badan sehat dan mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup.

Hindari risiko infeksi menular seksual

Perlu diingat, infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonore merupakan penyebab utama kemandulan bagi wanita.

Untuk itu, hindari penularan penyakit ini dengan tidak memiliki pasangan lebih dari satu dan gunakan pengaman atau kondom jika berpotensi terkena infeksi menular seksual.

Istirahat cukup dan hindari begadang

Bekerja shift malam secara teratur dapat menempatkan wanita pada risiko infertilitas yang lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan bekerja pada malam hari terlalu sering mungkin dapat memengaruhi produksi hormon. Jika kamu bekerja pada shift malam, maka usahakan untuk cukup tidur saat tidak bekerja.

Minimalkan faktor penyebab stres

Meskipun stres tidak akan menghalangi wanita untuk hamil, namun pertimbangkan untuk meminimalkan stres. Mempraktikkan metode koping sehat, seperti teknik relaksasi bisa dilakukan terutama jika kamu mencoba untuk hamil.

Waspada terhadap olahraga berlebihan

Terlalu banyak aktivitas fisik yang kuat diketahui dapat menghambat ovulasi dan mengurangi produksi hormon progesteron.

Karena itu, jika kamu memiliki berat badan yang sehat dan berpikir untuk segera hamil, pertimbangkan untuk membatasi aktivitas fisik yang berat kurang dari lima jam seminggu.

Baca juga: Payudara Sakit saat Ditekan? Mungkin Ini Penyebabnya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 6 Agustus 2021. What’s the Average Breast Size? And 9 Other Things to Know
  2. Mayo Clinic (2020), diakses 6 Agustus 2021. Female fertility: Why lifestyle choices count
  3. The Health Site (2018), diakses 6 Agustus 2021. 5 fertility and body myths every woman should shun, now!
    register-docotr