Kesehatan Wanita

6 Masalah Kesehatan yang Mengancam Wanita dengan Payudara Besar

July 6, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ukuran payudara bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk perubahan hormonal dan berat badan. Bagi sebagian wanita, memiliki payudara yang berukuran besar dapat menurunkan kepercayaan diri.

Di samping itu, payudara yang berukuran besar ternyata juga dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu, lho.

Baca juga: Tak Selalu Kanker, Ini 7 Penyebab Puting Payudara Sakit saat Disentuh

Masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan akibat payudara besar

Payudara besar dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan bagi wanita. Semakin besar ukuran payudara, maka semakin banyak pula tekanan yang terjadi. Seiring berjalannya waktu, ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan.

Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh payudara besar:

1. Masalah pada punggung

Payudara yang berukuran besar memiliki kecenderungan untuk menarik bahu ke bawah dan dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk. Hal tersebut dapat menyebabkan nyeri pada bagian punggung.

Perlu diketahui bahwa payudara terdiri dari jaringan lemak dan granular. Semakin banyak lemak dan jaringan, maka semakin besar pula ukuran payudara dan semakin berat. Untuk alasan tersebut, payudara besar sering kali dikaitkan dengan nyeri pada bagian punggung.

2. Nyeri leher dan bahu

Dikutip dari laman Web MD, payudara berukuran besar bukan hanya dapat menyebabkan nyeri pada punggung saja, melainkan juga nyeri pada bagian leher. Di sisi lain, payudara besar juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada bagian bahu.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Open Orthopaedics Journal terhadap lebih dari 300 wanita menyimpulkan bahwa nyeri bahu-leher yang berhubungan dengan payudara disebabkan oleh perubahan pusat gravitasi.

Payudara yang berukuran besar dan berat dapat menyebabkan tekanan pada serat bagian tengah dan bawah dari otot trapezius.

3. Kesulitan dalam berolahraga

Masalah lain yang dapat ditimbulkan akibat ukuran payudara yang terlalu besar adalah kesulitan dalam hal berolahraga. Misalnya saja ketika berlari, maka dapat terasa menyakitkan.

Tak hanya rasa sakit pada dada saja, melainkan juga punggung. Sebab, punggung menopang sebagian besar berat payudara pada saat berolahraga.

Baca juga: Payudara Sakit saat Ditekan? Mungkin Ini Penyebabnya

4. Lekukan bekas tali bra pada kulit bahu

Bra yang tidak menopang payudara sepenuhnya dapat menyebabkan tali bra meninggalkan bekas lekukan yang dalam di kulit bahu. Sebab, tali bra dapat memberikan tekanan pada bahu.

Bagi sebagian wanita, kondisi ini dapat membuat tak nyaman dan rasa nyeri di kulit.

5. Memengaruhi kualitas tidur

Payudara yang berukuran besar juga dapat memengaruhi kualitas tidur. Misalnya saja ketika kamu tidur dalam posisi tengkurap.

Untuk mengurangi ketidaknyamanan, mungkin saja kamu perlu menggunakan bantal sebagai penyangga di bawah pinggul untuk menghilangkan tekanan dari dada.

Di sisi lain, tekanan pada dada juga dapat menyebabkan seseorang terbangun di malam hari.

6. Mati rasa pada bagian lengan

Mark Jewell, MD, dari American Society for Aesthetic Plastic Surgery, mengatakan bahwa payudara yang berukuran terlalu besar dapat menyebabkan mati rasa di bagian lengan dan parestesia (kesemutan saraf).

Ini terutama efek dari beban di bahu yang menarik saraf di belakang tulang selangka. Selain itu, tekanan pada bahu dari tali bra juga bisa menjadi sumber rasa sakit yang signifikan.

Cara mengecilkan ukuran payudara

Payudara yang berukuran terlalu besar memang dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi sebagian wanita. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran payudara.

Payudara sebagian besar mengandung lemak. Maka dari itu, beberapa strategi yang dilakukan untuk mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan mungkin saja dapat membantu. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengecilkan ukuran payudara secara alami:

1. Berolahraga

Dilansir dari laman Healthline, berolahraga secara rutin dapat membantu mengurangi lemak di bagian dada dan memperkuat otot-otot di bawah payudara untuk mengurangi ukurannya.

Karena payudara mengandung sebagian besar lemak, melakukan olahraga seperti kardio dan latihan intensitas tinggi dapat membantu menurunkan berat badan keseluruhan secara lebih cepat.

Latihan kekuatan seperti push up juga dapat mengencangkan otot dada. Namun, hanya melakukan latihan kekuatan saja dan latihan yang ditargetkan untuk area tertentu tidak akan mengurangi ukuran payudara. Sebab, kunci utamanya yakni membakar lemak di seluruh tubuh.

2. Konsumsi makanan bergizi

Apa yang kamu konsumsi memengaruhi jumlah lemak yang di simpan di dalam tubuh. Secara keseluruhan, lemak tubuh juga berkontribusi pada ukuran payudara.

Maka dari itu, berolahraga yang juga diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi dapat membantu menjaga berat badan sehat dan mengurangi ukuran payudara.

Sebaiknya, fokus untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi dan rendah kalori. Misalnya seperti buah-buahan, sayuran, dan ikan berlemak.

3. Kenakan bra yang pas

Bra tidak dapat mengubah ukuran payudara secara permanen. Namun, mengenakan bra yang pas dapat mengubah tampilan payudara sehingga terlihat lebih kecil. Sebagian bra juga memiliki tali bra yang dapat mengurangi nyeri punggung dan leher.

Itulah beberapa informasi mengenai masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat payudara yang berukuran besar. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait dengan kesehatan wanita, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Dr Buglino (2020). Diakses pada 05 Juli 2021. 6 Common Health Issues Caused by Overly Large Breasts & How to Remedy Them 

Healthline (2017). Diakses pada 05 Juli 2021. 5 Reasons Having Big Boobs Isn’t Everything It’s Cracked Up to Be 

Healthline (2019). Diakses pada 05 Juli 2021. Living with Large Breasts: What It Feels Like, Common Concerns, and More 

Healthline (2019). Diakses pada 05 Juli 2021. How to Reduce Breast Size Naturally 

Medical News Today (2020). Diakses pada 05 Juli 2021. 5 natural ways to reduce breast size 

Webmd (2005). Diakses pada 05 Juli 2021. Is Breast Reduction Right for You? 

NCBI (2012). Diakses pada 05 Juli 2021. Relationship Between Brassiere Cup Size and Shoulder-Neck Pain in Women 

    register-docotr